9 Rekomendasi Makanan Khas Ciamis untuk Oleh-Oleh

Galendo Ciamis

image via tempo

Apa sih yang paling Kamu buru jika berlibur atau datang ke sebuah daerah? Tempat wisatanya, panorama alamnya? Atau mungkin sebagian dari kalian justru lebih memikirkan kuliner khasnya?

Ya, tak dapat dipungkiri memang liburan atau datang ke sebuah daerah belum lengkap rasanya jika belum mencicipi makanan khasnya.

Dengan segala keunikan dan keanekaragamannya, lidahmu akan dibuat puas menikmati sajian lezat tersebut.

Seperti jika Kamu datang ke Ciamis, daerah yang secara geografis masih termasuk kawasan Provinsi Jawa Barat ini menawarkan berbagai makanan lezat yang siap memanjakan hasrat para pemburu kuliner.

Makanan Khas Ciamis

Beberapa makanan dari Ciamis ini juga sangat cocok buat Kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh karena sifatnya yang kering dan tahan lama.

Yuk langsung saja simak beberapa makanan khas Ciamis yang wajib Kamu coba.

1. Galendo

Galendo merupakan produk makanan yang terbuat dari sari santan kelapa ata pat kelapa. Proses pengolahanya ialah dengan cara direbus sampai membentuk minyak.

Minyak yang muncul ini disebut dengan minyak kelapa, sedangkan endapan di bawahnya yang akan diolah menjadi galendo.

Setelah proses pengambilan minyak, sari kelapa akan masuk pada proses selanjutnya, yaitu press untuk menghilangkan kandungan minyaknya.

Setelah menjadi sajian kering barulah galendo dikemas dan dijajakan di toko-toko oleh-oleh khas Cianmis.

Sekarang ini Kamu bukan hanya bisa menikmati galendo rasa original lho, tapi ada banyak varian rasa lain seperti strawberry, apel, susu dan juga coklat.

2. Sale Pisang

Banyaknya petani pisang di daerah Ciamis menjadikan masyarakat setempat harus berpikir untuk mengolah pisang-pisang tersebut menjadi makanan yang memiliki nilai jual lebih tinggi.

Salah satu olahan yang paling banyak diproduksi adalah sale pisang. Makanan berasa manis yang terbuat dari pisang matang ini bahkan sudah bisa tembus ke pasar ekspor lho, yakni tepatnya sejak tahun 2009 lalu.

Sebenarnya, di Ciamis sendiri produsen sale pisang kebanyakan merupakan produsen rumahan, namun dengan jumlah yang cukup banyak sehingga produksi sale pisang dari daerah ini besar.

3. Pindang Gunung

Sembari menikmati indahnya langit sore Ciamis, memang paling cocok ditemani dengan pindang gunung yang disajikan bersama nasi putih hangat dan segelas jeruk panas.

Olahan ikan berkuah ini memiliki sensasi rasa pedas dan asam.

Biasanya jenis ikan yang digunakan oleh sajian pindang gunung adalah ikan kakap merah, ikan mangmung, tongkol dan lain sebagainya.

Pengolahannya pun cukup sederhana, yakni dengan memasukkan ikan pada panci yang telah diberi air dan bumbu seperti cabe, kemiri, jahe, garam terasi dan lain-lain.

Tunggu sampai ikan matang dan angkat.

4. Mie Golosor

Selanjutnya ada mie golosor, sebuah kuliner lezat yang memiliki nama cukup unik. Penggunaan nama golosor sendiri berasal dariĀ  mie-nya yang mudah diseruput, sehingga terkesan licin di lidah (gelosor).

Jenis mie yang digunakan sendiri adalah mie kuning dengan ukuran yang lebih besar dibanding mie biasanya.

Teksturnya licin dan lembut, yang mana bahan pembuatannya adalah tepung kanji. Warnanya yang kuning agak putih menjadikan banyak orang menyebutnya mirip dengan potongan rumput laut atau spaghetti.

Kamu bisa menyantap mie golosor ini dengan varian kuah atau goreng. Tapi yang disajikan di Ciamis kebanyakan merupakan mie golosor kuah yang dihidangkan bersama bakso dan potongan daging.

5. Abon Sapi

Jika di rumah sedang tak ada masakan, pasti beberapa diantara kalian ada yang sering menjadikan abon sapi sebagai lauk alternative.

Makanan khas Ciamis ini diolah dengan tambahan rempah rahasia sehingga menghasilkan abon yang lebih gurih dan bercita rasa.

Proses pembuatannya pun tanpa bahan pengawet, sehingga aman dikonsumsi jangka panjang. Makanan ini juga sangat cocok untuk dibawa sebagai oleh-oleh bagi keluarga di rumah.

6. Surabi

Sudah bukan rahasia lagi jika surabi merupakan salah satu makanan khas Jawa Barat yang begitu popular. Rasanya yang lezat dan lembut menjadikan makanan ini disukai oleh semua kalangan.

Awalnya surabi Ciamis sendiri dibuat dengan rasa manis menggunakan toping gula aren, namun sekarang sudah banyak olahan surabi yang dibuat dengan rasa asin menggunakan toping oncom.

Selain itu pilihan toping lain seperti keju, abon, selai dan lainnya sudah bisa Kamu dapatkan dengan mudah.

7. Dendeng Sapi

Selain abon, Ciamis juga punya olahan daging sapi lainnya yakni dendeng. Buat Kamu yang belum tahu, dendeng adalah daging sapi yang dipotong tipis, kemudian dibumbui dan dikeringkan sehingga menjadi lebih awet.

Untuk mengosumsinya, Kamu harus mengolahnya lagi, seperti memasaknya menjadi dendeng balado.

Dendeng khas Ciamis ini memiliki ciri yang cukup krispi namun ketika diolah menjadi masakan tetap memberikan rasa empuk khas daging sapi yang dimasak dengan diiris tebal.

8. Aneka Kerupuk

Bingung mau ngemil apa? Saat Kamu di Ciamis perasaan itu akan seketika hilang, karena begitu banyak aneka kerupuk yang bisa Kamu jadikan sebagai cemilan dikala sedang bosan.

Jenis kerupuk yang banyak dijual di pasaran pun sangat beragam, seperti kerupuk udang, kerupuk gandum, kerupuk singkong atau opak dan lain sebagainya.

Beragam varian rasa seperti balado, rumput laut, pedas dan lain-lain juga bisa Kamu jumpai dengan mudah.

9. Gula Aren

Satu lagi hasil produksi Ciamis yang bisa Kamu bawa sebagai oleh-oleh untuk keluarga, yakni gula aren. Apa sih yang spesial dari gula aren Ciamis?

Yakni penggunaan bahan berkualitas yang menjadikan gula yang dihasilkan lebih manis dan memiliki warna yang tak terlalu gelap.

Selain itu gula arennya pun tidak terlalu lembek, jadi dijamin lebih awet jika disimpan di wadah tertutup.

Buruan gih coba makanan-makanan lezat di atas dan kini Kamu juga tak perlu lagi bingung mencari oleh-oleh khas Ciamis kan?

Reply