Menggiurkan, Ini Makanan Khas Brebes yang Bikin Kamu Ketagihan

Sate Blengong Brebes

image via akurat.co

Brebes adalah salah satu wilayah yang berada di Jawa Tengah dan konon, wilayah ini termasuk yang memiliki penduduk paling padat di provinsi di utara DI. Yogyakarta ini.

Nah, jika mendengar nama Brebes, maka orang-orang cenderung akan langsung ingat tentang bawang merah dan telur asin.

Ya, hal ini dikarenakan kedua bahan makanan tersebut adalah komoditas utama di Brebes.

Banyak petani bawang merah yang berasal dari Brebes dan produksi bawang merah mereka termasuk yang terbesar di Jawa. Selain itu, telur asin khas Brebes juga terkenal di seantero negeri.

Namun, Brebes ternyata juga merupakan surga kuliner. Ada cukup banyak makanan khas Brebes yang tersedia dan bisa menjadi pilihan tepat untuk Kamu yang memang suka berburu kuliner unik.

Banyaknya kuliner khas ini tentu akan memanjakan Kamu saat berkunjung ke Brebes bersama rekan ataupun keluarga tercinta.

Rekomendasi Makanan Khas Brebes yang Istimewa

Sebagaimana disinggung di awal, ada cukup banyak makanan khas Brebes yang sangat menarik untuk dicoba, terutama untuk Kamu yang memang suka berburu sajian kuliner yang khas.

Nah, pada kesempatan ini akan ditunjukkan beberapa rekomendasi kuliner khas Brebes yang bisa membuat Kamu ketagihan saat mencobanya.

Penasaran apa saja sajian kuliner yang dimaksud? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

1. Sate Blengong

Sate termasuk salah satu jenis kuliner yang banyak disukai oleh berbagai kalangan. Nah, di Kota Bawang Merah ini, Kamu bisa menemukan sajian sate yang unik dan membuat penasaran.

Nama sate tersebut adalah Sate Blengong. Pernahkah Kamu mendengar sajian ini sebelumnya di tempat tinggalmu?

Bisa dipastikan belum. Kenapa? Karena blengong adalah jenis unggas yang banyak ditemukan di Brebes. Unggas ini adalah persilangan antara entok dan bebek.

Daging unggas ini mirip dengan daging bebek namun tidak amis. Nah, dengan daging ini, akan tercipta sajian kuliner khas yang tentu saja akan menggugah selera.

Selain itu, ada keistimewaan lain dari daging blengong yang digunakan. Konon, daging blengong memiliki rasa yang begitu gurih serta rendah kolesterol.

Nah, dalam penyajiannya, sate ini dihidangkan dengan ukuran yang besar dan pasti akan membuat Kamu puas.

2. Bakso Pak Gimin

Tentu, Kamu pasti sudah sangat familiar dengan ide kuliner yang satu ini, bukan? Ya, bakso adalah salah satu sajian kuliner yang banyak digemari oleh berbagai lapisan masyarakat yang berbeda.

Rasa bakso yang khas dengan daging yang lezat membuat sajian ini senantiasa diburu dan menjadi salah satu makanan favorite.

Nah, di Brebes, ada warung bakso yang sangat terkenal dan menjadi salah satu ikon wisata yang dicari. Nama warung bakso tersebut adalah Bakso Pak Gimin.

Bila Kamu pergi ke Brebes, maka belum lengkap rasanya jika tidak mampir ke warung ini.

Apa yang membuat menu bakso ini wajib untuk dicoba adalah kuah bakso yang terasa sangat segar. Selain itu, bakso dibuat dengan daging sapi asli yang membuat rasanya menjadi lebih lezat.

Terlebih, ada tambahan tetelan daging yang pasti akan membuat Kamu ketagihan saat mencobanya!

3. Kupat Glabed

Sajian khas lain yang bisa Kamu temukan di Brebes adalah Kupat Glabed. Jika Kamu suka dengan sajian kupat yang biasanya hanya ada saat lebaran, maka kuliner ini cocok untuk Kamu coba.

Ya, jenis sajian kupat ini sudah sangat terkenal di Brebes dan banyak dicari oleh masyarakat sekitar.

Biasanya, Kupat Glabed dijadikan sajian sarapan di pagi hari. Nah, apa yang menarik dari menu ini adalah campuran bahan yang digunakan.

Dalam satu porsi Kupat Glabed, Kamu akan menemukan potongan ketupat, sayur pepaya muda bersantan dan potongan daging sapi.

Selain itu, untuk tambahan, menu ini ditambahkan dengan kerupuk dan sate. Nah, menikmati Kupat Glabed di pagi hari pasti akan membuat Kamu lebih bertenaga untuk beraktivitas!

4. Nasi Lengko

Nasi Lengko menjadi sajian kuliner selanjutnya yang bisa Kamu coba saat berkunjung ke Brebes.

Sajian nasi ini menjadi salah satu makanan khas Brebes yang banyak dicari karena menawarkan rasa yang lezat dengan beragam topping yang tentu saja sangat menarik.

Dalam menu ini, ada beberapa bahan yang digunakan. Tentu, bahan utama yang digunakan adalah nasi.

Di atas nasi, ada beragam campuran lauk seperti tempe goreng, tahu goreng, taoge dan mentimun. Selanjutnya, ditambahkan sambal kacang yang kental dan pedas di atasnya.

Rasa sajian kuliner khas Brebes ini sangat unik dan menggugah selera. Jika Kamu mampir ke Brebes, makanan ini bisa dijadikan alternatif menu makan siang.

5. Soto Brebes

Brebes memang memiliki beberapa menu soto yang cukup menarik untuk dicoba. Nah, salah satu sajian soto khas yang cocok untuk Kamu jadikan inspirasi untuk berburu kuliner adalah Soto Brebes.

Ya, soto ini memang diambil dari nama daerah tempat kuliner ini berasal.

Secara umum, Soto Brebes memiliki tampilan yang sama dengan soto lainnya. Namun, kuliner soto ini menggunakan kuah yang cenderung lebih kental.

Selain itu, apa yang menarik dari soto khas Brebes ini adalah penggunaan babat sapi dan daging sapi yang sudah dipotong-potong.

Soto dengan daging yang lebih banyak ini tentu akan menggugah selera. Terlebih, Soto Brebes cukup mudah ditemukan di beberapa tempat.

Demikian beberapa ulasan terkait makanan khas Brebes yang bisa Kamu jadikan referensi untuk berburu kuliner.

Tentu, dengan adanya beragam kuliner khas tadi, kunjungan ke Brebes akan semakin menyenangkan. Selamat mencoba!

Reply