Daftar Makanan Khas Kendal yang Ikonik

Advertisement
Momoh Kendal

image via idntimes.com

Kendal merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang dilewati oleh Jalur Pantura. Daerah yang juga dijuluki dengan Kota Santri tersebut ternyata memiliki banyak kuliner yang wajib untuk Kamu coba saat mengunjunginya.

Berbagai macam kuliner yang ada di Kendal diolah dengan menggunakan berbagai macam bumbu rempah nusantara sehingga mampu menciptakan cita rasa yang sangat khas.

Tak heran, jika banyak masyarakat sekitar ataupun wisatawan yang menyukai makanan khas Kendal.

Makanan Khas Kendal

KIra-kira, ada kuliner apa saja yang wajib untuk Kamu coba? Selengkapnya, Kamu bisa menyimak penjelasan tentang berbagai macam makanan khas Kendal yang sayang untuk dilewatkan.

1. Momoh

Mungkin Kamu akan merasa aneh saat mendengar nama dari makanan khas satu ini. Ya, momoh adalah makanan khas Kendal yang cukup terkenal.

Bahkan, makanan yang satu ini juga sering dicari oleh para wisatawan saat mereka mengunjungi Kendal.

Momoh adalah makanan yang berasal dari jeroan sapi dengan campuran bumbu rempah dengan kuah khas Kendal.

Untuk mempertahankan cita rasa nusantara yang ada di dalam makanan tersebut, momoh dibuat dengan menggunakan beberapa bumbu seperti lengkuas, bawang merah, bawang putih dan masih banyak yang lainnya.

Anda tak hanya bisa menikmati momoh dengan kuahnya yang sangat khas. Namun, Kamu juga bisa menikmati momoh goreng yang tak kalah nikmatnya.

Nikmati momoh khas Kendal tersebut dengan sepiring nasi hangat akan menambah kenikmatan makanan khas Kendal yang satu ini.

2. Brongkos

Brongkos adalah makanan dari daging sapi yang sangat direkomendasikan untuk Kamu coba.

Isi dari makanan tersebut ialah berbagai macam sayuran dengan kacang tolo yang disiram dengan menggunakan kuah santan.

Tak lupa pula, irisan daging sapi pun ikut melengkapi semangkuk brongkos yang lezat.

Brongkos dari Kabupaten Kendal dibuat dengan menggunakan berbagai macam rempah-rempah sehingga menciptakan rasa yang sangat khas.

Kamu bisa menikmati brongkos yang lezat ini bersama dengan sepiring nasi hangat untuk makan siang ataupun makan malam.

Di Kendal, ada beberapa tempat yang menjual brongkos dengan cita rasa terbaik. Jadi, saat Kamu berkunjung ke Kabupaten Kendal, jangan lupa untuk menikmati sajian lezat nusantara yang satu ini.

3. Sate Bumbon

Anda pasti sudah biasa dengan kuliner satu ini. Ya, sate menjadi salah satu makanan yang bisa ditemukan dengan mudah di beberapa daerah.

Advertisement

Akan tetapi, sate yang berasal dari daerah Kendal berbeda dengan berbeda dengan sate yang ada di daerah lainnya.

Sate bumbon merupakan sate yang terbuat dari daging sapi. Namun, jangan berpikir sate satu ini memiliki tekstur yang alot. Justru, tekstur daging sapi dari sate bumbon tersebut sangat empuk dan lezat.

Sate bumbon akan disajikan dengan bumbu kacang yang gurih dan irisan cabai dan bawang merah mentah.

Dengan rasa yang pedas dari irisan cabai dan manis dari bumbu kacang membuatnya menjadi makanan favorit dan banyak dicari oleh para pengunjung.

Tak lupa, empuknya daging sapi yang disate juga menjadi ciri khas dari makanan khas Kendal tersebut.

4. Pecel Kembang Turi

Pecel merupakan salah satu masakan yang berisi aneka sayuran seperti kol, kacang, panjang, bayam ataupun kangkung yang sudah direbus.

Tak lupa pula, pecel juga disiram dengan menggunakan bumbu kacang di atasnya.

Namun, cukup berbeda dengan pecel dari Kendal. Pecel yang berasal dari Kabupaten Kendal disebut dengan pecel kembang turi.

Sesuai dengan namanya, pecel satu ini ditambahkan kembang turi di dalamnya. Meski rasanya agak pahit, namun rasa dari pecel tersebut tetaplah lezat.

Jangan lupa untuk menikmati pecel kembang turi yang sangat khas dari Kendal saat Kamu berkunjung ke daerah ini.

5. Rica-Rica Mentok

Masih belum puas dengan beberapa makanan khas Kendal yang sudah disajikan? Nah, Kamu bisa mencoba makanan lainnya yakni rica-rica mentok.

Ya, sesuai dengan namanya, makanan tersebut berbahan dasar daging mentok (itik).

Masakan khas Kendal ini terbuat dari berbagai macam bumbu rempah sehingga bisa memunculkan rasa manis, pedas, asin dan gurih.

Selain itu, daging mentok yang bisa Kamu nikmati sangatlah empuk dan tidak amis.

Rica-rica mentok akan semakin nikmat jika Kamu menikmatinya dengan sepiring nasi hangat. Tertarik untuk mencobanya?

Pastikan rica-rica mentok masuk ke dalam daftar makanan yang harus Kamu coba saat berada di Kota Kendal.

6. Mangut Lele

Kuliner berikutnya yang wajib untuk Kamu coba adalah Mangut Lele. Jika Kamu biasa menikmati daging lele dengan cara digoreng, namun cukup berbeda dengan olahan ikan lele satu ini.

Ikan lele akan diolah dengan bahan utama mangut.

Dengan rasa pedas yang sangat khas dari makanan tersebut, tentu sangat cocok bagi Kamu yang suka dengan kuliner pedas.

Selain pedas, rasa dari mangut lele yang satu ini juga gurih. Tentu, sayang bukan jika Kamu harus melewatkan makanan khas Kendal yang sangat ikonik satu ini?

Kendal menjadi salah satu kota yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah. Baik itu untuk menikmati wisata religi ataupun wisata alam yang dimilikinya.

Namun, pastikan bahwa saat Kamu sedang berkunjung ke Kota Santri ini jangan lupa untuk menikmati berbagai macam makanan khas yang dimilikinya.

Beragam makanan khas Kendal dibuat dari berbagai bumbu rempah nusantara yang memberi cita rasa unik pada setiap makanan.

Advertisement

Tak heran, jika masakan kendal selalu digemari oleh para wisatawan. Nah, jangan lupa untuk mencicipi semua makanan yang sudah disebutkan di atas ya!

Advertisement

Reply