Sajian Makanan Khas Grobogan Lezat dan Bikin Penasaran

Ayam Pencok Grobogan

image via https://jatengnyamleng.com

Grobogan adalah salah satu daerah di Jawa Tengah yang cukup terkenal sebagai destinasi wisata alternative.

Hal ini dikarenakan ada cukup banyak tempat wisata indah di daerah ini yang berhasil mendatangkan wisatawan dari beragam daerah yang berbeda.

Ya, Grobogan memang cukup terkenal dengan bentang alam yang masih hijau dan tentu saja asri.

Selain terkenal karena bentang alamnya yang indah dan sejuk, apa yang menarik dari Grobogan adalah sajian kuliner khas yang ada.

Ya, ada cukup banyak makanan khas Grobogan yang begitu menggugah selera. Makanan khas dari daerah ini cukup terkenal dengan bumbu rempah yang kaya hingga rasanya begitu memikat.

Nah, Kamu yang suka dengan wisata kuliner tentu akan sangat dimanjakan dengan beragam pilihan makanan khas Grobogan tersebut.

Penasaran apa saja makanan khas yang bisa Kamu cicipi saat berada di kabupaten ini? Simak beberapa ulasan berikut ini.

Pilihan Kuliner Lezat Khas Grobogan

Ada cukup banyak makanan khas Grobogan yang tersedia untuk Kamu cicipi saat berkunjung ke daerah ini.

Adanya banyak sajian kuliner ini tentu saja akan memuaskan keinginan Kamu untuk berburu kuliner dengan rasa yang nikmat dan sensasi yang berbeda.

Nah, berikut ini ada beberapa sajian khas Grobogan yang bisa Kamu jadikan rekomendasi kuliner untuk dicoba.

1. Ayam Pencok

Ayam Pencok menjadi salah satu sajian kuliner khas yang ada di Grobogan dan sudah sangat terkenal. Makanan khas ini dibuat dengan bahan dasar ayam kampung.

Penggunaan ayam kampung merupakan salah satu usaha untuk menyajikan sajian kuliner dengan rasa yang lebih nikmat.

Nah, ayam kampung yang sudah disembelih dan dibersihkan tadi selanjutnya akan dipotong sesuai bagian. Setelah itu, ayam diberikan bumbu rempah yang khas dan dibakar di atas bara api.

Apa yang menarik dari sajian ini adalah cara pembakarannya. Ya, ayam kampung tersebut dibakar di atas bara api dengan jarak sekitar 30 sentimeter.

Selain itu, ayam dibakar dengan api yang tidak terlalu besar. Tujuan cara pembakaran ini adalah untuk membuat daging ayam matang dengan merata dan sempurna.

2. Sayur Becek

Saat Kamu berada di Grobogan, tidak lengkap rasanya jika Kamu tidak mencoba sajian kuliner yang satu ini. Ya, sayur becek adalah salah satu kuliner khas Grobogan yang sangat terkenal dan sangat diburu.

Biasanya, sayur ini dibuat untuk dihidangkan dalam beberapa hajatan, seperti pernikahan dan lainnya.

Namun, sekarang, sayur becek dibuat menjadi sajian kuliner khas yang banyak dijual di berbagai warung di Grobogan. Keunikan makanan khas ini salah satunya adalah namanya.

Kenapa dinamakan sayur becek adalah karena sayur ini memiliki kuah dengan jumlah yang banyak sehingga terlihat becek.

Nah, saat Kamu mencobanya, Kamu akan merasakan rasa sayur yang begitu nikmat dan segar. Sayur ini dibuat dengan bahan dasar iga sapi yang diolah hingga lunak dan empuk.

Selanjutnya, iga diberikan beragam bumbu dan disajikan dengan nasi, kering tempe serta tambahan lainnya.

3. Garang Asem

Makanan khas Grobogan lainnya yang cocok untuk Kamu coba adalah Garang Asem. Nama sajian ini merujuk pada cara memasak dan rasa dari makanannya.

Nah, sajian khas ini adalah panganan yang dimasak dengan cara dibungkus menggunakan daun pisang dan kemudian diproses dengan cara dikukus.

Sesuai namanya, panganan ini memiliki rasa yang cenderung asam karena menggunakan bahan belimbing dan juga tomat. Nah, di Grobogan, hampir setiap warung makan menawarkan menu yang satu ini.

Kamu bisa dengan mudah menemukan Garang Asem berikut varian nya. Umumnya, menu ini dibuat dengan menggunakan daging ayam.

Namun, ada pula yang membuat dengan menggunakan bahan daging sapi.

4. Lempok

Makanan khas Grobogan lainnya yang cocok untuk memuaskan keinginan Kamu guna mencoba sajian kuliner yang unik adalah lempok.

Dilihat dari namanya, sajian kuliner ini cukup unik. Padahal, sebenarnya, lempok adalah sajian kuliner yang mirip dengan lontong. Hanya saja, lempok dan lontong berbeda bentuknya.

Kamu pasti tahu jika lontong memiliki bentuk yang bulat. Nah, sedangkan lempok, memiliki bentuk cenderung pipih dan biasanya, dalam satu bungkus lempok terdapat 2 hingga 3 lapis lempok yang menjadi satu.

Panganan ini biasanya disajikan dengan tambahan sayur, seperti urap sambal kelapa ataupun dengan pecel. Nah, di Grobogan, lempok sering menjadi pilihan untuk menu sarapan.

5. Mi tek-tek

Mi tek-tek menjadi sajian khas Grobogan lainnya yang bisa Kamu coba saat berkunjung ke daerah ini.

Ya, sajian mi ini menjadi salah satu yang diburu oleh banyak kalangan karena rasanya yang nikmat dan harganya yang cenderung terjangkau.

Biasanya, mi tek-tek banyak ditemukan di malam hari. Para penjual sajian kuliner ini beroperasi biasanya selepas magrib hingga tengah malam.

Oleh karena itu, makanan ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk Kamu yang kelaparan di malam hari dan bingung mau makan apa.

Hal menarik dari kuliner satu ini adalah cara masaknya yang masih tradisional dengan menggunakan arang kayu.

Ini adalah daya tarik tersendiri dan salah satu faktor yang katanya membuat sajian mi ini memiliki rasa yang lebih enak.

Demikian beberapa ulasan dan rekomendasi makanan khas Grobogan yang bisa Kamu coba saat berkunjung ke daerah ini.

Tentu, dengan adanya beragam kuliner khas tersebut, waktu berkunjung ke Grobogan bersama dengan keluarga tercinta akan sangat menyenangkan dan Kamu akan menemukan sajian kuliner khas yang bisa jadi tidak ada di daerah lainnya!

Reply