7 Makanan Khas Cilegon yang Wajib Traveler Coba!

Sate Bandeng Makanan Khas Cilegon

image via kompas.com

Berbicara tentang wisata, tentu tak akan lepas dengan wisata kuliner. Yaps, salah satunya jika mengunjungi kota Cilegon.

Makanan Khas Cilegon yang Bikin Ngiler

Sama halnya dengan kota besar lainnya di Indonesia, salah satu kota di Banten ini menyediakan beragam makanan khas yang sayang untuk dilewatkan.

Apa saja makanan khas cilegon yang wajib Kamu coba? Ini dia jawabannya!

1. Sate Bandeng, Beda Dengan Olahan Bandeng Lainnya

Eits, sate bandeng khas cilegon ini tentu berbeda dengan bandeng cabut duri khas Sidoarjo atau bahkan bandeng presto milik Semarang.

Dimana untuk makanan khas Cilegon ini ikan bandengnya telah dipisahkan dengan durinya, kemudian dagingnya itu ditumbuk dan ditambahkan dengan beragam bumbu lezatnya.

Setelah ikan bandeng dihilangkan durinya dan ditumbuk, kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu, seperti ketumbar, bawang putih, bawang merah, gula merah, jinten, garam dan tak ketinggalan dan paling penting adalah parutan kelapa yang belum tua.

Setelah adonan terbentuk, adonan akan dibungkus daun pisang dengan bentuk memanjang, kemudian dibakar hingga matang, yaps Kamu bisa menyebutnya seperti pepes.

Harus Kamu ketahui, cara memasak seperti ini telah dilakukan sejak zaman Kesultanan Banten, dimana tujuannya agar dapat menikmati daging bandeng secara lebih nikmat dan mudah.

2. Rabeg, Si Semur yang Lebih Lezat

Tak kalah lezat dengan sate bandeng, makanan khas Cilegon yang satu ini juga harus Kamu coba. Secara umum, Rabeg hampir mirip dengan semur, sebab dimasak dengan kuah kental.

Sedangkan untuk bahan dasarnya adalah, daging kambing atau sapi yang dicampur dengan jeroan.

Kuahnya tentu dimasak dengan tambahan rempah-rempah komplit yang akan membuat rasanya semakin nikmat nan lezat.

Selain demikian, masyarakat Cilegon biasanya menyantap Rabeg bersama nasi uduk yang akan membuat rasanya semakin mantap.

Sebagai pengetahuan, bahwa kuliner khas Cilegon ini telah ada sejak zaman dulu, namun hanya disajikan ketika ada acara tertentu, misalnya pernikahan.

Bahkan, Rabeg menjadi makanan favorit pemimpin kesultanan Banten, yakni sultan Hasanuddin.

3. Sate Bebek Cibeber, Tidak Amis Sama Sekali

Ada sate bandeng, di Cilegon juga ada sate bebek cibeber. Apa yang beda dari sate biasanya? Bila biasanya sate dibuat menggunakan daging kambing, sapi atau ayam, maka kali ini menggunakan daging bebek.

Nah, bumbu yang digunakan pun menggunakan bumbu panggang khas Cibeber, sehingga rasanya lebih lezat nan nikmat, namun cenderung manis.

Bila Kamu berpikir sate bebek akan memiliki bau amis khas, maka Kamu salah besar. Sebab dengan racikan bumbu khas dan diolah secara benar, Kamu tak akan merasakan bau amis sama sekali.

So, rasanya akan sangat enak dan lezat.

4. Kue Jipang, Paduan Berbagai Macam Rasa

Bagi Kamu yang suka jajanan manis, maka Kue Gipang layak untuk dicoba. Bagaimana tidak, kue yang satu ini memiliki rasa yang manis, renyah dan agak lengket sebagai khasnya.

Dimana rasa manis dan lengket tersebut dihasilkan dari ketan yang dicampur air gula.

Tak hanya itu saja, terdapat aneka untuk Kamu pilih, selain rasa gula merah, juga ada rasa pandan dan varian rasa lainnya yang lezat dan nikmat.

Untuk makanan khas Cilegon yang satu ini, tentu selain bisa dinikmati secara langsung di kotanya, juga bisa Kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Dan untuk ketahanannya bisa sampai 1 minggu lho!

5. Kue Ketan Bintul, Kue Lezatnya Cilegon

Selain kue Jipang, Cilegon juga memiliki kue ketan bintul yang rasanya berbeda dari kue-kue lainnya, dan dijamin Kamu pasti akan ketagihan.

Nah, untuk tampilannya, memang sama seperti kue ketan biasanya, namun untuk kue yang satu ini ditambah dengan topping serundeng atau parutan kelapa yang digoreng terlebih dahulu.

Sedangkan untuk penyajiannya, menggunakan daun pisang agar aroma khasnya semakin keluar.

Perlu traveler ketahui pula, bahwa kue ketan bintul ini wajib ada ketika puasa, sebab dijadikan takjil wajib oleh masyarakat Cilegon, khususnya wilayah Serang.

Penasaran dengan rasanya? Tenang, sebab Kamu bisa menemukan kue ini di berbagai penjual jajanan

6. Kerupuk Dapros, Susah Bikinya

Apa itu kerupuk dapros? Jika Kamu sejauh ini hanya mengenal kerupuk terasi, kerupuk udang atau kerupuk-kerupuk lainnya, maka main Kamu belum terlalu jauh.

Nah, makanan khas Cilegon yang satu ini merupakan kerupuk yang dibuat dari tepung terigu seperti halnya kerupuk lainnya.

Namun harus Kamu tahu, bahwa tak semua orang bisa membuatnya, sebab olahan yang satu ini identik dengan bentuk unik yakni menyerupai bunga mekar.

Perlu dipahami pula, bahwa kuliner khas Cilegon yang satu ini juga wajib ada ketika bulan puasa, sebab dijadikan sebagai pemantap makan.

So, Kamu  bisa membawa kerupuk dapros ini pulang untuk dijadikan oleh-oleh.

7. Ayam Bekakak Kranggot, Lebih Lezat Dari Ayam Bakar Biasa

Dari namanya saja, sudah terlihat bahwa makanan khas Cilegon yang satu ini terlihat sangat unik.

Nah, secara umum Ayam Bekakak Kranggot memiliki bentuk yang sama seperti ayam bakar lainnya.

Yang membedakan ialah bumbu yang digunakan, tentunya bumbu khas Banten yang berbeda dengan wilayah lainnya.

Selain demikian, ayam yang digunakan adalah Ayam Bekakak sehingga rasanya jauh berbeda dengan di daerah lainnya.

Sedangkan untuk tekstur rasanya, kuliner khas Cilegon ini memiliki rasa yang agak manis namun juga agak pedas, sehingga rasanya lebih lezat.

So, bagi Kamu yang berkunjung ke Cilegon, pastikan coba menu makanan yang satu ini.

Makanan-makanan Cilegon demikian tentu bikin ngiler siapa saja yang melihatnya, apalagi makanan tersebut juga tak bisa ditemukan di daerah lainnya,

Sebab menggunakan bumbu dan pengolahan yang khas. Jadi, Bagi Kamu yang mampir ke kota Cilegon, wajib coba makanan lezat tersebut ya.

Reply