9 Makanan Khas Cimahi yang Paling Difavoritkan Wisatawan

Kue Semprong khas Cimahi

image via http://kucingputeh.blogspot.com

Membahas tentang Cimahi memang tidak pernah ada habisnya. Bukan hanya tempatnya saja yang super keren. Kota Cimahi juga memiliki sejumlah kuliner yang patut untuk dicicipi.

Makanan khas Cimahi beragam banget serta memiliki cita rasa yang enak.

Tidak hanya itu, aneka makanan ini memiliki harga yang relatif mudah untuk dijangkau oleh dompet-dompet tipis. Jadi, Kamu tidak usah takut berburu ragam kuliner yang bikin dompet tersenyum selalu.

Waduh, jadi ngiler kan? So, ingin tahu secara lengkap? Yuk, simak informasinya di bawah ini.

1. Makanan Khas Cimahi: Keripik Daun Singkong

Kalau keripik bayam sih, sudah banyak. Ini dong yang anti-mainstream. Yup, keripik daun singkong! Di mana lagi coba kalau bukan di Cimahi.

Sebenarnya, makanan khas Cirebon ini mudah ditemui di pedesaan. Namun, sekarang sudah menjadi ikon kuliner berupa camilan di Cimahi.

Cara membuat keripik daun singkong ini adalah dengan memetik daun singkong, lalu dicampurkan dengan adonan tepung beras, bumbu, penyedap rasa, telur, dan sebagainya.

Jika sudah, maka daun singkong dimasukkan ke dalam adonan. Jika sudah, maka daun singkong digoreng melebar. Gorengan ini memiliki cita rasa yang renyah. Kriuknya nampol habis, deh!

2. Makanan Khas Cimahi: Kue Semprong

Jajanan jadul khas Cimahi ini sudah ada sejak zaman dahulu kala. Meskipun pada dasarnya, makanan ini sudah banyak ditemukan di berbagai daerah, tetapi, sebenarnya makanan ini berasal dari daerah Jawa Barat, terutama Cimahi.

Kue Semprong mudah untuk ditemui pada acara pesta pernikahan. Sedangkan pada zaman dahulu, kue semprong hanya ada saat lebaran saja.

Pasalnya, pembuatan semprong terbilang sulit. Namun, banyak juga saat ini industri rumah tangga yang membuatnya. Makanan ini mempunyai cita rasa yang manis gurih karena dibuat dari gula merah.

Makanan ini membutuhkan kesabaran ekstra untuk membuatnya. Bentuknya yang tipis serta dilipat-lipat membutuhkan keuletan tersendiri.

Kue semprong cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh bagi keluarga di rumah.

3. Makanan Khas Cimahi: Saung Ambu Cimahi

Kamu bisa juga menemukan berbagai makanan khas CImahi di tempat ini. Bukan hanya makanannya saja yang terkenal enak.

Konsep dari tempat makan ini juga cukup unik. Yang mana warung berukuran kecil serta masih sangat tradisional.

Banyak juga pemuda yang nongkrong di tempat yang dalam bahasa Sunda berarti Musopla atau tempat kecil untuk mengaji.

Untuk menu makanannya sendiri, Saung Ambu menawarkan berbagai pilihan, kurang lebih ada 10 jenis makanan dan 10 jenis minuman.

Tertarik untuk mencobanya? silakan Kamu datang saja ke Jalan Permana Timur Nomor 5 (lima).

4. Makanan Khas Cimahi: Kue Balok

Makanan yang satu ini tergolong berbentuk sederhana. Meski begitu, soal rasa tentu saja enak dan lembut. Ada beberapa varian rasa yang tersedia.

Makanan ini cukup banyak peminatnya. Jika Kamu termasuk salah satunya, sok atuh, datang ke Jalan Jenderal Sudirman yang lokasinya dekat dengan SMP N 2 Cimahi.

5. Makanan Khas Cimahi: Warung Makan Sadulur Cimahi

Satu lagi warung makan yang menawarkan makanan khas CImahi. Tentunya warung ini sangat menarik untuk para pembeli.

Sebab, konsep warungnya unik dan menarik. Lokasi dari warung makan ini ada di Jalan Kolonel Mastur Nomor 9.

Menu andalan di Warung Makan Sadulur Cimahi ini adalah ayam bakar dan sambal yang khas. Perpaduan rasanya ayam goreng dan sambalnya terasa maknyus!

6. Makanan Khas Cimahi: di Kafe Kupu-Kupu

Lokasi dari Kafe Kupu-Kupu ini ada di Jalan Kolonel Masturi KM 3. Tempat kuliner ini memiliki lokasi yang strategis dan paling cocok untuk hang out dengan keluarga.

Apabila Kamu masuk ke ruangan di lantai 2, maka akan menyaksikan kota Cimahi yang keren abis. Soal harga, terjangkau kok!

Sehingga, cocok untuk kalangan misqueen. Hmm, intinya, kafe ini highly recommended untuk liburan bersama dengan keluarga.

7. Pusat Wisata Kuliner Cimahi: Warung Makan Ampera Cibabat

Ingin merasakan makanan khas Cimahi yang disajikan secara tradisional? Silakan menyantapnya di Ampera CIbabat Cimahi.

Yang paling unik dari tempat ini adalah penyajian makanan yang menggunakan penjalin yang dialasi dengan daun pisang. Sementara minumannya diwadahi tempat yang terbuat dari tanah liat.

Pastinya dengan menggunakan wadah tradisional membuat rasanya semakin lezat.

8. Kedai Bakso Pak Trisno

Siapa sih, orang Indonesia yang tidak suka dengan bakso? Nah, kalau Kamu sedang di Cimahi dan ingin mengonsumsi bakso yang rasanya enak, silakan mampir ke Kedai Bakso Pak Trisno.

Alamat kedai ini ada di Jalan Baros Komplek 163. Tempat makanan khas Cimahi ini selalu ramai diserbu pengunjung.

Hal ini dikarenakan bakso yang rasanya gurih dan enak. Lokasinya sendiri sangat strategis karena ada di pinggir jalan.

Bukan cuma menyediakan bakso saja, kedai ini juga menawarkan Mie Yamin, Mie Baso Kuah, Soun, dan sebagainya.

Harga setiap menunya dibanderol mulai dari Rp 10.000,- hingga Rp 20.000,-. Kalau haus tinggal pesan es campur yang segar.

9. Restoran Gokana Ramen Teppan Cimahi

Di restoran ini, Kamu bisa memesan berbagai macam makanan khas Cimahi yang menggoda selera. Alamat restoran ini ada di Cimahi Mall, lantai 1 Jalan Sriwijaya No. 97.

Salah satu menu andalannya adalah ramen, meskipun bukan makanan Indonesia, tetapi makanan a la Jepang ini masih fresh dan halal dikonsumsi.

Ramen yang paling direkomendasikan adalah Tempura Hot Ramen yang merupakan kombinasi antara udang tempura dengan mie ramen yang pedasnya nampol. Perpaduan rasanya membuat lidah ingin mengunyah terus.

Itulah 9 makanan khas Cimahi yang wajib dicicipi saat mengunjunginya. So, buruan catat di list itinerary Kamu yang akan berlibur ke daerah ini.

Reply