Rekomendasi Makanan Khas Demak yang Membuat Nafsu Makan Berlipat

Nasi Brongkos Demak

image via hipwee.com

Demak adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki segudang cerita yang sangat menarik.

Daerah yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa ini memiliki cerita sejarah panjang, terutama berkaitan dengan masuknya Islam di Indonesia melalui para wali.

Ya, bukti sejarah tersebut masih ada hingga sekarang, yakni dengan masih berdirinya Masjid Agung Demak.

Karena cerita sejarah tersebut, Demak menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat menarik di Jawa Tengah.

Setiap musim liburan, Demak senantiasa penuh dengan pengunjung yang berasal dari daerah yang berbeda.

Nah, di samping sebagai destinasi wisata, Demak menyimpan keunikan lain yang perlu dilihat. Ya, keunikan tersebut adalah makanan khas Demak.

Untuk Kamu yang suka dengan wisata kuliner, Demak adalah salah satu daerah yang menawarkan banyak sajian kuliner khas dengan cita rasa yang sangat kaya dan menggugah selera.

Ragam Makanan Khas Demak yang Wajib Dicoba

Ada cukup banyak sajian khas yang tersedia di Demak. Tentu, adanya banyak makanan khas Demak tersebut akan membuat Kamu leluasa memilih mana makanan khas yang sesuai dengan selera,

Terutama untuk mewarnai kunjungan Kamu ke salah satu kabupaten yang terkenal di Jawa Tengah ini.

Lalu, apa saja makanan khas Demak yang wajib dicoba dan menawarkan cita rasa yang begitu kaya? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

1. Nasi Kropokhan

Salah satu menu khas yang bisa Kamu temukan di Demak adalah Nasi Kropokan. Nama sajian kuliner ini memang unik dan terasa asing, terutama untuk Kamu yang memang berasal dari Demak.

Keunikan nama inilah yang membuat menu kuliner ini menjadi buruan siapa saja yang berkunjung ke Demak untuk berlibur.

Konon, menurut cerita yang beredar, Nasi Kropokan dulunya adalah menu kesukaan dari Raja Demak. Nah, menu khas ini dibuat dengan olahan labu putih dan daging kerbau.

Nasi Kropokan dibuat dengan aneka bumbu rempah yang kaya dengan tambahan daun kedondong.

Campuran aneka bahan dan bumbu tersebut membuat sajian ini memiliki rasa yang asam, gurih dan dipercaya rendah kolesterol.

Hanya saja, saat ini Nasi Kropokan mulai agak susah ditemukan di daerah Demak.

2. Nasi Ndoreng

Menu khas lain yang bisa menjadi pilihan tepat saat berkunjung ke Demak adalah Nasi Ndoreng. Ini adalah sajian kuliner yang bisa dikatakan sangat terjangkau.

Konon, Nasi Ndoreng adalah menu kuliner rakyat jelata pada masa lalu. Nah, menu ini masih lestari hingga saat ini dan menjadi pilihan kuliner alternatif yang banyak dicari.

Dari sajiannya, Nasi Ndoreng termasuk kuliner yang bisa dikatakan sangat sederhana. Hal ini dikarenakan sajian kuliner ini hanya berupa nasi dan sayuran saja.

Namun, bumbu yang khas dan kaya akan rempah yang digunakan dalam pembuatannya membuat rasa Nasi Ndoreng begitu gurih dan nikmat.

Nah, biasanya, menu Nasi Ndoreng disajikan di acara Megengen yang diadakan di alun-alun Demak. Kamu bisa mendapatkan sajian ini dengan harga yang sangat terjangkau.

3. Nasi Brongkos

Nasi Brongkos menjadi makanan khas Demak selanjutnya yang bisa Kamu coba. Ini adalah salah satu sajian kuliner yang sangat menarik dengan cita rasa yang begitu kaya akan rempah dan tentu saja lezat.

Mungkin, Kamu sudah familiar dengan makanan ini karena Nasi Brongkos juga ditemukan di daerah lain selain Demak.

Nah, di Demak, menu ini disajikan dengan bahan yang relatif lebih lengkap.

Beberapa bahan yang digunakan untuk membuat menu ini adalah kacang merah, santan, kentang, buncis, serai, lengkuas, daun salam, minyak goreng dan lainnya.

Selain itu, ada tambahan daging sapi untuk menambah selera. Biasanya, Nasi Brongkos dijual di pasar-pasar tradisional yang ada di Demak. Menu ini sangat cocok untuk sajian makan siang ataupun makan malam.

4. Sop Balungan

Jika Kamu suka dengan sajian sop, maka Sop Balungan khas Demak ini sangat cocok dan wajib untuk Kamu coba.

Ya, Sop Balungan adalah makanan khas Demak yang sudah sangat terkenal dan digemari oleh lapisan masyarakat yang berbeda.

Seperti namanya, sajian kuliner ini merupakan olahan sop yang menggunakan tulang sebagai tambahan.

Awalnya, kuliner ini identik dengan soto kerbau. Namun, apa yang berbeda adalah soto kerbau menggunakan bagiannya, sementara kuliner ini menggunakan bahan tulang.

Namun, tentu, sop ini tidak menggunakan tulang saja, melainkan tulang dengan daging yang masih menempel. Apa yang menarik dari sajian kuliner ini adalah bumbu merica yang terasa pedasnya.

Untuk Kamu yang memang suka olahan dengan rasa rempah yang kental dan cenderung pedas, maka makanan khas Demak ini cocok untuk Kamu nikmati.

5. Asem Asem Daging

Pilihan lain untuk kuliner khas Demak yang menarik untuk dicoba adalah Asem Asem Daging. Ini adalah panganan khas yang banyak dicari karena menawarkan cita rasa yang unik, khas dan tentu saja menggugah selera.

Seperti namanya, olahan ini menawarkan rasa makanan yang cenderung asam dengan kuah yang menyegarkan.

Selain itu, Asem Asem Daging menggunakan daging sapi untuk main course yang diberikan. Tentu, daging ini dimasak sedemikian rupa hingga empuk dan terasa bumbu rempahnya.

Nah, Asem Asem Daging termasuk salah satu makanan khas Demak yang mudah dicari. Ada cukup banyak warung yang menawarkan sajian ini untuk Kamu kunjungi.

Demikian beberapa ulasan mengenai makanan khas Demak yang tentu bisa Kamu jadikan list untuk dicoba saat berkunjung ke Demak.

Beragam makanan khas ini akan membuat kunjungan Kamu ke Demak menjadi lebih menyenangkan!

Reply