5 Makanan Camilan Khas Cilacap Enak yang Wajib Kamu Coba

Gembus Cilacap

image via http://www.masakandapurku.com

Cilacap adalah salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten yang dekat dengan pesisir pantai selatan ini menjadi salah satu destinasi wisata alternatif di Jawa Tengah.

Hal ini dikarenakan ada beberapa pantai yang menarik di Cilacap dan juga beberapa tempat wisata lain yang tentu saja cocok untuk menu liburan bersama dengan keluarga.

Selain adanya beberapa destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, ternyata Cilacap memiliki sajian kuliner yang cukup menggiurkan.

Ya, ada cukup banyak makanan khas Cilacap yang tersedia dan bisa Kamu temukan. Tentu, banyaknya sajian kuliner ini akan membuat Kamu yang suka berburu kuliner seakan mendapatkan keleluasaan memilih.

Ya, Cilacap memang memiliki beberapa makanan khas yang menjadikannya sebagai salah satu pusat kuliner di Jawa Tengah.

Nah, penasaran dengan apa saja makanan khas yang ada di Cilacap dan cocok untuk dicoba? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Ragam Makanan Khas Cilacap yang Menggugah Selera

Sebagaimana disinggung di awal, ada cukup banyak sajian kuliner khas Cilacap yang menarik untuk dicoba.

Adanya banyak makanan khas Cilacap ini tentu saja akan sangat menggugah selera, terutama untuk para pecinta kuliner.

Nah, adapun ragam kuliner khas Cilacap yang bisa Kamu coba saat berkunjung ke daerah ini adalah sebagai berikut:

1. Thempleng

Apakah Kamu pernah mendengar sajian kuliner yang satu ini? Ya, thempleng adalah salah satu sajian kuliner khas di Cilacap yang cukup terkenal di berbagai kalangan.

Jika dicermati, maka makanan ini sebenarnya sama saja dengan rempeyek di daerah lain. Hanya saja, panganan ini disebut thempleng saat di Cilacap.

Untuk pembuatannya, thempleng dibuat dengan bahan dasar tepung beras yang kemudian dicampur dengan aneka bumbu.

Nah, thempleng asal Cilacap ini memiliki beberapa variasi topping yang berbeda. Beberapa thempleng dibuat dengan topping kacang, kedelai, teri, kacang hijau dan juga rebon.

Kamu yang ingin mencicipi thempleng tidak perlu bingung di mana mencarinya. Di warung-warung di daerah Cilacap, thempleng sangat mudah ditemukan dengan harga yang tentu saja terjangkau.

2. Lanthing

Jajanan khas Cilacap lainnya yang cocok untuk Kamu coba sebagai camilan di rumah adalah lanthing. Ya, ini adalah panganan khas yang sangat diburu di Cilacap bahkan juga terkenal di beberapa daerah lainnya.

Menikmati lanthing sambil bersantai dan menikmati segelas kopi merupakan salah satu hal yang menyenangkan untuk dicoba.

Nah, panganan khas ini dibuat dengan bahan dasar singkong. Singkong pilihan tersebut dibersihkan dan kemudian digiling hingga halus.

Setelah ditambahkan dengan tepung dan bumbu, adonan lanthing kemudian dibentuk dengan menyerupai angka 8. Panganan ini kemudian di goreng hingga kering.

Tampilan panganan ini cukup sederhana dan menarik dengan warna merah dan putih. Selain itu, rasa lanthing sangat gurih dan tentu saja renyah.

3. Mendoan

Siapa yang tidak kenal dengan panganan yang satu ini? Ya, mendoan bisa dikatakan merupakan salah satu panganan yang sudah menjadi legenda dan sangat sering disajikan dalam berbagai kesempatan yang berbeda.

Namun, siapa sangka, panganan ini juga masuk dalam salah satu makanan khas Cilacap yang wajib Kamu coba.

Secara umum, mendoan yang ada di Cilacap memiliki tampilan dan bahan yang sama dengan mendoan yang Kamu temukan di daerah lain.

Namun, menariknya, mendoan di Cilacap memiliki ukuran yang cenderung lebar dan besar. Hal ini dikarenakan mendoan dibuat dengan tempe yang memang diproduksi untuk membuat mendoan.

Selain itu, mendoan dibalut dengan tepung yang diberi tambahan bumbu dan irisan daun bawang yang banyak.

Mendoan tersebut kemudian digoreng setengah matang dan disajikan dengan sambal kecap yang pedas.

4. Gembus

Ketika pertama mendengar nama panganan ini, mungkin bayangan yang muncul adalah tempe gembus yang dibuat dari sisa pembuatan tahu.

Namun, ternyata, gembus yang ada di Cilacap bukan gembus tempe yang seperti Kamu bayangkan.

Nah, gembus adalah salah satu makanan khas Cilacap yang sangat menarik untuk dicoba. Panganan ini seringkali disebut sebagai donat Jawa.

Dalam pembuatannya, bahan utama yang digunakan adalah singkong yang diolah dengan beberapa proses. Selanjutnya, singkong tersebut dibentuk seperti bentuk donat dan kemudian di goreng.

Berbeda dengan donat yang diberikan topping messes atau gula halus, gembus tidak ditambahkan apa-apa.

Rasa panganan ini sangat gurih dan bisa dijadikan alternatif camilan yang mengenyangkan.

5. Sale Pisang

Sale pisang atau seringkali disebut pisang sale adalah makanan khas Cilacap yang juga sangat terkenal. Ini adalah panganan yang menjadi ikon di Cilacap dan biasanya dijadikan panganan oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Seperti namanya, bahan dasar pembuatan panganan ini adalah pisang yang sudah matang.

Nah, menariknya, sale pisang yang dibuat di Cilacap menggunakan bahan dasar pisang raja yang memiliki ukuran yang lebih besar.

Selain itu, pisang tersebut diproses dengan aneka bumbu yang membuat cita rasa sale pisang menjadi lebih lezat.

Kamu yang suka dengan olahan pisang dan panganan yang cenderung manis tentu sangat cocok untuk menyantap panganan yang satu ini.

Nah, di Cilacap, ada banyak toko yang menjual makanan ini dengan harga yang terjangkau.

Nah, demikian aneka makanan khas Cilacap yang bisa Kamu temukan saat berada di daerah ini. Tentu, berburu makanan khas setelah berwisata ke berbagai destinasi wisata di Cilacap adalah ide yang menyenangkan untuk dilakukan bersama dengan keluarga tercinta.

Selamat mencoba beragam sajian kuliner Cilacap yang menarik!

Reply