7 Makanan Khas Jepara dengan Cita Rasa yang Kuat dan Lezat

Sop Udang Jepara

image via https://newsmedia.co.id

Berbicara tentang Jepara pasti yang langsung terbesit di benak Kamu adalah ukiran kayu jati yang dimilikinya.

Ya, Jepara menjadi salah satu kota yang sangat khas dengan ukiran kayu jati. Namun, tahukah Kamu?

Selain ukiran, Jepara juga menjadi salah satu kota yang memiliki kekayaan kuliner dan wajib untuk Kamu coba saat mengunjungi kota yang satu ini.

Berbagai  macam makanan khas Jepara dibuat dengan menggunakan bumbu nenek moyang sehingga menghasilkan cita rasa yang sangat khas.

Selain itu, rempah-rempah yang ada pada makanan khas kota ukir yang satu ini juga sangat kuat. Tak heran, jika banyak orang jatuh cinta dengan beragam kuliner yang dimiliki oleh Kota Jepara.

Makanan Khas Jepara

Nah, ada apa saja kuliner yang wajib untuk dicoba dari kota satu ini? Berikut 7 makanan khas Jepara dengan cita rasa yang kuat nan lezat.

1. Sop Udang

Mungkin sebagian dari Kamu sudah terbiasa mengkonsumsi sop udang. Akan tetapi, sop udang yang dimiliki oleh kota satu ini tampaknya berbeda.

Sop yang sering disebut dengan sop jepara tersebut ternyata cukup berbeda dengan sop udang kebanyakan.

Sop yang satu ini dibuat dengan menggunakan kaldu udang dengan tambahan udang goreng di dalamnya.

Selain itu, sop tersebut juga dibuat dengan menggunakan bumbu rahasia yang membuatnya rasanya semakin lezat.

Tak lupa, sop jepara satu ini juga dilengkapi dengan cabe mentah yang sudah digeprek. Sop udang dari Jepara sangat cocok untuk dinikmati saat masih panas.

Menu makanan yang satu ini selan cocok untuk menu makan malam, ternyata juga cocok untuk menu makan siang Kamu.

2. Sambal Samtis

Sebagian orang pasti setuju dengan kalimat, “Belum lengkap rasanya kalau makan tidak pakai sambal.”

Beberapa daerah di Indonesia memang terkenal dengan makanan pedasnya. Salah satunya yakni Kota Jepara yang juga memiliki sambal khas untuk Kamu coba.

Bagi Kamu para pecinta pedas, sambal samtis adalah sambal yang wajib untuk Kamu coba.

Sambal yang terbuat dari cumi-cumi, udang, bawang putih, cabai, gula merah dan garam tersebut menciptakan sebuah rasa sambal yang cukup berbeda.

Sambal satu ini juga cocok untuk teman makan atau teman ngemil kerupuk. Untuk menikmati sambal samtis yang khas dari Kota Jepara, Kamu tak perlu repot-repot membelinya.

Karena saat ini sudah ada sambal samtis yang sudah dikemas dalam botol kaca dan bisa langsung dikonsumsi.

3. Pindang Serani

Ada banyak makanan khas Jepara yang wajib untuk dicoba. Selain beberapa makanan khas yang sudah disebutkan di atas, berikutnya ada pula makanan yang tidak boleh untuk Kamu lewatkan.

Makanan tersebut adalah Pindang Serani.

Meskipun makanan tersebut dinamakan dengan Pindang Serani, tapi uniknya makanan yang satu ini tidak dibuat dari ikan pindang, melainkan ikan bandeng.

Makanan yang diolah dengan cara direbus ini dibuat dengan berbagai macam rempah sehingga menghasilkan rasa yang asam, manis dan pedas.

Dengan cita rasa dari Pindang Serani tersebut, tentu makanan satu ini sangat cocok untuk disantap saat makan siang. Sajikan dengan menggunakan sepiring nasi hangat agar rasanya lebih enak.

4. Bontosan

Bontosan adalah makanan khas Jepara lainnya yang biasanya digunakan sebagai bahan baku untuk membuat kerupuk kerapu.

Bontosan ini terbuat dari ikan kerapu yang dihaluskan kemudian dicampur dengan menggunakan tepung beras. Setelah itu, adonan tersebut dibentuk memanjang seperti lontong.

Lalu, bontosan yang sudah dibentuk memanjang selanjutnya dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan kemudian dikukus. Nah, daun pisang inilah yang membuat rasa dari bontosan sangat khas.

Untuk bisa menikmatinya, Kamu harus menggoreng bontosan terlebih dahulu. Agar lebih enak, nikmati kerupuk bontosan yang satu ini dengan sambal samtis.

5. Opor Panggang

Setiap daerah tentu saja memiliki makanan khas yang berbeda-beda. Jika di Kudus Kamu bisa menemukan opor bakar, di Kota Jepara ini ada makanan khas yang disebut dengan opor panggang.

Mengapa disebut dengan opor panggang? Karena makanan tersebut diolah dengan cara dipanggang terlebih dahulu sebelum nantinya dimasak menjadi opor.

Bahan utamanya ialah ayam kampung. Sedangkan bumbu-bumbu yang digunakan adalah daun jeruk, daun salam, daun serai yang sudah digeprek, santan dan beberapa bumbu lainnya.

Menu makanan yang cocok untuk disantap saat makan siang tersebut akan ditambah dengan taburan bawang goreng di atasnya sehingga bisa menciptakan rasa yang lebih enak.

Nah, bagi Kamu yang sedang mengunjungi Kota Jepara, tentu makanan satu ini sayang untuk Kamu lewatkan.

6. Lontong Krubyuk

Masih belum puas dengan beberapa makanan khas Jepara yang disajikan di atas? Masih ada makanan lainnya yang wajib untuk dicoba.

Namanya adalah lontong krubyuk. Mendengar namanya saja pasti Kamu sudah bisa membayangkan bahwa makanan tersebut dilengkapi dengan menggunakan lontong.

Cukup berbeda dengan beberapa makanan dari lontong lainnya, makanan satu ini dilengkapi dengan suwiran daging ayam semur serta disiram dengan menggunakan kuas bakso.

Bahkan, kuah bakso dari lontong ini cukup banyak. Jadi, nama krubyuk sendiri  memiliki arti genangan air yang mana makanan tersebut seperti genangan air karena kuahnya yang banyak.

7. Rondo Royal

Terakhir, ada makanan khas Jepara yang sayang untuk dilewatkan. Rondo royal adalah jajanan tradisional khas Jepara yang dibuat dari tepung beras.

Camilan yang dimasak dengan cara digoreng tersebut sangat pas dinikmati saat masih hangat. Rasanya pun terbilang unik, karena jajanan tersebut memiliki rasa asam, manis dan asin yang berpadu jadi satu.

Itu dia ketujuh makanan khas Jepara yang wajib untuk dicoba saat mengunjungi kota ukir satu ini.

Dibuat dengan resep nenek moyang yang kaya akan rempah membuat masakan tersebut memiliki rasa yang unik dan sesuai dengan lidah Indonesia.

Reply