Rekomendasi Makanan Khas Boyolali yang Bikin Kamu Ingin Lagi

Abon Ikan Lele

image via grid.id

Berbincang tentang wilayah di Jawa Tengah, Boyolali adalah salah satu kabupaten yang cukup terkenal. Kabupaten yang terletak setelah Solo ini memiliki banyak keunggulan, terutama dalam bidang budaya.

Di tempat ini, masih banyak diselenggarakan upacara tradisi yang mungkin saat ini sudah tidak ada lagi di kawasan lain.

Selain itu, Boyolali juga disebut sebagai Kota Susu. Hal ini dikarenakan Boyolali menjadi salah satu daerah produsen susu terbesar, tidak hanya di Jawa Tengah, namun juga di Indonesia.

Lalu, bagaimana dengan kondisi alam di Boyolali? Nah, jika Kamu berkunjung ke Boyolali, masih banyak sawah berukuran luas yang lestari karena penduduk Boyolali banyak yang bertani.

Namun, apa yang akan dibahas pada kesempatan ini tentang Boyolali adalah sajian kuliner yang ada di sana.

Ya, ada beragam makanan khas Boyolali yang tersedia yang tentu saja akan memanjakan lidah para pecinta wisata kuliner.

Penasaran apa saja sajian khas Boyolali yang tersedia? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Ragam Makanan Khas Boyolali yang Nikmat dan Wajib Dicoba

Sebagaimana disinggung di awal bahwa ada cukup banyak sajian kuliner di Boyolali yang sangat menarik untuk dicoba.

Adanya banyak sajian kuliner khas ini tentu saja bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Kamu yang memang ingin mencoba aneka kuliner khas yang mungkin tidak ada di daerah lain.

Nah, adapun beberapa makanan khas Boyolali yang nikmat dan wajib dicoba adalah sebagai berikut.

1. Nasi tumpang Boyolali

Nasi tumpang menjadi sajian khas Boyolali pertama yang harus Anda coba. Ini adalah menu khas yang sudah menjadi legenda dan masih ada hingga saat ini di Boyolali.

Beberapa kalangan menganggap bahwa nasi tumpang ini sama dengan nasi pecel karena keduanya menggunakan sayuran sebagai bahan sajian.

Namun, nasi tumpang dan pecel sebenarnya adalah dua sajian yang berbeda. Hal ini dikarenakan keduanya menggunakan sambal yang beda. Khusus untuk nasi tumpang, sambal yang digunakan adalah sambal lethok.

Sambal lethok ini merupakan sambal tradisional yang dibuat dengan bahan bawang merah, bawang putih, kencur, garam, daun salam dan cabai rawit.

Rasa dari sambal ini cenderung pedas namun segar. Selain itu, untuk menikmati nasi tumpang, Kamu bisa memilih aneka lauk yang berbeda, seperti ayam, lele, telur, gorengan dan lainnya.

2. Soto Seger Boyolali

Suka dengan sajian soto sebagai menu sarapan? Nah, Kamu bisa mencoba Soto Seger Boyolali sebagai salah satu menu sarapan yang nikmat.

Ini adalah sajian soto khas Boyolali yang sangat digemari oleh banyak kalangan. Seperti namanya, saat Kamu memakan soto ini, maka ada kesegaran yang akan Kamu rasakan.

Senjata menu khas Boyolali ini ada pada kuahnya. Berbeda dengan kuah soto lain, soto ini menggunakan kuah yang kental namun cenderung bening.

Selain itu, isian dari soto ini cenderung lengkap mulai dari nasi, mi, daging, jeroan, gorengan dan lainnya.

Ada cukup banyak warung yang menjual soto khas Boyolali ini. Nah, tentu Kamu tidak perlu khawatir kesusahan untuk mencarinya!

3. Jenang Pecel

Pernah membayangkan campuran jenang dengan pecel? Mungkin, Kamu belum pernah menemukan sajian unik satu ini. Nah, di Boyolali, Kamu bisa menemukan menu jenang pecel yang bisa dikatakan aneh dan tidak biasa.

Seperti namanya, menu ini adalah paduan bubur beras dengan pecel. Jika biasanya pecel dinikmati dengan hangat, pecel ini dinikmati dengan bubur yang hangat.

Keunikan menu ini membuat masyarakat berbondong untuk mencobanya. Meskipun terkesan aneh, namun rasa sajian ini tetap saja menggugah selera.

4. Tahu Susu

Sudah disinggung di awal bahwa Boyolali disebut sebagai Kota Susu karena menjadi produsen susu terbesar di Indonesia.

Nah, ternyata, susu yang dihasilkan di Boyolali tidak hanya dikonsumsi sebagai susu cair saja, melainkan dibuat menjadi menu makanan lain yang sangat menarik.

Nah, salah satu olahan susu yang unik namun nikmat di Boyolali adalah tahu susu.

Seperti namanya, menu ini menggunakan bahan baku tahu yang di dalamnya di isi dengan susu kemudian di goreng. Rasa dari tahu susu ini sangat gurih dan cocok untuk camilan di sore hari.

Selain tahu susu, ada beberapa variasi menu susu lain yang mungkin bisa Kamu coba. Beberapa diantaranya adalah keripik susu, dodol susu dan lainnya. Sangat menarik, bukan?

5. Abon Lele

Abon menjadi salah satu alternatif lauk yang nikmat dan praktis. Umumnya, lauk ini dibawa saat bepergian jauh untuk bekal di perjalanan.

Nah, jika umumnya abon menggunakan daging sapi untuk bahan baku, maka Kamu akan menemukan jenis abon yang berbeda di Boyolali. Ya, di kabupaten ini, ada menu khas abon lele.

Perlu diketahui bahwa Boyolali adalah salah satu pemasok abon lele terbesar di Indonesia.

Seperti namanya, olahan ini menggunakan bahan baku lele yang diolah sedemikian rupa hingga menjadi abon yang sangat nikmat.

Tentu, rasa abon ini berbeda dengan abon yang dibuat dengan daging lain.

Selain abon lele, Boyolali sebenarnya juga memiliki olahan lele lain yang tak kalah menariknya. Salah satu yang perlu untuk Kamu coba saat berada di Boyolali adalah keripik lele yang renyah dan gurih.

Demikian beberapa jenis makanan khas Boyolali yang sangat menggugah selera dan pasti akan membuat Kamu ketagihan saat mencobanya.

Memang, Boyolali masih memiliki aneka makanan khas lainnya, namun beberapa jenis makanan di atas wajib Kamu coba pertama kali saat pergi ke Boyolali. Selamat mencoba!

Reply