9 Makanan Khas Jombang yang Akan Bikin Kamu Nyesel Jika Melewatkannya

Ketan Merdeka Jombang

image via http://jombangcityguide.blogspot.com

Sedang liburan di Jombang tapi bingung mau makan apa? Tapi perlu bingung dan resah lagi, karena daerah ini memiliki begitu banyak makanan khas yang memiliki cita rasa lezat dan juga unik.

Makanan khas Jombang sendiri bukan hanya berupa makanan besar, namun juga banyak varian cemilan atau jajanan pasar yang cocok untuk menemani sore Kamu sambil menikmati indahnya senja di Jombang.

Makanan Khas Jombang

Berikut adalah beberapa kuliner khas Jombang yang bisa jadi referensi jelajah kuliner di daerah ini.

1. Ketan Merdeka

Makanan pertama yang bisa Kamu coba begitu menginjakkan kaki di Jombang adalah ketan merdeka.

Sebenarnya ketan merdeka sendiri merupakan olahan sederhana dari beras ketan yang dimasak dengan parutan kelapa dan diberi sedikit garam agar menghasilkan rasa gurih.

Tapi yang menarik disini adalah banyaknya jenis ketan yang digunakan, ada ketan putih, ketan hitam dan beberapa kombinasi bahan lainnya.

Biasanya ketan merdeka ini banyak dijajakan pada pagi hari. Bahkan untuk berburu makanan khas satu ini Kamu benar-benar harus sepagi mungkin, karena jam 7 pagi saja biasanya sudah ludes habis.

2. Tahu Pong Gloria

Bosan dengan olahan tahu yang rasanya itu-itu saja? Pasti Kamu belum mencoba tahu pong Gloria. Cemilan khas Jombang ini dibuat dari tahu pong kemudian goreng kering sehingga menjadi crispy.

Biar makin mantap, tahu pong Gloria ini biasanya disajikan dengan tambahan cabe mentah atau saus cabe. Buat Kamu yang ingin mencoba rasa balado atau jagung manis pun bisa menambahkan perasa instan.

Tahu pong Gloria ini sangat cocok untuk Kamu bawa sebagai oleh-oleh karena sifatnya yang kering sehingga lebih awet.

3. Kue Jenang Kupas

Kue jenang kupas sebenarnya hampir sama dengan jenang dodol. Tapi kue jenang kupas dari Jombang ini disajikan dalam keadaan siap santap atau terkelupas kulitnya, jadi Kamu tinggal hap makan.

Tekstur jenang kupas sendiri sangat legit dengan rasa manis yang cukup kuat. Tapi tak perlu khawatir karena rasa manis yang dihasilkan berasal dari gula aren asli, jadi tak akan mengganggu kesehatanmu.

Untuk mendapatkan kue jenang ini sangatlah mudah, Kamu bisa datang ke toko oleh-oleh atau pasar tradisional yang menjual jajanan pasar.

4. Donat Kampung Utami

Bukan sembarang donat, donat kampung Utami ini selain memiliki rasa yang lezat dengan tekstur empuk juga memiliki bentuk yang cukup beragam.

Jadi jika biasanya donat hanya berbentuk bulat dengan lubang di tengahnya, tapi donate memiliki donat yang beragam seperti bunga, segitiga, love dan lain sebagainya.

Topping yang digunakan pun sangat beragam, mulai dari coklat, cream strawberry, tiramisu, matcha keju, kacang dan lain sebagainya.

Kamu bisa membeli donat kampung Utami ini dalam bentuk satuan ataupun per box dengan harga yang variatif, tergantung dari jumlah dan ukuran donat.

5. Sop Buntut Bakar

Wah bagaimana ceritanya sop buntut kok dibakar? Ya memang sekilas terdengar cukup aneh, dimana sop buntut seharusnya menggunakan iga atau buntut sapi yang dicampur langsung pada kuah sop.

Tapi untuk makanan dari Jombang ini Kamu akan menikmati iga atau buntut sapi bakar yang sudah dibumbui dengan berbagai kuah, kemudian disajikan bersama kuah sop yang gurih dan segar.

Biasanya menu ini juga akan disajikan bersama nasi hangat. Wah dijamin bakal nambah terus nih Kamu makannya.

6. Kilil Jombrang

Beberapa diantara kalian pasti ada yang belum tahu apa itu kikil. Kikil merupakan salah satu bagian kulit yakni dari kulit pada bagian kaki sapi atau kerbau.

Tekstur dan rasa kikil sendiri cukup berbeda dengan jenis daging lainnya, yakni lebih kenyal dan lembut.

Untuk menghasilkan kikil jomblang yang terkenal dengan kelezatannya, Kamu membutuhkan bahan pendukung lain seperti santan kelapa kental.

Bumbu-bumbu rahasia juga tak akan lupa bagaimana cara membuat kikil jombral yang enak.

7. Sego Sadukan

Jika Kamu pernah makan nasi kucing ala angkringan Jogja, penampilan sego sadukan ini hampir menyerupai makanan murah meriah tersebut.

Dimana sego sadukan merupakan nasi yang dibungkus dengan daun pisang kemudian di dalamnya dicampur dengan lauk tempat atau tahu dan juga masakan mie kuning.

Beberapa penjual juga kerap menambahkan ikan teri untuk menambah kenikmatan sego sadukan.

Harga sego sadukan pun tak jauh berbeda dengan nasi kucing ala angkringan Jogja, yakni sekitar 2-5 ribu saja perbungkus. Wah murah banget ya?

8. Onde-Onde Kacang Merah

Selanjutnya ada onde-onde, jajanan yang biasanya dijual saat sore atau pagi hari ini juga termasuk makanan khas dari Jombang yang wajib Kamu coba.

Bukan seperti onde-onde biasanya dong, di Jombang Kamu akan mendapatkan onde-onde wijen dengan isian kacang merah.

Pasta kacang merah yang telah dicampur dengan gula jawa menjadikan onde-onde kacang merah ini bukan hanya kaya gizi tapi juga lebih lezat.

Ditambah lagi dengan paduan biji wijen yang membuat onde-onde makin renyah. Untuk satu butirnya, onde-onde kacang merah biasanya dijual dengan harga Rp. 500-RP. 1.500 saja lho.

9. Pecel Rengkek

Apa sih yang membedakan pecel rengkek dengan pecel biasa? Sebenarnya untuk sayuran, bumbu kacang dan cara penyajiannya tak ada yang jauh berbeda.

Pecel rengkek juga menggunakan sayuran rebus yang kemudian disiram dengan bumbu kacang nan manis.

Tapi pecel rengkek ini akan disajikan bersama peyek kacang yang membuatnya terasa lebih unik. Gurihnya peyek kacang dan manisnya bumbu pecel dijamin akan buat Kamu ketagihan dengan kuliner tradisional ini.

Jangan sampai deh Kamu nyesel karena melewatkan salah satu makanan khas Jombang di atas!

Reply