Ini 8 Makanan Khas Indramayu nan Menggoda Lidah

Pindang Gombyang Manyung

image via liputan6.com

Indramayu merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Barat. Selain terkenal dengan hawanya yang cukup panas, Indramayu juga terkenal dengan buah mangganya.

Hingga saat Kamu  jalan-jalan atau kebetulan lewat di daerah ini, pasti akan sangat mudah menemukan pedagang mangga.

Bukan hanya mangga, kuliner khas Indramayu lainnya pun bisa Kamu dapatkan dengan mudah dan pastinya dengan harga yang relatif miring.

Makanan Khas Indramayu

Yups, kabupaten di Jawa Barat ini juga merupakan pusat kuliner lezat yang siap memanjakan lidah Kamu.

Pastinya makanan khas Indramayu ini bukan hanya berupa makanan besar saja, tapi ada pula banyak cemilan dan minuman segar.

Nah buat Kamu yang mau berlibur atau lewat Indramayu, berikut adalah referensi kuliner khas Indramayu yang patut Kamu coba.

1. Pindang Gombyang Manyung

Sesuai namanya, makanan daerah ini terbuat dari ikan pindang yang kemudian dibumbui dengan bumbu kuah kuning.

Rempah yang digunakan sebagai bumbu pindang gombyang manyung pun cukup beragam, jadi tak heran jika rasanya sangat kaya akan rempah, seperti kunyit, jahe, lengkuas dan lain sebagainya.

Cara pengolahan yang cukup simple dan proses pembuatan yang cepat menjadikan sajian ini sering menjadi sajian andalan ketika ada acara.

Untuk jenis ikan yang digunakan sendiri bisa berupa ikan segar maupun kepala ikan saja. Pindang gombyang manyung ini sangat cocok jika Kamu santap dengan nasi putih hangat dan sayur rebus.

2. Rumbah Indramayu

Jika Jakarta punya gado-gado, Indramayu punya Rumbah Indramayu. Secara tampilan mungkin kedua makanan khas ini hampir sama bahkan terlihat sama persis.

Dengan isian sayur rebus, seperti bayam, kol, kecambah dan lain sebagainya kemudian disiram dengan saos kacang yang manis pedas, dijamin Kamu akan ketagihan makan rumbah Indramayu.

Tapi ada yang lebih menarik dari rumbah Indramayu dibanding gado-gado, lotek atau pecel, yakni adanya sambal asem dan juga air petis yang disiramkan.

Tambahan bumbu ini akan membuat rasa kuliner sehat ini semakin nikmat.

3. Nasi Lengko

Berikutnya asa nasi lengko, yakni makanan dari Indramayu yang juga menggunakan bumbu kacang sebagai saosnya.

Sebenarnya untuk penggunaan lauknya sendiri tidak ada yang begitu menarik, dimana Kamu akan menjumpai beberapa macam lauk seperti tempe goreng, tahu goreng yang diiris kecil, sayur rebus seperti taoge, kucai dan mentimun.

Kemudian lauk ini akan disiram dengan bumbu kacang.

Biar rasanya makin gurih, biasanya nasi lengko akan diberi taburan bawang goreng. Buat Kamu yang suka manis juga bisa menambahkan sedikit kecap manis.

Tambahan perasan jeruk nipis juga akan membuatnya makin mantap.

4. Burbacek Indramayu

Bingung cari menu sarapan di Indramayu? Kamu bisa coba bubur rumbah cecek atau yang lebih dikenal dengan Burbacek Indramayu.

Makanan dengan cita rasa gurih ini menggunakan berbagai macam lauk, seperti cecek. Mungkin Kamu yang berasal dari luar Jawa Barat kurang paham apa sih cecek itu. Cecek adalah sebutan untuk kikil sapi.

Jadi bubur yang dimasak dengan parutan kelapa ini akan dicampur dengan bumbu merah dengan cita rasa pedas, asam dan gurih.

Kemudian pada bagian atasnya akan ditaburi dengan cecek yang dimasak gurih.

Sayuran kangkung juga bisa Kamu nikmati bersama dengan potongan kikil dan bubur yang lembut. Wah paket lengkap dalam satu mangkuk deh!

5. Blendung

Makanan khas Indramayu satu ini mungkin sudah sampai ke daerah Kamu.

Ya, blending merupakan nama untuk jajanan pasar yang terbuat dari jagung rebus yang dipritili kemudian dicampur parutan kelapa dan disiram saos gula Jawa yang sudah ‘ngrambuti’.

Walaupun terdengar sangat sederhana, namun gurihnya parutan kelapa yang dicampur dengan sedikit garam dan berpadu manisnya gula jawa makin sempurna ketika dimakan bersama empuknya biji jagung rebus yang empuk.

6. Kue Koci

Pernah liat atau makan kue bugis? Kue koci ini sebenarnya hampir mirip dengan kue bugis, termasuk rasanya.

Bahan pembuatannya pun sama yakni tepung ketan yang kemudian dicampur dengan sedikit gula dan garam yang dibentuk menjadi prisma.

Pada bagian adonan, diberi parutan kelapa yang sebelumnya sudah dimasak dengan gula jawa dan pandan.

Berikutnya adonan bugis dikukus sampai matang dan disajikan setelah dingin. Biasanya jajanan pasar ii dijual bersama dengan nagasari, yakni jajanan dari tepung beras yang memiliki isian potongan pisang.

7. Dodol Indramayu

Jika beberapa makanan khas di atas belum pernah Kamu coba, pasti jajanan khas Indramayu satu ini sudah pernah Kamu cicipikan? Rasanya pun tak kalah dengan dodol Garut yang terkenal.

Dodol Indramayu sendiri memiliki 2 jenis, yakni dodol lolos dan dodol gula merah. Dodol lolor yakni jenis dari dodol basah yang bahan pembuatannya adalah tepung beras yang diberi gula merah.

Kemudian pada bagian atasnya akan diberi toping amas santan yang menggumpal sehingga tampilannya sangat beda dengan dodol gula merah.

Untuk dodol gula merah sendiri lebih terkenal dengan rasanya yang begitu manis.

8. Pedesan Entog

Satu lagi makanan khas dari Indramayu yang wajib Kamu coba, yakni pedesan entog.

Makanan yang terbuat dari daging entog yang memiliki tekstur kenyal ini memiliki rasa yang lebih nendang dibanding daging ayam atau bahkan daging bebek.

Sayangnya, aroma amis pada daging entog juga lebih terasa. Tapi di masakan dengan cita rasa pedas ini Kamu tak akan lagi menemukan aroma manis tersebut.

Rempah-rempah yang beragam juga menjadikan rasa pedesan entog semakin nagih. Kamu bisa menyantapnya bersama nasi putih hangat.

Wah nggak sabar ya buat coba makanan-makanan lezat di atas? Jadi buat Kamu yang sedang di Indramayu, pastikan tak ada satu kuliner khasnya yang terlewat ya!

Reply