10 Makanan Khas Jakarta yang Bikin Kamu Kangen Ibu Kota

Kerak Telor Makanan Khas Jakarta

image via https://caramembuat.id

Siapa si yang tak ingin mengunjungi ibu kota Indonesia tercinta? Yaps, nampaknya Jakarta telah menjadi magnet setiap masyarakat Indonesia.

Bukan tanpa alasan tentunya, meski ibu kota terkenal dengan kemacetannya, namun mengadu nasib di sana perlu dipertimbangkan. Nah, terlepas dari hal yang sebut, yang bikin kangen kota ini adalah makanan khasnya.

Bagaimana tidak, Jakarta yang notabene sebagai salah satu kota yang telah tergoda kemodernan, masih memiliki makanan khas yang telah ada sejak zaman dulu.

Makanan Khas Jakarta yang Terfavorit dan Wajib Dicoba

Dan rasanya pun dijamin bikin kangen mencicipinya lagi. Nah, bagi Kamu yang sedang mengunjungi ibu kota, pastikan cicipi 10 makanan khas Jakarta berikut ini!

1. Kerak Telor

Yaps, berbicara tentang makanan khas Jakarta, pasti yang pertama kali disebutkan adalah kerak telor. Bagaimana tidak, rasa lezatnya, masih bertahan sejak zaman dulu sampai sekarang.

Apalagi kuliner khas yang satu ini, tak hanya sebagai cemilan saja, melainkan juga mampu mengenyangkan perut.

Bagaimana tidak, dalam satu makanan, terdapat berbagai bahan makanan seperti telor, beras, serundeng, aroma harus dari bawang goreng, dan yang bikin ketagihan adalah rasa pedas khanya.

2. Semur Jengkol

Kamu suka dengan bau jengkol? Jika iya, pastikan coba makanan khas Jakarta yang satu ini.

Meski baunya yang menyengat, nyatanya semur jengkol tak hanya disukai masyarakat Jakarta saja, sebab bisa Kamu lihat bahwa setiap kota pasti ada masyarakat yang menyukainya.

Hal ini tentu bukan tanpa alasan, sebab pengolahan jengkol ini membutuhkan proses yang lama dan panjang.

Yakni mulai dari direndam, digoreng, digeprek hingga dimasak menggunakan bumbu khas yang mampu menghilangkan aroma tak sedapnya.

3. Soto Betawi

Yaps, hampir setiap daerah pasti memiliki soto khas. Nah, untuk soto khas Jakarta ini adalah soto Betawi.

Untuk rasanya tentu berbeda dari soto biasa, sebab didalamnya memiliki toping khusus seperti emping, jeroan, bahkan yang membuat lezat adalah torpedo dan mata sapi.

Sedangkan untuk kuahnya, tentu juga memiliki aroma rempah-rempah komplit yang khas dan lezat.

4. Asinan Betawi

Ada soto Betawi, ada juga asinan Betawi. Untuk makanan khas Jakarta yang satu ini, dipastikan Kamu tak bisa menemukan di daerah lain, sebab tak semua orang bisa membuat dengan rasa lezat yang khas.

Nah, ciri khas kuliner Jakarta yang satu ini adalah, memiliki bahan-bahan khusus yakni sawi, kol, taoge, dan selada yang diasinkan.

Dan yang menjadikan citra rasanya semakin lezat adalah terdapat campuran bumbu kacang, cabai dan cuka, tentu rasanya lebih mantap.

5. Roti Buaya

Yaps, jika Kamu melihat pernikahan yang dilakukan di Jakarta melalui televisi pasti terdapat roti buaya, maka hal tersebut memang benar.

Dimana roti buaya wajib dihadirkan ketika ada pelaksanaan pernikahan, khususnya pernikahan yang masih menggunakan tradisi adat Betawi.

Lalu, mengapa buaya yang dipilih? Perlu diketahui, meski buaya terlihat sangar, ternyata hewan yang satu ini hanya kawin satu kali saja seumur hidup.

Sehingga buaya dilambangkan sebagai simbol kesetiaan.

6. Ketoprak

Pernah mencicipi ketoprak? Yaps, makanan khas Jakarta yang telah terkenal seantero negeri adalah ketoprak.

Jika dilihat secara sekilas, mungkin Kamu akan menyebutnya kupat tahu atau lotek, namun kuliner yang satu ini tentu berbeda.

Dimana ketoprak memiliki bahan utama seperti telur rebus, timun, tahu, bihun, yang ditambah dengan kecap manis, saus kacang dan aroma harus dari taburan bawang merah.

7. Laksa Betawi

Pernah mendengar makanan khas Jakarta yang satu ini? Mungkin memang tak terlalu terkenal, namun Kamu wajib coba karena rasanya sangat lezat dan nikmat, serta tak bisa ditemukan di daerah lainnya.

Nah, ciri khas dari laksa Betawi ini ialah, menggunakan bahan dasar mie yang dimasak menggunakan kuah kekuningan dari udang rebon.

Dan rasanya pun akan semakin nikmat, karena menggunakan bahan tambahkan seperti ketupat, telur, taoge, dan kucai. Mau mencoba?

8. Soto Tangkar

Selain soto Betawi, Jakarta juga memiliki soto lagi yang tak kalah lezat dan wajib Kamu coba, yakni soto tangkar. Tengkar sendiri memiliki arti iga yang dimasak menggunakan rempah-rempah.

Dan yang membuat citra rasanya lebih lezat tentu bukan hanya iga dan kuahnya saja, namun juga bahan pendukung seperti emping dan sambal khasnya.

9. Sayur Babanci

Untuk makanan khas Jakarta yang satu ini bisa dikatakan lucu, sebab tak seperti namanya yakni sayur babanci, makanan khas ini justru tak menggunakan sayur sama sekali.

Namun rasanya tetap lezat, dan biasanya masyarakat Jakarta wajib menghidangkannya ketika buka puasa atau lebaran.

10. Ayam Sampyok

Jakarta juga memiliki makanan khas yang menggunakan bahan dasar ayam. Nah, untuk kuliner khas yang satu ini dipastikan hanya Jakarta saja yang memilikinya.

Dimana ayam sampyok ini memadukan cita rasa dari dua daerah, yakni Tiongkok dan Betawi khas, sehingga rasanya sangat lezat dan nikmat.

Tak hanya itu saja, bahwa untuk memasak ayam sampyok ini, harus dimasak dua kali, tujuannya adalah untuk memastikan bahwa bumbu meresap dengan sempurna.

Jakarta memang layak dijadikan sebagai magnet untuk masyarakat Indonesia. Tak hanya kemodernannya saja yang memuat menarik, namun pertahanan terhadap unsur tradisional juga membuatnya semakin menarik.

Apalagi dengan adanya makanan khas Jakarta yang lezat dan nikmat, tentu membuat siapa saja tertarik mencicipinya langsung di ibu kota tercinta.

Dan yang menarik lagi, bahwa makanan khas Betawi ini dikenal memiliki rasa yang autentik, yakni dengan sentuhan bumbu atau rempah-rempah komplit yang khas.

Reply