8 Makanan Khas Garut yang Sedang Populer di Indonesia

Burayot Garut

image via http://makandaerah.blogspot.com

Siapa sih yang tak tahu dodol? Cemilan dengan tekstur lembut dan legit ini merupakan salah satu makanan khas Garut yang sudah begitu terkenal hingga ke berbagai daerah di Indonesia.

Tapi selain dodol, Garut juga punya banyak makanan khas yang wajib Kamu cicipi.

Makanan Khas Garut

Pastinya makanan khas ini memiliki cita rasa yang begitu menggoda. Mulai dari cemilan manis, gurih sampai makanan berat bisa Kamu nikmati dengan harga murah.

Penasaran apa saja makanan khas dari Garut? Berikut adalah 10 makanan dari Garut yang bisa Kamu coba saat datang ke kabupaten ini.

1. Dodol Picnic Garut

Dodol memang jadi makanan khas yang paling legendaris dari Garut. Jajanan legit ini sangat cocok untuk dijadikan buah tangan setelah Kamu berkunjung ke Gaut.

Di Garut sendiri ada banyak produsen dodol yang memiliki brand masing-masing, namun salah satu yang paling terkenal adalah Dodol Picnic Garut.

Dodol Picnic ini memiliki banyak varian rasa seperti gula jawa, pandan dan lain sebagainya. Rasa manis dari dodol inipun dijamin asli,

Jadi meskipun Kamu mengonsumsinya dalam jumlah banyak akan tetap aman untuk kesehatan. Harga dodol Garut pun cukup relatif dengan kemasan yang sudah begitu modern.

2. Burayot Garut

Bagi Kamu yang berasal dari Sunda pasti sudah tak asing dengan nama makanan ini. Ya pengambilan aa Burayot memang dari bahasa Sunda.

Bentuk dari makanan khas dari Garut ini cukup unik dengan rasa manis dan gurih. Bahan pembuatannya sendiri berasal dari tepung beras, kacang tanah dan gula merah.

Semua bahan tersebut kemudian diolah bersama minyak kelapa dalam waktu yang cukup lama. Takaran untuk membuat burayot harus benar-benar tepat, sehingga rasa yang dihasilkan pun pas.

Jika takarannya tak pas, maka rasanya akan langsung berubah dan tentunya akan merusak cita rasa uniknya.

3. Emplod Garut

Emplod Garut atau yang lebih dikenal dengan endog lowo ini memiliki arti telur yang berasal dari daerah kampung Lewo.

Cemilan renyah ini terbuat dari bahan baku singkong yang kemudian dikupas, digulung dan diperas. Selanjutnya bahan baku akan didiamkan selama 24 jam.

Setelah didiamkan, bahan baku akan dicampur dengan parutan kelapa dan bumbu-bumbu.

Sesudah tercampur rata, adonan akan dibentuk menjadi bulatan kecil dan kemudian digoreng sampai kering. Cemilan renyah ini juga cocok jadi buah tangan setelah dari Garut.

4. Sambal Cibiuk Garut

Walaupun namanya hanya sambal, tapi jangan ragukan kenikmatan dari sambal asal Cibiuk Garut ini.

dimana resep sambal Cibiuk berasal dari Arab jadi Kamu bisa bayangkan bagaimana paduan rasa pedas dan rempahnya kan?

Jadi dalam sambal ini Kamu bukan hanya akan menjumpai cabai yang digoreng dan diulek bersama bawang, tapi Kamu juga akan menjumpai tomat hijau, serawung dan bumbu lain.

Sensasi yang dihasilkan dari perpaduan bahan-bahan tersebut pastinya bukan hanya peas, tapi juga asam dan pastinya tak menyebabkan rasa panas di perut.

5. Dorokdok Garut

Bosan dengan makanan manis? Kamu bisa coba kuliner khas Garut satu ini. Ya dorokdok merupakan salah satu kuliner dari Garut yang terbuat dari kulit sapi, jadi rasanya benar-benar gurih dan kenyal.

Pengolahannya yang menggunakan berbagai macam rempah menjadikan makanan ini bukan hanya memiliki cita rasa lezat namun juga lebih awet.

Proses pembuatan dorokdok Garut sendiri cukup lama, yaki hingga 5 atau 7 hari.

Proses yang memakan waktu lama ini dikarenakan bahannya dari kulit mentah, yang kemudian direbus dan dijemur.

Selanjutnya digoreng dengan minyak panas sehingga menghasilkan makanan yang mengebang dengan rasa gurih.

Saat ini, Kamu bisa mencoba berbagai macam rasa dorokdok, seperti original, pedas, balado dan lain sebagainya.

6. Soto Ayam Garut

Segar dan gurih, dua kata yang sangat tepat untuk menggambarkan bagaimana rasa soto ayam Garut.

Soto khas Garut ini menggunakan santan dan bumbu kuning, sehingga rasanya jauh lebih gurih dibanding dengan soto ayam bening biasa.

Yang lebih menggugah selera makan, soto ayam Garut ini menggunakan taburan kacang kedelai dan ayam jawa yang rasanya lebih gurih dibanding daging ayam putih.

Taburan bawang goreng pun semakin menyempurnakan sajian berkuah ini. Untuk teman makan, Kamu bisa menambahkan rebusan telur dan juga kerupuk.

7. Bakso Aci

Beberapa waktu terakhir mungkin bakso aci kemasan sedang begitu marak di Indonesia. Dimana makanan instan ini banyak dijajakan secara online, sehingga penyebarannya jauh lebih cepat.

Tapi tahukah Kamu jika bakso aci berasal dari garut? Jika Kamu pernah mencobanya, pasti merasa sedikit berbeda dengan rasa bakso satu ini.

Ya, bakso aci sendiri bukan berasal dari daging giling melainkan dari aci atau tepung kanci.

Penyajiannya pun lebih seperti cilok dan biasanya akan diberi taburan bumbu pedas dan perasan air jeruk nipis, wah mantap nih buat teman di sore hari yang dingin.

8. Kue Balok Maranti

Selain bakso aci, makanan dari Garut lainnya yang juga sedang populer di Indonesia adalah kue balok Maranti. Kue basah ini sekilas memang tampak seperti pukis, namun dibuat dengan isian dan rasa yang berbeda.

Jika kue pukis mempunyai tekstur lembut dan empuk, tapi kue balok memiliki tekstur yang lebih keras tapi empuk di bagian dalamnya.

Sekarang ini juga banyak dijual kue balok meleleh yang menggunakan campuran coklat, dan coklat ini akan serasa meleleh ketika Kamu menyantap kue basah satu ini.

Yuk ah langsung aja berburu makanan khas Garut tersebut dan manjakan lidah Kamu sepuasnya.

Reply