7 Makanan Khas Bondowoso, Murah Meriah Rasa Dijamin Mantap

Bakso Gulung ala Bondowoso

image via putratravel.net

Siapa disini yang ngaku pecinta wisata kuliner? Pastinya berbagai pelosok daerah pernah Kamu kunjungi dong hanya untuk menikmati kuliner-kuliner khasnya yang lezat? Lalu bagaimana dengan Bondowoso?

Salh satu daerah yang berada di Jawa Timur ini juga menawarkan kuliner yang patut Kamu coba lho!

Berbagai makanan khas Bondowoso mulai dari cemilan sampai makanan berat tersedia lengkap dengan harga yang miring.

Makanan Khas Bondowoso

Selain bisa dinikmati saat berkunjung kesini, beberapa kuliner khasnya pun cocok buat Kamu jadikan buah tangan bagi keluarga di rumah.

Berikut adalah beberapa kuliner khas Bondowoso yang tak boleh Kamu lewatkan.

1. Bakso Gulung ala Bondowoso

Jika membicarakan bakso mungkin lebih identik dengan Malang ya. Tapi bagaimana dengan bakso gulung?

Sesuai namanya bakso ala Bondowoso ini memang dibuat dengan bentuk yang cukup unik, yakni dengan cara digulung, sehingga tampak seperti gulungan daging.

Di dalam gulungan baksonya Kamu akan mendapatkan telur dadar dan daging sapi cincang.

Tekstur baksonya sendiri begitu lembut tapi tetap kenyal. Wah kebayangkan bagaimana nagihnya bakso khas Bondowoso ini?

Untuk mencoba kuliner yang cocok disantap saat sore hari in, Kamu bisa langsung datang ke Jalan Raya Situbondo, Harga per porsinya pun cukup murah, yakni Rp. 15.000 saja.

2. Tape Manis Bondowoso

Siapa sih yang tak kenal dengan makanan dari singkong ini? Tape yang merupakan makanan hasil fermentasi sudah dikenal sejak zaman dahulu di berbagai daerah.

Tapi di Bondowoso Kamu akan menjumpai tape yang sedikit berbeda dengan tape-tape di daerah lain.

Dimana tape Bondowoso memiliki rasa yang dominan manis dibanding rasa ragi dan asamnya. Teksturnya pun begitu empuk dan lembut.

Karena merupakan makanan hasil pengawetan, tentunya Tape Manis Bondowoso bisa Kamu bawa pulang untuk oleh-oleh buat keluarga.

Di Bondowoso sendiri ada banyak merk tape manis yang bisa Kamu beli, seperti Tape Tjap Enak, Tape Manis 31, Tape Handayani 82, Tape Manis 82 dan lain sebagainya.

Pusatnya sendiri ada di Jalan Sudirman, Blindungan, Kecamatan Bondowoso.

3. Kopi Blankon

Tak hanya makanan dan cemilan saja, Bondowoso juga pun minuman khas yang sangat terkenal bahkan sudah sampai mancanegara, yakni kopi Blankon.

Yang menarik dari kopi ini bukan hanya aroma dan tingkat keasamannya yang pas, tapi juga cara penyajiannya.

Ya kopi Blankon ini biasanya disajikan dengan racikan kunyit, kayu manis, jahe, serai dan juga jeruk purut. Alhasil rasa yang dihasilkan pun lebih segar dan khas.

Kombinasi beberapa rempah ini ternyata bukan hanya berpengaruh pada rasa kopi, tapi juga khasiatnya untuk tubuh.

Salah satu tempat yang terkenal untuk menikmati kopi Blankon ini adalah Nine Coffee Roastery. Jika Kamu tak ingin menyeduhnya disini, Kamu juga bisa membungkusnya dan menikmati kenikmatannya di rumah.

4. Pia Tape

Bukan hanya tape siap makan, Bondowoso juga punya produk olahan dari tape yang sangat terkenal karena rasanya yang legit dan manis yakni pia tape.

Pia tape ini merupakan jenis kue kering yang didalamnya menggunakan tape sebagai isian. Sedangkan untuk bagian luarnya menggunakan adonan kue yang menjadikan pia lebih empuk.

Di bagian atasnya biasanya akan ditaburi keju sebagai penambah rasa.

Paduan rasa manis, kecut dan juga gurih menyatu dalam mulut dalam sekali gigitan pia tape. Biasanya kue kering ini banyak dijual di toko oleh-oleh khas Bondowoso.

Harganya pun cukup terjangkau, jadi masih recommended untuk dijadikan oleh-oleh bagi keluarga di rumah.

5. Sate Blitar

Meskipun namanya sate Blintar, namun sate ini banyak ditemui di daerah Bondowoso. Cara pengolahan sate blitar sendiri sebenarnya tak jauh berbeda dengan sate pada umumnya,

yakni menggunakan daging kambing, sapi atau ayam yang dibakar dengan bumbu kemudian disiram bumbu kacang sebagai pelengkapnya.

Tapi yang spesial disini adalah, tingkat kematangan sate yang begitu sempurna. Jadi sate yang Kamu makan pun akan terasa sangat empuk.

Daerah yang banyak menjual sate Blitar di Bondowoso adalah Jalan Letjen Suprapto Dabasah, Bondowoso.

6. Rujak Gobet

Jika rujak biasanya terbuat dari buah-buahan seperti bengkoang, mentimun, jambu air, kedondong dan lain sebagainya, tapi lain dengan rujak gobet asal Bondowoso ini.

Ya rujak gobet merupakan rujak yang berbahan dasar singkong, dimana singkong merupakan salah sau komoditas terbesar di Bondowoso sehingga tak heran jika Kamu akan menjumpai banyak olahan singkong disini.

Meski menggunakan bahan dasar singkong, namun buah-buahan khas rujak pun tetap digunakan seperti mentimun.

Selanjutnya buah-buahan yang sudah diiris kecil-kecil akan disiram saos rujak dengan jumlah banyak. Jadi penyajiannya biasanya akan menggunakan gelas atau mangkuk agar saosnya tidak tumpah.

Harga per porsi untuk rujak gobet pun sangat murah, yakni hanya 4 ribu rupiah.

7. Nasi Mamong

Asi mamong memang jadi pilihan yang paling tepat buat Kamu yang sedang mencari menu makan malam di Bondowoso.

Pembuatan nasi mamong sendiri terinspirasi dari para leluhur setempat yang begitu gemar membawa bekal nasi ketika bepergian.

Jadi dalam proses pembuatan dan penyajiannya, nasi mamong dibungkus dengan daun pisang dan selanjutnya dikukus agar lebih awet.

Biasanya nasi mamong disajikan bersama lauk pauk seperti ikan, ayam atau telur dan dengan sambal pedas sebagai ciri khasnya.

Kuliner lezat ini pun bisa Kamu dapatkan dengan harga sangat miring, yakni 10 ribu rupiah untuk satu porsinya.

Selain 7 makanan khas di atas, Bondowoso juga punya banyak kuliner khas lain yang patut Kamu coba seperti tapai ngambeng, Surma khas Bondowoso, suwar-suwir dan lain sebagainya.

Reply