8 Makanan Khas Jember Paling Wajib Kamu Coba

Pecel Gudeg Jember

https://ksmtour.com

Selain banyak menawarkan keindahan alam, Jawa Timur juga memiliki beragam kuliner khas yang siap memanjakan lidah Kamu.

Seperti makanan khas dari Jember yang merupakan salah satu kabupaten di provinsi ini.

Disini Kamu bisa menikmati berbagai makanan khas menggugah selera. Ragam jenisnya pun cukup banyak, jadi cocok banget buat pecinta, manis, gurih ataupun makanan pedas.

Makanan Khas Jember

Penasaran apa saja makanan khas Jember yang patut Kamu coba? Cus simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Pecel Gudeg

Pecel dan gudeg disatukan? Siapa bilang tak bisa, di Jember Kamu bisa menyantap paduan dua jenis makanan ini dalam satu piring.

Makanan ini dikatakan sebagai pecel gudeg karena memiliki paduan bumbu dan gudeg di dalamnya.

Selain itu, berbagai lauk juga akan tersaji dalam satu piring pecel gudeg, mulai dari telur, kikil, sayur nangka, krecek dan rempeyek.

Tak lupa lauk-lauk tersebut kemudian disiram dengan sambel pecel khas Jember.

Selain lauk-pauk tersebut Kamu juga bisa meminta lauk tambahan seperti ayam, rendang, telur bacem, tahu atau tempe bacem dan lain sebagainya.

Tentunya semakin banyak nambah lauk harga nasi pecel gudeg pun menjadi lebih mahal. Tapi untuk urusan rasa dijamin Kamu tak akan kecewa.

2. Suwar-Suwir

Sebenarnya suwar-suwir bukan hanya bisa Kamu dapatkan di Jember saja, beberapa daerah di Jawa Timur juga banyak memproduksi Suwar-Suwir sebagai oleh-oleh khas daerahnya.

Suwar-suwir sendiri merupakan cemilan yang terbuat dari singkong yang kemudian dicampur dengan gula. Secara tampilan, jajanan ini mirip dengan dodol, begitu juga dengan teksturnya yang legit.

Namun untuk varian rasa, Kamu bisa memilih beberapa rasa yang menjadikan makanan tradisional ini makin lezat, seperti coklat, kacang, strawberry dan lain sebagainya.

Olahan tape ini sangat cocok buat Kamu jadikan buah tangan karena awet dan aman dibawa dalam perjalanan jauh.

3. Makanan Khas Prol Tape

Makanan khas  dari Jember yang bisa dibilang paling populer diantara makanan lainnya adalah prol tape.

Jenis kue basah yang menggunakan tape sebagai bahan utamanya ini memiliki rasa yang cukup unik, yakni manis, gurih dan asam khas tape.

Selain menggunakan tape, prol juga dibuat dengan tepung terigu, susu, telur dan margarin. Bahan-bahan tersebut kemudian di-mixer dan dipanggang sampai matang.

Saat ini Kamu bahkan sudah bisa menjumpai banyak varian rasa prol tape, seperti kombinasi kismis, toping keju, coklat dan lain sebagainya.

4. Nasi Langi

Bingung cari menu untuk makan siang atau makan malam saat di Jember? Kamu wajib banget coba nasi langi.

Meskipun pada olahan nasinya tak ada yang spesial, karena hanya menggunakan nasi putih biasa, tapi lauk pauk pada makanan ini akan membuatnya terasa begitu lezat.

Beberapa jenis lauk yang sering disajikan bersama nasi langi adalah telur asin, daging sapi, sambal goreng kentang/tempe, abon, petis, mentimun dna juga bumbu bali.

Ya walaupun berasal dari Jember namun sajian ini menggunakan bumbu bali sebagai penyedapnya.

Yang paling menyenangkan, meski dengan lauk yang sangat beragam Kamu bisa menikmati nasi langi dengan harga murah meriah. Cocok deh buat Kamu yang sedang liburan ala backpacker.

5. Jenang Waluh

Dalam bahasa Jawa waluh merupakan sebutan untuk labu siam atau labu orange Dan sesuai namanya, jenang ini menggunakan waluh atau labu siam sebagai bahan kombinasinya.

Cara pembuatannya sendiri adalah dengan mengolah waluh bersama bahan jenang lain seperti tepung ketan, kelapa tua dan gula merah.

Selanjutnya bahan-bahan tersebut kan dimasak dalam kurun waktu yang cukup lama sampai menjadi legit dan matang sempurna.

Pada bagian atasnya jenang waluh akan ditaburi wijen, baru kemudian dipotong dan dikemas. Kamu bisa mendapatkan jenang waluh di toko oleh-oleh khas Jember.

6. Brownies Tape

Salah satu makanan yang akan sangat mudah Kamu jumpai di daerah Jember ini adalah tape. Tapi bukan hanya tape manis saja, sekarang ini juga banyak olahan tape yang lebih modern seperti brownies tape.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat brownies tape sendiri sebenarnya sama dengan brownies biasa, hanya saja menggunakan tape manis sebagai bahan campurannya.

Dengan begitu rasa brownies tape bukan hanya manis khas coklat dark namun juga asam/kecut khas tape.

Brownies tape ini biasanya disajikan dengan keju parut sebagai topingnya. Untuk satu box kecil brownies tape, biasanya dijual pada harga Rp. 20.000 saja.

7. Tahu Hwa

Apa itu Tahu Hwa? Makanan khas dari Jember ini merupakan makanan lezat yang terbuat dari bahan dasar ampas tahu yang kemudian diolah dengan jahe, sehingga mampu menghasilkan rasa yang lebih unik.

Selain itu, Tahu Hwa juga akan disajikan dengan siraman saus gula merah yang menjadikan rasanya semakin sempurna.

Makanan ini sangat cocok Kamu nikmati saat sore atau malam, karena kandungan jahenya yang akan membuat tubuhmu terasa lebih hangat.

8. Lontong Kupang Jember

Lontong kupang Jember merupakan sajian lontong yang dipadukan dengan kerang kecil dan disiram dengan kuah khas.

Makanan yang juga bisa Kamu temukan di Surabaya ini memiliki rasa yang begitu gurih didapatkan dari daging kerang dan kuahnya.

Harga lontong kupang jember pun cukup murah, dan Kamu bisa mendapatkannya di hampir setiap penjuru kota Jember.

Tapi yang paling terkenal antara lain adalah di depan Matahari Departement Store, tepatnya di dalam gang depan mall.

Tunggu apa lagi? Yuk langsung rencanakan liburan ke Jember dan jangan lupa nikmati berbagai sajian lezatnya tersebut.

Jangan sampai deh Kamu ngiler karena rasa makanan khas Jember yang begitu menggugah selera.

Reply