7 Top Makanan Khas Kediri yang Nagih Banget!

Tahu Takwa khas Kediri

image via travelingyuk.com

Sebagai kota terbesar ketiga di Jawa Timur, sudah bukan hal aneh jika Kediri memiliki berbagai macam kebudayaan mulai dari adat istiadat, pakaian, rumah adat sampai dengan kuliner khas yang membuat wisatawan selalu betah tinggal di kota ini.

Ya, Kediri memang menawarkan berbagai macam makanan khas yang terkenal dengan kelezatannya.

Mulai dari cemilan bercita rasa manis, gurih sampai makanan berat murah meriah yang kerap diburu oleh para santri disini.

Jadi Kediri juga terkenal dengan wisata religi serta pondok pesantrennya yang membuat kota ini selalu dipenuhi oleh para santri maupun wisatawan yang ingin berkunjung ke objek wisata religi.

Makanan Khas Kediri

Kembali lagi ke topik pembahasan yakni makanan khas Kediri, apa saja sih makanan-makanan lezat tersebut dan seberapa recommended buat Kamu coba?

Yuk langsung simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Tahu Takwa

Terdengar cukup unik dan lucu ya? Sebenarnya nama ini diambil karena kota Kediri juga termasuk kota santri yang terkenal dengan ketakwaannya.

Namun secara rasa, tekstur dan bentuk sebenarnya tahu takwa tak jauh berbeda dengan tahu yang biasa Kamu beli di tukang sayur.

Teksturnya lembut dan sedikit keras pada bagian luarnya. Warna kulit tahunya uning yang merupakan warna khas kota Kediri.

Untuk rasanya sudah gurih dan sama sekali tidak asam, jadi jika Kamu mengolahnya dengan cara digoreng tak perlu lagi menambahkan bumbu.

2. Soto Kediri

Salah satu kuliner yang wajib Kamu coba setibanya di kota Kediri adalah sotonya. Makanan yang juga menjadi ikon kota Kediri ini memang sudah terkenal kelezatannya.

Dengan bumbu rahasia yang diturunkan oleh nenek moyang, Kamu bisa merasakan soto yang benar-benar gurih dan segar.

Bahan campurannya sendiri sama seperti soto betawi atau soto bening, yakni ada tauge, soun, potongan daging ayam, dan lain sebagainya.

Selanjutnya soto  akan disiram dengan kuah santan kuning yang dimasak dengan kaldu ayam, jadi terasa makin gurih.

Teman paling sempurna untuk makan soto Kediri adalah emping melinjo. Ya jadi ciri khas dari soto Kediri ini adalah penyajiannya yang menggunakan emping.

3. Stik Tah

Buat Kamu yang lagi cari oleh-oleh atau cemilan sehat dan lezat, stik tahu bisa jadi pilihan yang sempurna.

Stik yang dibuat dari tahu putih ini akan diolah bersama dengan bumbu-bumbu dan kemudian digoreng kering hingga menyerupai stik.

Biasanya stik tahu ini akan dijual dalam bentuk kemasan, karena memang teksturnya yang renyah dan garing sehingga aman untuk produk kemasan jangka panjang.

Nah sekarang ini Kamu juga bisa mendapatkan stik tahu dengan tambahan rasa seperti pedas, balado dan lain sebagainya.

4. Nasi Goreng Arang

Jika biasanya penjual nasi goreng menggunakan kompor gas untuk menggoreng dagangannya, tapi berbeda dengan penjual nasi goreng di Kediri.

Beberapa diantara mereka menggunakan tungku arang untuk menggoreng nasi pesanan pembeli. Walaupun komposisi nasi goreng tak jauh berbeda dengan nasi goreng di daerah lain,

Yakni menggunakan bumbu, garam dan juga kecap serta berbagai macam bahan campuran namun proses penggorengannya yang menggunakan arang menjadikan aroma nasi goreng ini lebih nikmat.

Seperti ada sensasi aroma harum bercampur gosong yang justru membuatnya semakin nagih.

Salah satu penjual nasi goreng arang paling terkenal di Kediri adalah Mbah Man, dan untuk bisa mencicipi nasi gorengnya Kamu harus rela mengantri panjang.

5. Carang Mas

Carang mas merupakan cemilan tradisional yang terbuat dari ubi jalar. Varian rasanya pun tak hanya manis dengan campuran gula Jawa, namun juga ada varian rasa gurih buat Kamu yang lebih suka makanan renyah dan asin.

Bentuk carang mas ini sangat mirip dengan grubi, yakni cemilan dari ubi jalar yang diparut memanjang dan dimasak dengan gula merah.

Kemudian dibentuk bulat pipih, dan ketika dimakan rasanya renyah dan legit. Cemilan khas Kediri ini biasanya dijual di toko oleh-oleh dengan harga yang variatif.

6. Sate Emprit

Satu lagi olahan sate yang terkenal dari Kediri, yakni sate Emprit. Jadi daging yang digunakan untuk membuat sate ini adalah daging burung emprit atau pipit.

Daging burung pipit yang kenyal, empuk dan memiliki cita rasa gurih dipilih untuk menghasilkan sate dengan rasa yang lebih istimewa.

Sate burung pipit ini pun sama sekali tidak terasa amis atau lengket ketika digigit, bahkan seakan tak berbau apapun.

Penyajian sate emprit ini pun sama dengan sate biasanya, yakni dengan bumbu kacang, irisan bawang merah mentah, cabai rawit mentah dan kecap manis.

7. Klepon

Jajanan pasar berwarna hijau ini mungkin sudah sangat terkenal di daerahmu, tapi tahukah Kamu jika klepon ternyata berasal dari Kediri?

Ya makanan dari tepung beras ketan yang dicampur air daun pandan dan dibentuk bulatan ini berasal dari Kediri dan sudah menyebar di seluruh penjuru Indonesia.

Gula jawa yang dijadikan isian klepon berpadu dengan gurihnya parutan kelapa yang ditaburkan di atasnya menjadikan rasa klepon Kediri benar-benar nagih.

Segera buat agenda liburan Kamu dan susun list makanan khas mana dulu yang mau Kamu coba. Jangan sampai ada yang kelewatan ya!

Reply