9 Makanan Khas Cianjur Super Unik dan Lezat

Laksa Cianjur

image via https://7terbaik.com

Setiap berkunjung ke sebuah daerah, hal penting yang tak boleh Kamu lewatkan adalah mencicipi makanan khasnya. Dimana setiap daerah memiliki makanan khas dengan cita rasa dan keunikannya masing-masing.

Termasuk Cianjur, kabupaten yang masuk dalam provinsi Jawa Barat ini pun memiliki beragam makanan khas yang siap menggoyang lidahmu.

Jenis makanan khas Cianjur pun cukup beragam, mulai dari cemilan manis, cemilan gurih, makanan berat dan masih banyak lainnya.

Makanan Khas Cianjur

Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi makanan khas dari Cianjur yang wajib Kamu coba dan bawa untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

1. Laksa Cianjur

Jika Kamu sudah terbiasa dengan Laksa Singapore yang banyak dijual di Mall-mall? Tapi sudahkah Kamu mencoba laksa Cianjur ini?

Dari segi rasa pastinya tak kalah menggoda. Dengan berbagai rempah khas Indonesia, makanan berkuah kuning ini memang sangat menggugah selera.

Dengan campuran berbagai bahan tambahan seperti tauge, soun, rebusan telur dan bahan pelengkap lain, laksa paling cocok disantap dalam keadaan hangat.

Buat Kamu yang hobi pedas juga bisa menambahkan sambal lho.

2. Pasmol Kembung Cianjur

Dari nama makanannya saja mungkin Kamu sudah bisa menebak bahan dasar makanan khas ini. Ya, pasmol kembung merupakan salah satu olahan ikan kembung yang dimasak dengan cabai dan santan serta bumbu kuning.

Cara pembuatannya sendiri sebenarnya sangat simple. Pertama-tama siapkan ikan kembung yang sudah dibersihkan, kemudian siapkan daun salam dan beberapa bumbu halus.

Masak ikan bersama bumbu yang telah disiapkan dan masukkan wortel yang dipotong korek bersama cabai rawit yang tak dipotong.

Masak ikan bersama santan dan tunggu sampai semua bahan matang. Sajikan bersama nasi putih hangat.

3. Geco Makanan Khas Cianjur

Kamu mungkin sedikit asing dengan makanan ini. Geco adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar tauco dan tauge, sehingga namanya disingkat menjadi Geco.

Secara pengolahannya, sajian ini hampir menyerupai kulpat tahu, dimana Kamu menggunakan bumbu kacang sebagai perasanya.

Tapi begitu mencicipi rasanya, Geco memiliki rasa yang lebih unik dibandingkan kupat tahu.

Paduan tauco dan saos kacang serta bahan-bahan lainnya menjadikan makanan ini tak hanya manis tapi juga ada gurih alaminya dari sari tauco.

Daerah yang terkenal dengan Geco enaknya antara lain ada di Jalan Siti Jenab.

4. Roti Tan Keng Cu Cianjur

Bagi penyuka roti, Kamu wajib coba makanan khas dari Cianjur satu ini. Roti Tan Keng Cu Cianjur sebenarnya tak jauh berbeda dengan roti manis pada umumnya.

Tapi yang menarik dari roti ini adalah proses pembuatannya yang dibakar menggunakan batu bara.

Penggunaan bahan bakar ini mampu menghasilkan roti yang empuk dan memiliki aroma lebih harum.

Sekarang ini para produsen Roti Tan Keng Cu Cianjur sudah banyak menggunakan bahan varian untuk memberi pilihan rasa yang lebih beragam.

5. Kentang Stick Cianjur

Siapa sih yang tak suka stik kencang? Tampaknya semua orang pasti menyukai cemilan gurih ini deh!

Cemilan renyah dan gurih ini memang paling cocok menjadi teman nonton TV atau sekedar bersantai menikmati sore.

Biasanya kentang stick Cianjur ini banyak dijadikan sebagai oleh-oleh khas Cianjur. Selain rasanya yang lezat, sifat snack yang kering juga menjadikannya lebih aman jika dibawa bepergian jauh.

Kamu bisa mendapatkan kentang stick Cianjur ini di daerah jalan Yulius Usman, Cianjur.

6. Bubur Cianjur

Lho hanya bubur saja? Lalu apa yang menarik dari makanan khas ini? Eits jangan salah sangka dulu. Bubur Cianjur ini bukan sekedar bubur yang dimasak dengan santan sehingga menghasilkan rasa gurih.

Kamu juga akan mendapati potongan ampela ayam dan usus sebagai lauk pelengkap bubur. Kuah kuning juga tak akan terlupakan pada makanan yang banyak dijadikan sebagai menu sarapan ini.

Dengan tambahan kecap asin dan kerupuk udang, dijamin bubur Cianjur makin nikmat.

7. Sate Maranggi Cianjur

Selanjutnya ada sate Maranggi cianjur, kuliner malam yang banyak dijual di perbatasan Bogor dan Cianjur.

Meskipun memiliki bahan dasar yang sama dengan sate lainnya, yakni dari ayam, kambing atau sapi. Tapi penggunaan bumbu pada sate Maranggi membuatnya terasa lebih istimewa.

Sebelum dibakar, daging terlebih dahulu dibacem dengan bumbu sehingga cita rasanya lebih terasa.

Selanjutnya, daging dipanggang dengan bara api sampai empuk dan tidak terasa alot ketika dimakan. Harga makanan dengan bumbu kacang ini pun relatif murah, yakni sekitar 2.500 per tusuknya.

8. Batagor Cianjur

Jika biasanya yang Kamu jumpai dari pedagang kaki lima adalah batagor Bandung, di Cianjur Kamu bisa mencicipi batagor Cianjur.

Sebenarnya tak ada perbedaan yang begitu mencolok pada batagor Bandung dan Cianjur. Akan tetapi untuk batagor Cianjur biasanya menggunakan acar sebagai tambahannya.

Sehingga rasa yang dihasilkan bukan hanya gurih dari batagor dan kuah kacangnya, serta manis dari kecapnya, tapi juga sedikit asam dari acarnya.

Makanan ini juga banyak dijual di pinggir jalan, pastinya dengan harga yang merakyat.

9. Tauco

Yang terakhir ada Tauco yakni makanan yang terbuat dari kacang-kacangan. Di Cianjur sendiri produsen tauco yang cukup terkenal ada Nyonya Tasma atau yang lebih dikenal dengan merk Tauco cap Meong.

Untuk satu botol tauco Cap Meong ini Kamu bisa membelinya dengan harga Rp. 15.000 saja.

Lokasi jualannya sendiri ada di Jalan HOS Cokrominoto, dan bersiap untuk mengantri yak arena tempat ini akan selalu ramai terutama saat liburan.

Selain 9 makanan lezat di atas, Cianjur juga masih punya segudang makanan khas lain yang tak kalah lezat dan menggodanya.

Reply