6 Makanan Khas Kota Bandung dengan Keunikan Haqiqi

Seblak Pedas Abis khas Bandung

image via mommyasia.id

Bandung  adalah kota yang memiliki sejuta tempat wisata super menarik juga unik. Mulai dari tempat wisata pemandangan atau alami, sampai tempat wisata yang menyediakan berbagai wahana seru di dalam ruangan.

Selain banyak terdapat tempat wisata yang asyik, di Bandung  juga terdapat wisata kuliner yang bisa membuat Kamu ketagihan loh.

Makanan dengan cita rasa yang unik dan khas, bahan pembuatan makanan yang kadang tidak terduga. Pokoknya di Bandung  banyak makanan dengan bentuk yang kreatif dan inovatif.

Makanan Khas Kota Bandung

Jadi Kamu yang berencana berlibur ke Bandung  gak akan nyesel deh. Yuk, simak beberapa makanan khas kota Bandung  yang sangat inovatif dibawah ini.

1. Seblak Pedas Abis

Kata seblak mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Kamu kan. Karena banyak sekali penjual seblak di berbagai daerah di Indonesia. Bukan hanya di Bandung  saja, seblak juga ada di mana-mana.

Namun, seblak berasal dari kota Bandung  di sinilah tempat yang menyediakan seblak yang paling mantap. Sebenarnya, seblak dibedakan menjadi dua enis yaitu seblak kering dan seblak basah.

Cara pembuatan keduanya tidak jauh berbeda. Hanya saja jika seblak kering, kerupuknya digoreng dan dicampur dengan bumbu cabai kering.

Nah, jika seblak  basah kerupuknya direbus sampai empuk kemudian di tumis hingga bumbu menyerap. Seblak basah biasanya dilengkapi dengan topping seperti batagor, potongan daging ayam, dan lain-lain.

tempat penjualan seblak yang bisa Kamu kunjungi adalah kedai Deu Jeunghar yang alamatnya di Jl. Purnawarman. Toko seblak yang satu ini sangat direkomendasikan untuk Kamu para penggemar seblak.

Harganya cukup bersahabat dengan isi kantong kita yaitu berkisar antara Rp. 8.000 sampai Rp. 20.000 tergantung banyak topping yang disajikan dengan seblak.

2. Surabi

Makanan legendaris ini tidak kalah enak dari semua kuliner yang ada. Siapa yang tidak kenal dengan kata surabi? Ya, surabi merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari tepung dan santan.

Makanan yang satu ini disukai oleh banyak orang karena memiliki tekstur yang sangat empuk dan rasa yang legit. Dulu, surabi hanya memiliki dua rasa yaitu rasa pedas oncom gurih dan manis.

Namun, saat ini sudah banyak varian rasa yang bisa kita cicipi saat makan surabi seperti rasa vanila, coklat, abon, dan lain-lain.

Nah, di Bandung ada salah satu toko atau tempat terkenal yang menjual surabi dengan berbagai varian rasa yaitu surabi Enhaii.

Jika Kamu ingin membelinya Kamu bisa datang ke alamat ini Jl. Setia Budi No. 137, atau tepat di depan sekolah tinggi pariwisata Bandung. Gimana, menarik kan? Buruan beli jangan sampai ketinggalan!

3. Colenak

Bagi Kamu yang belum pernah berwisata ke Bandung, pasti kalian merasa asing dengan kata colenak.

Nah, pada kali ini kita akan membahas mengenai apa itu colenak, cara pembuatan dan dimana saja tempat yang jual colenak yang terkenal.

Colenak merupakan salah satu makanan khas yang terbuat dari peuyeum atau tape. Kemudian disiram dengan air gula merah dan parutan kelapa. Rasa dari colenak ini legit masam.

Jika Kamu ingin mencoba colenak yang sangat enak dengan cita rasa yang khas, Kamu bisa berkunjung ke Jl. Jendral Ahmad Yani No. 733 Bandung. Nama tempatnya adalah Colenak Murdi Putra.

4. Batagor

Saat berkunjung ke Bandung, biasanya para wisatawan mencari makanan yang sangat populer dengan rasa yang memanjakan lidah. Ya, apalagi kalau bukan batagor. Batagor adalah singkatan dari bakso tahu goreng.

Hampir sama dengan baso tahu, batagor juga dibuat dengan bahan dasar bakso, tepung dan juga ikan tenggiri. Namun bedanya, jika baso tahu biasa di rebus tapi batagor digoreng.

Rasa batagor itu sendiri tidak kalah dengan makanan khas yang lain. cara penyajian dari batagor adalah dengan dipotong-potong kemudian disiram dengan saus kacang dan kecap.

Kabar baiknya, di Bandung ada beberapa warung batagor yang sudah terjamin enaknya. Biasanya beberapa warung tersebut kerap menjadi buruan para wisatawan penggemar batagor.

Beberapa warung batagor ini sangat ramai dikunjungi para wisatawan seperti Batagor Abuy, Batagor Riri dan Batagor Kingsley.

5. Perkedel Bondon

Buat Kamu yang suka ngemil di malam hari, perkedel bondon bisa menjadi santapan malam Kamu.

Dengan menikmati pemandangan malam yang indah di kota Bandung sambil makan perkedel bondon rasanya nikmat sekali. Ada penjual perkedel bondon yang bisa Kamu kunjungi.

Alamatnya berada di Jl. Kebon Kawung No. 43 Bandung. Tepatnya berada di Stasiun Hall Bandung.

Sesuai dengan namanya, kedai perkedel yang satu ini hanya buka pada jam 22.0 sampai jam 04.00 WIB. Jadi jangan sampai ketinggalan ya, ayo nikmati perkedel bondon dan rasakan sensasinya!

6. Bageur

Jika mendengar kata burger di benak Kamu tentu berkata itu adalah makanan tanah air melainkan makanan luar negri. Begitu pula dengan bakpao yang juga bukan makanan dalam negeri.

Namun, jika burger dan bakpao yang digabung menjadi satu dan terbentuklah Bageur, itu adalah kuliner khas Bandung.

Olahan dari perpaduan makanan yang berbeda ini hanya bisa Kmu  temui di Jl. Malangboy Raya No.13 Antapati Bandung  atau di Jl. Lombok No. 47.

Yang membuat makanan ini sangat unik adalah perpaduan dari 2 bahan yang berbeda dengan beragam warna antik dan rasa yang berbeda, sehingga banyak para wisatawan yang suka dengan kuliner Bageur.

Aneka makanan khas kota Bandung  tersebut memang sudah biasa menjadi incaran para pecinta kuliner.

Jadi, kalian bisa memilih dan membeli beberapa makanan tersebut untuk cemilan dan oleh-oleh. Beli sekarang juga dan jangan sampai kehabisan!

Reply