Ragam Pilihan Makanan khas Bojonegoro yang Tak Bisa Kamu Lewatkan Begitu Saja

Ledre Bojonegoro

image via travelingyuk.com

Bojonegoro adalah salah satu daerah di Jawa Timur yang menjadi destinasi wisata yang sangat menarik. Ada bentang alam dan berbagai destinasi wisata di tempat ini yang pasti akan membuat Kamu lebih menikmati liburan bersama dengan keluarga.

Selain itu, Bojonegoro juga terkenal sebagai daerah yang masih erat menjaga budaya, terutama budaya nenek moyang yang sudah ada sejak dulu kala.

Hal inilah kenapa di Bojonegoro masih sering ditemukan tradisi leluhur yang dilakukan oleh generasi-generasi masyarakat selanjutnya.

Nah, hal lain yang tak bisa dilewatkan dari Bojonegoro adalah makanan khasnya. Ya, ada cukup banyak makanan khas Bojonegoro yang sangat menarik untuk dicoba dan untuk oleh-oleh.

Penasaran apa saja makanan khas daerah Bojonegoro yang wajib dicoba dan tidak bisa dilewatkan begitu saja? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Makanan Oleh-oleh Khas Bojonegoro

Sebagaimana disinggung di awal, ada cukup banyak makanan khas Bojonegoro yang sangat menarik dan bisa Kamu coba. Tentu, adanya banyak makanan khas ini akan memuaskan untuk para pecinta kuliner nusantara.

Nah, beberapa rekomendasi terkait makanan khas Bojonegoro yang menarik dan menggugah selera adalah sebagai berikut:

1. Keripik Jahe

Keripik mungkin termasuk panganan yang sangat terkenal dan tentu saja digemari oleh masyarakat. Panganan satu ini memang menarik karena rasanya yang nikmat dan gurih.

Biasanya, keripik dibuat dengan bahan dasar tepung, kentang atau lainnya. Namun, Kamu akan menemukan keripik yang sangat unik di Bojonegoro. Namanya keripik jahe.

Ya, keripik jahe adalah salah satu panganan khas Bojonegoro yang sangat diburu dan diminati oleh para wisatawan yang datang ke tempat ini.

Seperti namanya, keripik jahe dibuat dengan bahan dasar jahe. Karena menggunakan jahe sebagai bahan, keripik ini selain memiliki rasa yang gurih dan manis juga ada tambahan rasa pedas.

2. Keripik Tempe

Sebagaimana disinggung sebelumnya bahwa keripik adalah salah satu panganan yang sangat familiar bagi masyarakat. Salah satu keripik yang terkenal di Bojonegoro adalah keripik tempe.

Mungkin, Kamu akan menganggap bahwa keripik tempe di Bojonegoro sama saja sebagaimana keripik tempe di daerah lain.

Perlu diketahui, Bojonegoro adalah sentra dari pembuatan keripik tempe. Artinya, ada rasa khas yang ditawarkan pada keripik tempe yang dibuat di Bojonegoro.

Selain itu, keripik tempe di tempat ini cenderung memiliki bentuk bundar karena tempe yang digunakan adalah tempe khusus keripik dengan bentuk bulat memanjang.

Nah, keripik tempe khas Bojonegoro cukup mudah ditemukan. Kamu bisa menemukan dan membelinya di berbagai pusat oleh-oleh yang tersedia.

3. Ender-Ender

Makanan khas Bojonegoro lainnya yang cocok untuk Kamu coba adalah ender-ender. Pernahkah Kamu mendengar nama makanan khas yang satu ini?

Nah, makanan ini adalah salah satu sajian khas Bojonegoro yang biasanya dijadikan oleh-oleh.

Ender-ender adalah makanan tempo dulu yang hingga kini masih ada dan banyak diminati oleh masyarakat setempat serta wisatawan yang datang ke Bojonegoro.

Bahan dasar pembuatan ender-ender adalah ubi jalar yang diolah dan dibentuk pipih lebar.

Ubi yang dimasak tadi memiliki cita rasa yang gurih dan manis sehingga sangat digemari. Nah, biasanya, makanan khas ini menjadi pendamping waktu bersantai sambil menikmati kopi hitam yang nikmat.

4. Balung Kuwuk

Nama makanan khas Bojonegoro ini bisa dikatakan cukup unik. Balung adalah bahasa Jawa dari tulang.

Namun, meskipun makanan ini memiliki nama dengan kata balung, namun tentu dalam pembuatannya, makanan ini tidak menggunakan tulang sama sekali.

Balung kuwuk adalah makanan yang dibuat dari bahan dasar ketela pohon.

Perlu diketahui, ketela pohon adalah salah satu tanaman yang sangat banyak ditemukan di Bojonegoro dan menjadi bahan dasar beragam jenis makanan.

Nah, alasan kenapa makanan ini dinamakan balung kuwuk adalah karakteristik makanan ini yang cenderung keras.

Namun, meskipun keras, balung kuwuk memiliki rasa gurih yang sangat lezat dan cocok untuk menemani secangkir kopi di sore hari.

5. Gethuk Lindri

Jika di Jawa Tengah terdapat gethuk goreng, maka di Jawa Timur ada gethuk lindri. Ya, gethuk lindri adalah salah satu makanan khas dari daerah Bojonegoro yang sangat terkenal.

Sajian khas ini dibuat dengan bahan dasar singkong dan memiliki rasa yang gurih. Dalam pembuatannya, singkong dicampur dengan beberapa bahan lain dan dihaluskan.

Nah, menariknya, dalam penyajiannya, makanan ini dibuat dengan aneka warna-warni yang cukup menarik dan tentu saja akan menggugah selera.

Ditambah taburan kelapa parutan dan sedikit gula pasir, panganan ini cocok untuk jadi camilan.

6. Ledre

Ledre adalah sajian khas lain dari Bojonegoro yang cukup terkenal. Ya, panganan ini sangat laris dan diburu oleh pengunjung yang datang untuk berlibur ke Bojonegoro.

Dibuat dengan bahan dasar tepung terigu, tepung beras dan gula, panganan khas ini memiliki rasa yang gurih dan manis.

7. Wedang Tape

Suka dengan minuman hangat untuk mengusir hawa dingin yang mendera? Nah, di Bojonegoro, Kamu bisa menemukan sajian minuman khas yang sangat menarik, namanya wedang tape.

Ini adalah minuman khas di Bojonegoro yang dibuat dengan bahan dasar tape ketan dan dicampur dengan santan yang panas serta tambahan gula.

Campuran bahan tersebut akan menghasilkan minuman khas dengan rasa yang hangat, gurih dan manis.

Nah, demikian beberapa ulasan mengenai makanan khas yang bisa Kamu temukan di Bojonegoro. Tentu, ada cukup banyak makanan khas lain yang tersedia.

Namun, beberapa makanan di atas bisa menjadi rekomendasi terbaik untuk Kamu jadikan referensi berburu kuliner di Bojonegoro.

Reply