7 Makanan Khas Kebumen dengan Rasa yang Unik

Jipang Kacang Kebumen

image via food.detik.com

Kebumen menjadi salah satu daerah yang terkenal dengan destinasi wisata alamnya yaitu pantai. Namun, tahukah Kamu?

Selain memiliki beberapa tempat wisata alam dengan pemandangannya yang indah, Kebumen juga memiliki beberapa wisata kuliner yang sayang untuk Kamu lewatkan.

Bahkan, beberapa makanan khas Kebumen yang akan dibahas berikut ini memiliki cita rasa berbeda dan hanya akan Kamu temukan di Kabupaten Kebumen saja.

Makanan Khas Kebumen

Nah, jika Kamu para pecinta kuliner dan sedang berkunjung ke tempat tersebut, berikut ada 7 referensi makanan khas Kebumen yang wajib untuk dicoba.

1. Jipang Kacang

Bagi Kamu para pecinta manis wajib untuk mencoba oleh-oleh khas Kebumen satu ini. Jipang kacang adalah sebuah camilan yang banyak dibeli oleh para wisatawan sebagai oleh-oleh.

Rasanya yang manis dan gurih membuat jajanan tersebut banyak disukai oleh masyarakat sekitar ataupun wisatawan.

Jipang kacang ini terbuat dari beberapa bahan seperti kacang, gula Jawa sebagai pemanis dan minyak sayur. Cukup berbeda dengan beberapa jenis camilan lainnya.

Jipang kacang yang satu ini memiliki sensasi lengket saat Kamu makan. Nah, sensasi lengket tersebut didapat dari tambahan gula jawa.

Jika Kamu ingin mencoba jajanan khas Kebumen tersebut, saat ini sudah banyak toko oleh-oleh yang menjual jipang kacang untuk dibawa pulang. Jajanan yang satu ini juga tahan lama.

2. Lanting

Camilan khas lainnya yang wajib untuk dicoba adalah lanting. Lanting atau masyarakat Kebumen menyebutkan “klanthing” adalah camilan yang terbuat dari singkong.

Jajanan khas yang satu ini juga sering digunakan sebagai buah tangan bersamaan dengan jipang kacang dan sale pisang.

Bentuk dari klanting pun menyerupai angka 8 namun agak miring. Rasanya yang gurih membuat lanting sangat cocok sebagai teman camilan saat bekerja, santai atau yang lainnya.

Jika dulu lanting hanya memiliki dua rasa yakni bawang goreng dan original, namun saat ini Kamu bisa menemukan camilan tradisional tersebut dengan berbagai macam varian rasa.

Beberapa varian rasa dari lanting yang bisa Kamu coba adalah jagung bakar, keju, pedas manis, balado dan masih banyak yang lainnya.

Dijamin, camilan yang satu ini tidak akan membuat Kamu berhenti untuk mencobanya.

3. Soto Ayam Petanahan

Soto ayam memang merupakan makanan yang bisa Kamu temukan dimana saja dan bisa ditemukan dengan mudah di beberapa daerah lain. Akan tetapi, hal tersebut berbeda dengan Soto Ayam Petanahan.

Soto ayam yang cukup terkenal di daerah Pantai Petanahan tersebut adalah soto ayam milik Pak Sukarman atau yang lebih dikenal dengan Pak Kored.

Soto Ayam Petanahan ini disajikan dengan suwiran daging ayam, kupat dan tauge.

Namun, yang membedakan soto ayam tersebut dengan soto ayam kebanyakan adalah tidak adanya mie so-un dan kubis pada soto tersebut.

Selain itu, kuah dari soto yang satu ini juga lebih kental jika dibandingkan dengan beberapa kuah soto lainnya.

Nah, rasa gurih dari kuah soto tersebutlah yang membuatnya memiliki banyak penikmat. Bagaimana? Apakah Kamu ingin mencoba soto dengan cita rasa berbeda satu ini?

4. Yutuk Goreng

Yutuk adalah sejenis hewan laut yang bisa ditemukan dengan mudah di Pesisir Kebumen tepatnya di Pantai Petanahan.

Bagi Kamu yang belum pernah melihat yutuk, hewan tersebut ternyata cukup mirip dengan hewan undur-undur.

Warga sekitar mengolah yutuk ini untuk dijadikan bakwan atau rempeyek. Rasanya yang gurih membuat yutuk goreng sangat nikmat untuk dimakan bersama dengan Soto Ayam Petanahan.

Harga dari yutuk goreng ini juga sangat terjangkau. Kamu bisa mendapatkan yutuk goreng dengan harga Rp 1.000 saja.

Nah, jika Kamu sedang berkunjung ke Pantai Petanahan, jangan lupa untuk menikmati yutuk goreng yang sangat khas tersebut.

5. Soto Tamanwinangun

Soto Tamanwinangun adalah makanan khas Kebumen yang berasal dari Tamanwinangun, Kebumen.

Jika soto pada umumnya menggunakan suwiran daging ayam ataupun sapi, namun berbeda dengan soto khas Tamanwinangun yang satu ini.

Dimana, soto tersebut menggunakan daging itik serati atau enthog. Daging enthog akan disuwir-suwir dan disajikan bersama dengan kuah soto yang lezat serta gurih.

Untuk menciptakan rasa soto yang lezat dan tidak seperti biasanya, Soto Tamanwinangun tidak menggunakan kuah bening, melainkan kuah santan yang gurih yang dicampur dengan kaldu enthog.

Soto Tamanwinangun akan lebih enak jika Kamu menikmatinya dengan lontong dan tengu. Tertarik untuk mencobanya?

Makanan tersebut sangat cocok untuk disantap saat siang hari.

6. Sale Pisang

Ingin mencoba olahan pisang yang tidak biasanya? Nah, sale pisang menjadi salah satu olahan pisang yang wajib untuk dicoba.

Makanan khas Kebumen tersebut diolah dengan cara dijemur terlebih dahulu agar lebih tahan lama. Cara pembuatan dari sale pisang tersebut pun cukup sederhana.

Pisang akan diiris tipis-tipis, kemudian dijemur di bawah sinar matahari. Jika sudah kering, pisang akan digoreng dengan menggunakan tepung terigu.

Rasanya yang manis dan gurih membuat sale pisang dari Kebumen banyak dijadikan sebagai oleh-oleh.

7. Sate Ambal

Masih ada makanan khas Kebumen lainnya yang tidak boleh Kamu lewatkan begitu saja. Sate ambal, merupakan makanan yang berasal dari desa Ambal, Kecamatan Ambal, Kebumen.

Jika dilihat sekilas, sate tersebut mirip dengan sate Madura. Namun, yang membedakannya ialah sate ambal disiram dengan menggunakan sambal tempe yang sangat khas.

Tak hanya itu, rasa dari sate ambal juga cukup unik karena menggunakan jahe dan beberapa bumbu lainnya. Jika Kamu sedang berkunjung ke Kebumen, jangan lupa untuk menikmati sate ambal satu ini.

Bagaimana? Apakah Kamu ingin mencoba berbagai makanan khas Kebumen di atas? Jangan lupa untuk mencicipi beragam makanan khas tersebut saat Kamu berada di Kabupaten Kebumen.

Reply