7 Makanan Khas Karawang yang Masih Bisa Kamu Jumpai Sampai Sekarang

Serabi Hijau Karawang

image via beautynesiablog.id

Salah satu kabupaten yang berada di Jawa Barat ini merupakan salah satu kabupaten dengan UMR tertinggi di Indonesia. Tingginya tingkat perekonomian di Karawang menjadikan masyarakatnya semakin konsumtif.

Bukan hanya pada barang-barang pakai seperti pakaian, aksesoris, dan properti saja namun ketertarikan masyarakat Karawang juga begitu tinggi terhadap kuliner.

Dan tak heran jika sampai saat ini makanan khas Karawang masih begitu terjaga kelestariannya.

Makanan Khas Karawang

Sama seperti daerah lain, Karawang juga memiliki berbagai macam makanan khas yang siap memanjakan lidahmu. Mulai dari makanan ringan, makanan berat hingga minuman yang akan melepas dahaga Kamu.

Penasaran apa saja makanan khas Karawang yang hingga saat ini masih bisa ditemui dengan mudah? Berikut beberapa diantaranya.

1. Serabi Hijau Jajanan Pagi Nan Manis

Selama ini mungkin Kamu mengenal serabi sebagai salah satu jajanan khas Bandung, tapi lain lho dengan serabi hijau ini.

Serabi yang dibuat dengan campuran sari daun suji ini berasal dari Karawang dan masih bisa Kamu jumpai saat pagi hari.

Jajanan yang biasanya dijual di pinggir jalan ketika dini hari sampai menjelang siang ini dibuat dari bahan tepung terigu atau tepung beras yang dicampur dengan sari daun suji serta santan.

Untuk pemanisnya sendiri biasanya menggunakan gula pasir, sehingga tak akan merusak warna hijau yang dihasilkan dari sari daun suji.

Untuk proses pembuatannya sama seperti serabi pada umumnya, yakni dengan dipanggang di atas wajan tanah atau besi kecil.

2. Ikan Gabus Bumbu Pucung Lauk Khas Karawang

Berikutnya ada lauk dari ikan gabus yang cukup fenomenal di Karawang. Masakan yang kerap disebut dengan nama Ikan Gabus Bumbu Pucung ini sebenarnya merupakan makanan khas Betawi,

Namun diadaptasi dengan beberapa bumbu sehingga kini menjadi makanan khas Karawang.

Pengambilan nama Pucung sendiri karena pengolahan ikan gabus ini menggunakan bumbu keluwek atau pucung.

Biasanya satu kilogram ikan gabus yang isinya antara 3-4 ekor ikan ini akan dimasak menjadi 5 porsi makan.

Untuk menikmati seporsi ikan gabus bumbu pucung ini Kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 6.000-Rp. 12.000.

3. Opak Ketan Rawagede Cemilan Renyah Khas Karawang

Kamu sedang cari cemilan renyah yang tak mengenyangkan? Opak ketan dari Karawang bisa jadi pilihan yang menarik.

Meskipun bahan bakunya dari tepung ketan, namun cemilan ini sama sekali tidak mengenyangkan.

Rasanya pun begitu gurih dengan campuran bumbu rahasia yang menjadikan Kamu tak sanggup berhenti ngemil opak ketan ini.

Terlebih lagi dengan bentuknya yang mungil-mungil dan habis dalam sekali gigit, pastinya Kamu tak akan bisa berhenti mengambilnya dari dalam toples.

Opak ketan Rawagede ini juga bisa jadi oleh-oleh saat Kamu liburan di Karawang, karena sifatnya yang kering jadi sangat aman untuk dibawa dalam perjalanan.

4. Soto Gempol Menu Sarapan Andalan di Karawang

Sejak tahun 1980-an soto gempol sudah mulai dikenalkan oleh H. Abdul Syukur dan juga Hj. Fatimah. Soto yang tersedia dengan pilihan lauk begitu lengkap ini bisa jadi pilihan menu sarapan Kamu sat di Karawang.

Jika Kamu hendak mencicipi soto Gempol, Kamu bisa memilih beberapa variasi lauk yang tersedia seperti soto daging, soto ayam, soto babat dan juga soto usus.

Namun jika Kamu bingung manakah yang ingin dicoba, pesan saja menu campur. Jadi lauk yang digunakan terdiri dari 4 bahan tersebut dan masih dicampur dengan saus serta bahan pelengkap lain.

Dijamin sarapan Kamu akan super mengenyangkan.

5. Pepes Walahar khas Karawang

Sebenarnya Walahar merupakan nama sebuah bendungan yang berada di kawasan industry Texmoco.

Namun karena penjual pepes ini banyak dijumpai di kawasan Walahar, jadilah makanan bercita rasa lezat dan gurih ini dinamai Pepes Walahar.

Tak jauh dari pintu tol Karawang Timur yang menuju ke daerah industri Texmaco Kamu akan menemui sebuah bendungan.

Lokasi kedai pepesanya ada di seberang bendungan, dan untuk sampai ke lokasi Kamu harus menitip jembatan kecil. Selain pepes sebagai menu andalan, kedai ini juga menawarkan menu lezat lain.

6. Kue Gonjing dari Ketan

Buat Kamu yang berasal dari Jawa Barat pasti sudah tak asing dengan nama makanan ringan satu ini. Ya gonjing merupakan salah satu jajanan yang sudah begitu lama ada dengan rasa yang hingga ini masih sama.

Kue ini menggunakan bahan utama tepung ketan yang dicampur dengan parutan kelapa dan gula.

Cara pembuatannya pun cukup unik dengan menggunakan cetakan khusus yang membuat bentuknya sangat khas.

Menariknya, sekarang ini kue gonjing bukan hanya bisa Kamu nikmati dengan taburan gula pasir di atasnya, namun juga dengan saus pedas.

Untuk kue gonjing pedas ini biasanya tak menggunakan campuran gula sedikitpun dan digantinya dengan garam yang lebih banyak.

7. Tahu Bumbu Cemilan Sekaligus Lauk Makan

Satu lagi makanan khas Karawang yang wajib Kamu coba, tahu bumbu. Meskipun terdengar begitu sederhana, namun campuran bumbu rahasia yang dituangkan pada tahu ini menjadikan cita rasanya begitu menggoda.

Selain banyak dimakan sebagai cemilan, Kamu juga bisa menjadikan tahu bumbu sebagai teman makan lho! Salah satu daerah yang paling terkenal dengan tahu bumbunya adalah Jalan Dewi Sartika.

Disini Kamu bisa menemukkan kedai tahu bumbu Sari Rasa yang sudah berdiri sejak tahun 1986. Wah lebih tuaan kedainya apa Kamu nih?

Baca juga: Makanan khas Purwakarta yang menggoyang lidah

Itulah beberapa referensi makanan khas yang wajib Kamu coba saat ada di Karawang. Jangan lupa bawa ke rumah sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara ya!

Reply