Makanan Khas Depok yang Cocok untuk Dijadiin Oleh-Oleh

Dodol Jambu Biji Khas Depok

image via https://putratravel.net

Depok adalah salah satu wilayah di Jawa Barat yang tentunya memiliki keunikan tersendiri. Bukan hanya soal tempat wisata yang beragam, Depok juga memiliki beberapa makanan khas yang siap untuk menerbitkan air liur Kamu.

Seperti halnya daerah lain di Indonesia Depok juga terkenal dengan ragam kuliner yang enak. Namun, beberapa diantaranya tidak memiliki keawetan sehingga tidak cocok untuk di dijadikan sebagai oleh-oleh.

Oleh-Oleh Khas Depok

Jika Kamu sedang mencari oleh-oleh khas Depok, silakan simak informasi ini hingga tandas. Lantas, apa saja makanan khas Depok yang murah awet dan wajib dibeli sebagai oleh-oleh? Yuk, cek daftarnya di bawah ini!

1. Dodol Jambu Biji

Dodol memang menjadi makanan yang cukup mainstream sebagai oleh-oleh di berbagai daerah.  Namun, dodol yang satu ini berbeda.

Sebab, bahan pembuatannya bukan hanya dari tepung beras, gula, dan santan saja. Melainkan ditambah juga dengan ekstrak buah jambu biji.

Pastinya, dengan tambahan jambu biji ini, akan membuat dodol terasa lebih unik. Bukan rasanya saja yang enak untuk dinikmati ,tetapi ada berbagai manfaat kesehatan yang bisa Kamu petik.

Beberapa diantaranya adalah bisa menurunkan hipertensi, mengobati diare, mencegah sembelit dan sebagainya. Soal harga, dodol jambu biji dibanderol cukup murah yaitu Rp20.000 saja.

2. Dodol Belimbing Rasa Dewa

Sudah cukup banyak diketahui jika Depok terkenal dengan agrowisata belimbingnya. Di daerah ini terdapat banyak perkebunan belimbing. Yang mana Kamu bisa menyambangi serta memetik sendiri buah belimbing langsung dari pohon.

Karena banyaknya buah belimbing yang dihasilkan oleh para petani, tidak heran kalau sebagian besar oleh-oleh khas Depok adalah olahan buah belimbing.

Nah, salah satu olahan buah belimbing yang paling diminati adalah dodol belimbing.

Yang membuat dodol ini berbeda dengan lainnya adalah mempunyai cita rasa manis dengan campuran sedikit asam. Teksturnya juga cukup kenyal.

Salah satu merek dodol yang paling direkomendasikan adalah Rasa Dewa. Kamu bisa menemukannya di toko oleh-oleh yang berjajar di daerah Depok.

Untuk harganya sendiri, masih cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp20.000 hingga Rp25.000 untuk setiap box nya.

Tidak hanya enak, dodol belimbing juga mempunyai kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Sementara manfaatnya bisa untuk mengatasi kolesterol, melancarkan pencernaan, dan sebagainya.

3. Sirup Belimbing

Satu lagi hasil olahan buah belimbing yang menjadi makanan khas Depok. Jika pada poin sebelumnya belimbing diolah menjadi dodol, maka kali ini belimbing diolah menjadi sirup yang menyegarkan.

Perpaduan rasa asam dan manis membuat sirup ini sangat nikmat dirasakan ketika cuaca sedang panas.

Untuk harganya, Kamu cukup merogoh kocek Rp15.000 sampai Rp20.000 untuk mendapatkan satu botol sirup belimbing yang menyegarkan.

4. Jus Belimbing

Kalau Kamu malas untuk membuat minuman dengan sirup belimbing, bisa kok menikmati jus belimbing secara langsung yang sudah siap minum.

Kamu bisa mendapatkannya di toko oleh-oleh sekitar Depok. Jus belimbing sudah dikemas seperti air mineral sehingga sangat praktis dibawa dan diminum.

Untuk 1 botol kecil, Kamu bisa menukarnya dengan uang sejumlah Rp7.000.

5. Biskuit Temma

Makanan khas Depok yang lain adalah biskuit Temma. Namanya memang cukup unik dan sulit untuk didefinisikan dari berbagai bahasa.

Ya, tentu saja karena Temma sendiri merupakan singkatan dari tepung tempe dan kurma. Seperti namanya, bahan dasar pembuatan biskuit ini adalah dari tepung kedelai dan juga kurma.

Tidak hanya lezat untuk dikonsumsi, Temma juga mengandung zat antioksidan dan protein sehingga bisa menambah energi. Selain itu, biskuit Temma juga mengandung vitamin A, vitamin C, zat besi, serta kalsium.

Harga jual rata-rata biskuit Temma di berbagai toko adalah Rp 17.000 untuk setiap kemasan dengan berat 100 gram.

6. Nastar Belimbing

Nastar merupakan kue yang biasanya ada setiap kali momen lebaran atau hari besar lainnya. Nastar berisikan selai nanas dengan balutan bahan kue yang empuk dan legit.

Namun, makanan khas Depok yang satu ini cukup berbeda karena menggunakan belimbing sebagai selainya.

Tentu saja, hal ini menjadikan nastar belimbing mempunyai cita rasa yang unik. Kamu bisa mendapatkan nastar belimbing di berbagai pusat oleh-oleh khas kota Depok.

7. Jus Rumput Laut

Selain jus belimbing, Kamu juga bisa menemukan jus lain yang tidak kalah unik. Ya, betul sekali, jus rumput laut sangat laris untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas Depok.

Jus rumput laut mempunyai rasa manis yang menyegarkan, terlebih kalau Kamu meminumnya sehabis dari kulkas.

Selain enak, jus rumput laut juga mempunyai beberapa khasiat bagi tubuh seperti menambah kadar antioksidan di dalam tubuh.

Antioksidan merupakan zat penangkal radikal bebas yang dapat membahayakan tubuh. Harga untuk 1 cup-nya adalah sekitar Rp7.000 saja.

8. Keripik Tempe

Tempe merupakan makanan yang paling merakyat di Indonesia. Hal ini dikarenakan harganya yang murah serta cita rasanya yang sesuai dengan lidah masyarakat.

Meskipun murah, tetapi tempe bisa menjadi makanan yang istimewa jika diolah menjadi keripik.

Keripik tempe khas Depok Ini dipotong super tipis, dibumbui, lalu digoreng dengan sajian cita rasa gurih dan membuat nagih.

Jika Kamu masih bingung ingin mencari oleh-oleh yang murah, awet, dan disukai, maka pilih saja keripik tempe. By the way, Kamu bisa dengan mudah menemukan keripik tempe di berbagai toko oleh-oleh sekitar Depok.

9. Kopi Herbal

Salah satu makanan khas Depok yang bisa Kamu jadikan oleh-oleh adalah kopi herbal. Selain memiliki cita rasa yang unik ini juga baik untuk menjaga kesehatan.

Terlebih, kopi ini tidak menggunakan gula sehingga aman untuk penderita diabetes. Kopi herbal biasanya dijual seharga Rp70.000 untuk satu pack yang berisikan 15 sachet murah sekali kan?

Jadi, kalau Kamu sedang menyambangi Kota Depok, jangan lupa catat beberapa makanan yang paling menarik buatmu. Selain itu, jangan lupa membelinya untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

Reply