8 Makanan Khas Gresik yang Akan Buat Kamu Tak Sabar Untuk Menyantapnya

Sego Roomo Gresik

image via idntimes.com

Salah satu kabupaten yang berada di Jawa Timur ini memang begitu terkenal dengan wisata religinya.

Setiap tahunnya, ribuan bahkan jutaan wisatawan datang ke Gresik untuk menjalankan ziarah makan atau menjajaki objek wisata religi lainnya.

Selain wisata religinya, Gresik juga punya banyak hal menarik yang membuat Kamu wajib datang ke daerah ini. mulai dari objek wisata sampai dengan wisata kuliner yang akan memanjakan lidah Kamu.

Makanan Khas Gresik

Yups meskipun tidak seterkenal daerah lain sebagai pusat makanan lezat, tapi jika Kamu sudah masuk ke daerah ini, berbagai makanan khas sudah menyambut dengan cita rasa yang ternyata tak kalah menawan.

Yuk langsung simak apa aja sih makanan khas Gresik yang dibuat dengan rasa spesial itu? Berikut beberapa diantaranya.

1. Sego Roomo

Jika melihat penampilannya mungkin Kamu akan sedikit bingung mengapa makanan ini disebut sego (nasi) padahal bentuknya sangat mirip dengan bubur sumsum berwarna orange.

Tapi bukan gula merah seperti yang biasa ditambahkan pada bubur sumsum, warna orange pada sego roomo ini ternyata didapatkan dari cabai merah dan udang yang dihaluskan kemudian disangrai.

Jadi Kamu bisa membayangkan betapa gurih dan lezatnya sego roomo? Penyajian kuliner khas Gresik ini pun masih sangat tradisional yakni menggunakan daun pisang yang dipincuk.

Dengan penyajian seperti ini tentunya harga sego roomo masih sangat terjangkau, walaupun rasanya dijamin nendang. Kamu pun bisa mendapatkan sajian lezat ini di pinggir jalan.

2. Martabak Usus

Biasanya martabak akan menggunakan daging sapi, ayam, atau cornet sebagai isian, tapi lain halnya dengan martabak asal Gresik ini.

Disini Kamu akan mendapati martabak dengan isian usus yang telah dimasak dengan berbagai rempah. Selain itu isian juga akan dicampur dengan bahan lain seperti bihun, telur serta bumbu pedas.

Paduan gurihnya isian martabak dengan renyahnya kulit martabak menjadikan makanan basah ini begitu diburu oleh masyarakat setempat maupun wisatawan.

Yang membuat rasanya makin mantap, biasanya martabak usus ini akan disajikan dengan petis.

3. Otak-Otak Bandeng Gresik

Siapa sih yang tak suka dengan jajanan dari ikan ini? BIsa dipastikan hampir semua orang pasti suka otak-otak.

Nah, jika biasanya otak-otak dibuat dari ikan tenggiri, Gresik biasanya menggunakan ikan bandeng sebagai bahan utama pembuatan otak-otaknya.

Tekstur otak-otak gresik pun begitu lembut di dalam dan renyah di luar. Gurihnya ikan bandeng un semakin sempurna dengan tambahan bumbu-bumbu rahasia sebagai penyedapnya.

Buat Kamu yang mau bawa otak-otak bandeng Gresik pun sangat bisa. Eits tenang otak-otak ini tak menggunakan bahan pengawet saat pembuatannya jadi dijamin aman.

4. Nasi Krawu Gresik

Sebenarnya Kamu bisa menjumpai nasi krawu bukan hanya di Gresik saja, tapi nasi krawu dari daerah ini memiliki keistimewaan tersendiri.

Mulai dari bumbu, proses pembuatan hingga lauk yang disajikan bersama dengan nasi tersebut.

Biasanya lauk yang kerap digunakan adalah ayam suwir, sambal petis, serundeng belacang, paru goreng, belut, babat, usus sapi, tahu dan lain sebagainya.

Nasi krawu juga kerap menjadi andalan menu makan siang masyarakat Gresik karena memang porsinya cukup banyak dengan pilihan lauk yang beragam dan dibandrol dengan harga murah.

5. Jubung

Jubung merupakan jajanan khas Gresik yang terbuat dari ketan hitam dan wijen sebagai topingnya.

Yang menjadikan jubung Gresik ini lebih istimewa dibanding jubung di daerah lain ialah proses pembuatannya yang relatif lama dan penggunaan wijen sebagai topingnya.

Untuk bungkusnya sendiri masih sama, yakni menggunakan kulit dari pohon pisang atau pelepah pisang kering.

Jajanan yang dijual di sepanjang jalan kota Gresik ini pun sangat cocok dibawa untuk oleh-oleh karena rasanya yang lezat dan harganya murah.

6. Bonggolan

Apa sih yang menarik dari bonggolan? Dari segi bahan mungkin tak ada yang terlalu special, namun bonggolan memiliki keunikan pada bentuk dan proses pembuatannya.

Bonggolan sendiri merupakan makanan dari ikan yang dibalut menggunakan tepung kanji. Selanjutnya bahan tersebut dibungkus menggunakan daun pisang dan dibentuk memanjang.

Biar rasanya makin mantap, tepung kanji biasanya akan dibumbui terlebih dahulu seperti bawang putih, merica dan garam.

Selanjutnya tepung kanji diaduk agar menggumpal dan mudah dibalutkan ke irisan daging ikan. Bonggolan ini paling lezat Kamu nikmati saat sudah dingin sehingga lebih mudah dipotong-potong.

7. Sego Karak

Selanjutnya ada nasi kerak, yakni nasi yang dikeringkan. Meskipun namanya merupakan nasi karak, tapi nasi yang digunakan adalah nasi bagus, sehingga dijamin kesehatannya.

Pertama nasi yang masih bagus akan dikeringkan kemudian dicampur dengan ketan hitam. Selanjutnya nasi dan ketan akan ditanak lagi dan dapat dinikmati dengan berbagai lauk lezat.

Biasanya nasi kerak ini akan disajikan bersama kerupuk atau rempeyek untuk menambah rasa gurihnya. Dijamin Kamu akan ketagihan begitu mencoba nasi kerak ini.

8. Pudak

Yang terakhir ada pudak, yakni jajanan yang terbuat dari santan kelapa, tepung beras dan gula jawa. Bahan-bahan ini kemudian dicampur dan dibungkus menggunakan daun pisang, selanjutnya adonan dikukus sampai matang.

Pudak paling nikmat disantap saat masih hangat, jadi buat Kamu yang ingin mencari kuliner tradisional ini bisa berburu langsung ke produsennya dan nikmati saat masih hangat.

Tapi, buat Kamu yang merasa tak masalah menikmati pudak dingin, bisa kok cari di pasar tradisional. Biasanya pudak ini akan dijual dengan harga kisaran 2 ribu rupiah saja.

Yakin masih belum tertarik untuk berburu kuliner di Gresik? Jangan sampai nyesel deh karena telat menikmati lezatnya makanan-makanan khas Gresik tersebut.

Reply