5 Makanan Khas Klaten yang Kaya Akan Bumbu Rempah

Advertisement
Sego Tumpang Lethok Klaten

image via http://perpus.jatengprov.go.id

Klaten, daerah yang diapit oleh dua kerajaan keraton yakni Keraton Kasultanan Yogyakarta yang berada di sebelah barat dan Keraton Kasunanan Surakarta yang berada di sebelah timur ternyata menyimpan berbagai macam potensi di dalamnya.

Tak hanya terkenal dengan potensi wisata alamnya yang sangat mengagumkan, namun Klaten juga terkenal akan potensi wisata kuliner yang ada di dalamnya.

Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah ini memiliki banyak sekali kuliner daerah dengan cita rasa yang unik dan sangat khas.

Hal tersebut karena makanan khas Klaten dibuat dengan berbagai macam rempah nusantara pilihan.

Bagi Kamu yang sedang berada di Yogyakarta ataupun Solo jangan lupa untuk mampir ke kota yang satu ini untuk mencicipi berbagai macam kuliner yang dimilikinya.

Makanan Khas Klaten

Nah, berikut beberapa makanan khas Klaten yang sangat direkomendasikan untuk Kamu cicipi saat mengunjungi tempat tersebut.

1. Soto Bebek dan Bebek Bacem

Jika pada umumnya soto disajikan dengan potongan daging ayam ataupun daging sapi, namun soto yang berasal dari Klaten ini cukup berbeda.

Dimana, soto tersebut menggunakan daging bebek lengkap dengan kuah segar dengan rasa bumbu rempah yang kuat.

Nah, agar menciptakan rasa yang berbeda dari biasanya, daging bebek diolah dengan cara dibacem.

Dengan begitu, bumbu dapat meresap dengan sempurna. Untuk bisa menikmati makanan khas Klaten satu ini, Kamu bisa datang langsung ke Warung Bu Siswo yang berada di Desa Karanglo, Gondang, Klaten.

Warung Bu Siswo sudah berdiri sejak 1953 dan merupakan pembuat bebek bacem pertama di Klaten. Pastinya, soto bebek dan bebek bacem tersebut masih menggunakan resep nenek moyang yang sangat khas.

2. Bakmi Miroso Khas Klaten

Meski bakmi merupakan Chinese food, namun makanan satu ini menjadi kuliner yang wajib untuk Kamu coba saat sedang berada di Klaten.

Salah satu penjual bakmi yang paling terkenal di Klaten adalah Bakmi Miroso. Bakmi tersebut dibuat dengan menggunakan bumbu rahasia secara turun temurun.

Advertisement

Tak hanya menyediakan menu bakmi dengan rasa yang sangat khas sebagai menu utamanya.

Namun, ada pula berbagai macam menu lainnya yang bisa Kamu coba seperti mie ayam pangsit khas Klaten, ayam koloke dan nasi goreng.

Untuk bisa menikmati makanan khas Klaten satu ini, ternyata cukup sulit. Meski bakmi Miroso dekat dengan alun-alun Klaten, namun Kamu harus masuk ke dalam kampung.

Jadi, buat Kamu yang belum pernah mencicipi Bakmi Miroso ini, sangat disarankan untuk bertanya pada masyarakat sekitar tentang lokasi dari warung makan tersebut.

3. Nasi Terancam Khas Klaten

Nasi Terancam juga menjadi makanan khas Klaten yang banyak dicari.

Nasi yang disajikan dengan berbagai macam sayuran mentah tersebut dibuat dengan berbagai macam bumbu pilihan sehingga menghasilkan aroma yang kuat.

Rasanya yang lezat membuat nasi terancam ini cocok untuk menu makan siang. Kamu juga bisa menikmatinya bersama dengan kerupuk ataupun gorengan.

4. Sego Tumpang Lethok

Sego Tumpang Lethok atau yang dalam bahasa Indonesia Nasi Tumpang Lethok ini menjadi makanan khas Klaten yang sayang untuk Kamu lewatkan.

Makanan yang tediri atas berbagai macam sayuran segar dan parutan kelapa tersebut biasanya disajikan pada pagi hari sebagai menu sarapan.

Berbagai macam sayuran yang ada dalam Sego Tumpang Lethok ini diantaranya adalah kurapan daun pepaya, nangka muda, bayam, daun jeruk, krecek, telur rebus dan koyor.

Makanan khas tersebut disiram dengan menggunakan kuah sambal tumpang (lethok) yang sangat khas dan terbuat dari campuran cabai, santan tempe dan berbagai macam bahan lainnya.

Bagi Kamu yang ingin mencicipi makanan satu ini, Kamu bisa datang langsung ke Jl. Mayor Kusmanto atau daerah Perlimaan Bramen pada waktu pagi hari.

Harganya yang murah meriah membuat kuliner tersebut memiliki banyak peminat.

5. Sego Gudangan

Sego Gudangan atau Nasi Gudangan juga menjadi makanan khas Klaten yang banyak dicari.

Makanan yang sering ditemukan pada pagi hari tersebut merupakan acar yang terdiri atas berbagai macam sayuran segar.

Ditambah dengan tambahan parutan kelapa, bubuk kacang kemudian disiram dengan menggunakan kuah tempe di atasnya.

Sego Gudangan sangat mudah untuk Kamu temukan terutama di beberapa tempat ramai yang ada di Klaten.

Harga dari seporsi Sego Gudangan pun sangat terjangkau. Jika Kamu ingin merasakan lezatnya Sego Gudangan sangat disarankan untuk mencarinya di pagi hari.

Itulah keeman makanan khas Klaten yang harus Kamu coba saat berkunjung ke Klaten. Rasanya yang khas dan unik membuat berbagai macam makanan tersebut memiliki banyak peminat.

Advertisement

Jadi, jangan lupa untuk mengajak teman atau kerabat saat menikmati beragam makanan khas Klaten yang kaya akan bumbu rempahnya.

Advertisement

Reply