7 Makanan Khas Karanganyar yang Wajib untuk Dicoba

Advertisement
Timus Ungu Karanganyar

image via cookpad.com

Selain kaya akan destinasi wisata yang memukau, Indonesia juga menjadi salah satu negara yang kaya akan kuliner daerahnya.

Karanganyar menjadi salah satu daerah dengan kulinernya yang sangat khas. Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah ini tidak hanya menyuguhkan pesona alamnya yang memikat.

Namun, kuliner daerah yang dimiliki oleh Kabupaten Karanganyar ini memiliki cita rasa yang sangat khas.

Makanan Khas Karanganyar

Bagi Kamu yang ingin berkunjung atau bahkan sedang berkunjung ke daerah tersebut, ada beberapa makanan khas Karanganyar yang wajib untuk dicoba.

Ada apa sajakah itu? Yuk, simak pembahasannya berikut ini:

1. Timus

Makanan khas pertama adalah timus. Timus masuk dalam jajanan tradisional dari Karanganyar. Bahan baku dari jajanan satu ini adalah ketela rambat.

Rasanya yang pulen dan manis membuat camilan tradisional tersebut sangat cocok untuk dinikmati dengan secangkir teh panas ataupun kopi.

Saat ini juga sudah banyak pusat oleh-oleh di Kabupaten Karanganyar yang menjual jajanan nan lezat satu ini.

2. Balung Kethek Super

Mendengar namanya saja mungkin Kamu langsung penasaran dengan makanan yang satu ini bukan?

Balung kethek super juga menjadi salah satu jajanan tradisional dari Kabupaten Karanganyar yang wajib untuk dicoba.

Meski namanya balung kethek super (tulang monyet) akan tetapi makanan tersebut tidak benar-benar terbuat dari tulang monyet sungguhan.

Melainkan terbuat dari singkong atau ketela pohon. Untuk membuat balung kethek super, singkong akan direbus terlebih dahulu sampai empuk.

Setelah itu didinginkan, jika sudah dingin, rebusan dari singkong akan diiris tipis-tipis baru kemudian digoreng.

Terdapat berbagai macam varian rasa yang bisa Kamu pilih. Mulai dari rasa manis, pedas, ataupun original. Balung kethek super yang satu ini juga memiliki rasa gurih, sehingga cocok untuk dijadikan camilan.

Nah, bagi Kamu yang suka dengan camilan gurih dengan cita rasa pedas atau manis, jangan lupa untuk mencicipi camilan balung kethek super dari Karanganyar.

3. Grubi

Berikutnya ada grubi. Mungkin sebagian dari Kamu merasa asing dengan makanan khas Karanganyar satu ini.

Sama seperti balung kethek super, grubi merupakan camilan dengan rasa gurih yang wajib untuk dicoba.

Akan tetapi, rasa dari grubi tidaklah pedas, melainkan manis karena ada campuran gula jawa di dalamnya.

Rasa gurih dari camilan tersebut berasal dari ketela rambat yang diparut dan digoreng sampai kering. Kamu tidak hanya bisa mencicipi grubi dari ketela rambat saja.

Advertisement

Ada pula grubi yang terbuat dari kelapa parut dan gula jawa yang juga wajib untuk dicoba. Camilan grubi yang satu ini bisa Kamu temukan dengan mudah di beberapa toko oleh-oleh makanan khas Karanganyar.

4. Sate Kelinci

Ada yang unik dari Kabupaten Karanganyar terutama dalam hal kulinernya.

Kamu pasti sudah tidak asing dengan sate yang terbuat dari daging kambing, sapi ataupun ayam yang tentu saja bisa Kamu temukan dengan mudah di beberapa daerah.

Namun, pernahkan Kamu mencoba sate kelinci? Sebagian dari Kamu pasti merasa tidak tega jika harus makan daging hewan tersebut.

Namun, ternyata daging kelinci mengandung banyak zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Tak hanya itu, rasa dari sate yang satu ini pun tak kalah lezat dengan beberapa sate lainnya, terutama sate kelinci dari Karanganyar.

Salah satu tempat yang banyak menjual sate kelinci adalah di sekitar lereng Gunung Lawu. Para pedagang menjual sate kelinci dengan cara dipikul dan menjualnya dengan harga yang terjangkau.

Selain lezat, sate tersebut juga bisa menghangatkan tubuh Kamu. Terlebih suhu yang ada di lereng Gunung Lawu pun cukup dingin.

5. Keripik Pisang

Masih ada beberapa makanan khas Karanganyar lainnya yang tentu saja sangat sayang untuk Kamu lewatkan.

Keripik pisang merupakan camilan dari Karanganyar dengan cita rasa gurih. Pastinya, Kamu sudah tidak asing lagi dengan keripik buah yang satu ini bukan?

Akan tetapi, keripik pisang yang berasal dari Karanganyar berbeda dengan keripik pisang dari daerah lainnya. Dimana, keripik pisang tersebut terbuat dari pisang asli Karanganyar yakni Pisang Byok.

Pisang tersebut cukup berbeda dengan beberapa jenis pisang pada umumnya, dimana jika sudah matang maka ujung pisang masih terlihat hijau.

6. Keripik Jagung

Selanjutnya ada keripik jagung. Rasanya yang lezat dan gurih membuat keripik satu ini disukai oleh banyak orang.

Tak heran, jika keripik jagung sering digunakan sebagai camilan saat perjalanan, saat sedang santai atau yang lainnya.

Bahkan, Kamu juga bisa memakan keripik jagung sebagai lauk makanan.

7. Sup Buntut

Makanan khas Karanganyar berikutnya adalah sup buntut. Makanan satu ini bisa Kamu temukan dengan mudah di Kecamatan Tawangmangu.

Makanan yang terbuat dari buntut sapi ini menjadi makanan favorit baik masyarakat lokal ataupun para wisatawan.

Untuk bisa menghasilkan sup yang enak, buntut sapi akan direbus dalam waktu yang lama sampai lunak.

Setelah itu, akan ditambahkan beberapa bumbu rempah sehingga bisa menghasilkan kuah dengan rasa yang gurih dan khas.

Sup buntut tersebut akan disajikan dengan irisan kentang rebus, seledri, wortel dan taburan bawang goreng di atasnya. Tentu saja, sup buntut hangat sangat cocok untuk dinikmati saat makan siang.

Kabupaten Karanganyar menjadi salah satu daerah yang menyimpan banyak sekali potensi wisata di dalamnya. Terlebih wisata kuliner yang tak kalah dengan beberapa daerah lain.

Advertisement

Bagi Kamu yang sedang berkunjung  ke tempat tersebut, jangan lupa untuk mencicipi berbagai macam makanan khas Karanganyar  dengan cita rasa yang sangat khas tersebut. Selamat mencoba.

Advertisement

Reply