Kamu Belum ke Cirebon, Kalau Belum Cicipi 10 Makanan Khas Cirebon Ini!

Nasi Jamblang Khas Cirebon

iImage via etnis.id

Indonesia adalah negara yang kaya dengan kuliner. Bahkan, bisa dibilang, tiap daerah mempunyai makanan khasnya masing-masing.

Termasuk juga untuk sebuah kota di Jawa Barat yang terkenal akan terasi udangnya. Ya, kota mana lagi kalau bukan Cirebon.

Makanan khas Cirebon, Asli Enak

Berbagai kuliner unik bisa Kamu temukan di kota ini. Keunikan dari setiap panganannya bahkan tidak akan Kamu temukan di tempat lain. So, penasaran apa saja kah? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini. Check these out!

1. Nasi Jamblang

Orang Indonesia sih, paling doyan dengan olahan nasi. Salah satu panganan dari Cirebon yang khas dan melegenda adalah nasi jamblang.

So, buat yang belum merasa makan kalau belum memasukkan nasi ke perut, wajib banget mencicipi panganan ini di Cirebon.

Berbeda dengan nasi pada umumnya, sego jambalng terdiri atas nasi putih yang diberi lauk aneka ragam. Yang paling unik dari makanan ini adalah alas piringnya yang berupa daun jati.

Nah, kalau Kamu sedang di Cirebon, silakan datang ke kedai yang paling terkenal akan nasi jamblangnya yang enak yakni Nasi Jamblang Bu Nur di Jalan Cangkring II, Cirebon.

2. Tahu Gejrot khas Cirebon

Ini nih, makanan yang paling bikin ngiler dari Cirebon. Terutama buat penggila pedas. Tahu gejrot memang bisa dengan mudah ditemui di berbagai kota. Tetapi, tidak lengkap rasanya kalau belum mencoba yang dari kota asalnya.

Tahu gejrot Cirebon ini terbuat dari tahu goreng yang diberi bumbu yang mentah dengan campuran ragam bumbu seperti bawang putih, gula merah, serta bawang merah yang ditumbuk. Pokoknya rasanya nendang abis!

3. Nasi Lengko

Nasi Lengko adalah makanan khas yang cukup sederhana. Soalnya, Cuma terdiri dari nasi putih, tahu goreng, taoge rebus, dan juga mentimun cacah.

Bahan-bahan tersebut disiram dengan bumbu kacang, kecap, serta taburan bawang goreng dan daun kucai. Bahan-bahannya memang terdiri dari non-vegan semua. Namun, soal rasa, jangan ditanya mantapnya, deh!

4. Empal Gentong

Kalau dilihat sekilas sih, makanan ini mirip banget sama gulai. Soalnya, kuah santannya berwarna kuning kecokelatan. Nah, yang paling menarik dari empal gentong adalah proses pengolahannya.

Ya, tidak biasa, empal gentong diolah menggunakan periuk tanah liat. Selain itu, empal gentong juga diolah dengan kayu bakar yang berasal dari pohon mangga. Sehingga, makanan ini menghasilkan aroma wangi yang khas.

Satu porsi empal gentong yang terdiri atas daging sapi dan jeroan dibenderol dengan harga yang cukup murah. butuh rekomendasi tempat makan yang legendaris?

Oke! Silakan Kamu sambangi Jalan Slamet Riyadi Nomor 5, Kesenden, Kejaksan, Cirebon, Jawa Barat dengan nama rumah makan Empal Gentong Krucuk.

5. Bubur Sup Ayam

Jika biasanya bubur ayam disajikan tanpa kuah atau berkuah sedikit. Maka lain lagi dengan makanan khas Cirebon yang satu ini.

Pasalnya, kuliner ini memadukan bubur dengan kuah sup ayam yang melimpah dan bercita rasa gurih.

Jika Anda menyambangi Cirebon, mampirlah sebentar ke Bubur Sop Ayam Mang Kapi yang ada di Jalan Tentara Pelajar No. 26, Cirebon.

Kedai ini adalah bubur sop ayam yang paling terkenal karena sudah berdiri sejak 1980.

6. Mie Koclok

Kalau mie yang satu ini dijamin tidak bisa Kamu temukan selain di Cirebon. Soalnya, mie koclok diolah dengan cara yang unik.

Mie ini terdiri dari telur, taoge, ayam suwir, dan disiram dengan kuah berwarna putih di atasnya.

Kalau sekilas, memang mie koclok terkesan berwarna pucat. Namun, soal rasa, mie koclok gurih dan mirip kari. Endeuss pokoknya.

7. Docang

Nama Docang diambil dari singkatan bodo yang berarti baceman oncom dage serta kacang hijau alias toge.

Dua bahan tersebut dipadukan dengan daun singkong, lontong, kerupuk, dan juga parutan kelapa.

Makanan ini ikut serta dalam menyumbang kekayaan kuliner nusantara yang super lezat.

8. Kue Tapel

Bisa dibilang, Kue Tapel ini adalah lekker-nya orang Cirebon. Sudah ada sejak zaman dahulu, ternyata, Kue Tapel masih eksis sampai saat ini.

Jika dilihat, maka Kue Tapel mirip dengan lekker. Namun, ada sejumlah perbedaan di mana kue dibuat di atas wajan besar lalu dipenyet.

Adonan kue ini adalah campuran kelapa dengan isian pisang serta gula merah.

9. Gado-Gado Ayam

Jika biasanya, gado-gado merupakan sajian aneka sayur dengan kuah kacang. Maka, gado-gado yang berasal dari Cirebon ini sedikit berbeda.

Yang mana terdiri atas ragam sayur mayur seperti kentang, tahu, mentimun, toge, serta telur yang dipotong dan disiram menggunakan saus kacang dan kuah kari ayam.

10. Sate Kalong

Jangan curiga dulu, ini bukan makanan ekstrem yang terbuat dari daging kelelawar, kok! Justru makanan ini terbuat dari daging kerbau.

Terus apa hubungannya dengan kalong? Usut punya usut, penjual sate biasanya membuka lapaknya menjelang malam hingga dini hari.

..

So, sudah bisa menyimpulkan kan? Nah, rasa sate kalong ini tentu saja berbeda dengan sate kambing ataupun sate ayam.

Sebab, daging kerbau mempunyai tekstur yang lebih empuk dan mantap. Jangan lupa tambahkan bumbu pelengkap untuk menyempurnakan rasa, ya! Tertarik untuk mencobanya?

Nah, itu dia 10 makanan khas Cirebon yang bisa Kamu cicipi ketika datang ke Cirebon. Mana yang paling menarik menurut Kamu? Entong Gempal, bubur sop ayam, docang, atau sate kalong?

Yang pasti, semua kuliner ini dijamin dapat menggoyang lidahmu, deh! Kamu juga akan ketagihan untuk datang ke Cirebon lagi dan lagi.

Reply