Ini Beberapa Makanan Khas Bogor yang Harus Kamu Coba

Asinan Jagung Bakar khas Bogor

image via https://ksmtour.com

Saat Kamu merasa jenuh dengan situasi yang sedang dihadapi saat ini, Kamu bisa bersantai sejenak dan liburan. Jika memang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal, pergilah liburan ke Kota Bogor.

Ya, tidak asing dengan kota kota yang memiliki curah hujan tinggi dan penuh pesona bukan? Karena alasan yang sudah ditulis di atas,  banyak orang yang menjuluki Bogor sebagai kota hujan.

Namun demikian, kota ini juga merupakan kota cantik dengan menyimpan banyak tempat wisata dan kuliner yang khas.

Untuk Kamu yang merasa sedang penat dengan pekerjaan yang banyak, Kamu bisa main ke kota yang indah ini.

Selain memiliki pesona alam yang cantik, kota yang satu ini juga mempunyai tatanan kota yang rapi loh.

Di sepanjang kota Kamu bisa melihat warung, cafe atau tempat makanan lainnya dengan makanan yang enak tentunya serta menggugah selera makan Kamu.

Makanan Khas Bogor

Berbagai makanan di sini disajikan dengan tampilan yang unik seperti makanan ringan, makanan berat, dan lain-lain.

Penasaran dengan makanan khas yang unik dan menarik serta lezat ini? Yuk, simak dibawah ini tentang makanan khas Bogor.

1. Asinan Jagung Bakar yang Menggugah Selera

Makanan yang satu ini bisa dibilang sulit untuk ditemukan di tempat atau kota-kota lain di Indonesia. Ya, asinan jagung bakar yang terkenal dengan penampilannya yang unik serta rasanya yang lezat bisa kita beli di area tempat wisata Bogor.

Makanan ini sudah ada sejak tahun 1968 loh. Jadi tidak heran jika banyak sekali wisatawan yang ingin mencicipi asinan jagung bakar dengan rasa yang khas ini.

Banyak dari wisatawan lokal maupun wisatawan asing yang sedang berlibur ke kota hujan ini berburu untuk mendapatkan makanan ini.

Cara pembuatan dari asinan jagung ini sangatlah mudah, hanya Kamu perlu membakar jagung seperti pada umumnya sampai matang. Kemudian sajikan di tempat yang sudah disediakan.

Setelah itu siramlah jagung yang sudah matang tersebut dengan air cabai dan cuka serta beri tambahan gula pasir agar jagung tersebut memiliki sensasi rasa yang berbeda. Jadi, simpel bukan membuatnya!

2. Laksa Bogor dengan Rasa yang Fantastis

Kuliner yang saat ini wajib Kamu coba dan Kamu bawa pulang deh untuk oleh-oleh keluarga di rumah. Ada salah salah satu tempat kuliner yang bisa Kamu kunjungi untuk mencicipi laksa Bogor loh.

Nama warungnya adalah laksa pak inin. Untuk bisa mencicipi makanan yang satu ini, Kamu harus mengantri dari pagi-pagi buta.

Karena bahkan sebelum jam makan siang, biasanya warung Pak Inin sudah tutup sebab makanannya sudah terjual habis.

Selain di warung pak inin, Kamu juga bisa mencoba di tempat lain kok. Jadi, jangan khawatir jika ingin mencoba kuliner ini ya!

Masih banyak tempat, kedai, warung dan sejenisnya di Bogor yang menyediakan menu laksa Bogor.

3. Toge Goreng Unik dengan Rasa yang Khas

Selanjutnya makanan yang menggugah selera makan adalah toge goreng. Seperti namanya, makanan ini berbahan dasar sayur toge, sehingga makanan ini sangat sehat dikonsumsi.

Taukah Kamu? Makanan dengan bahan dasar toge ini merupakan makanan legendaris loh. Tempat makan yang menyediakan toge goreng ini sangat banyak.

Namun, ada satu tempat makan yang sangat terkenal dengan toge gorengnya.

Ya, toge goreng haji omah. Resto ini sudah dibuka sejak tahun 1970. Bisa Kamu bayangkan bagaimana pengalaman yang sudah didapatkan dari resto yang satu ini.

Cita rasa yang unik dan menarik dari toge goreng banyak diburu oleh para wisatawan. Selain itu, orang nomor satu di indonesia juga pernah mencicipi toge goreng ini loh.

Bahkan, sampai membawa makanan khas ini ke istana Bogor saat rapat kabinet pada awal tahun 2017.

Tidak hanya presiden Jokowi saja yang sudah pernah mencoba makanan ini, namun pak SBY juga pernah mencobanya loh. Jadi jangan mau ketinggalan untuk mencicipinya ya!

4. Cungkring

Makanan unik yang satu ini mungkin Kamu baru pertama kali mendengarnya. Yang terlintas di pikiran banyak orang cungkring bukanlah makanan. Melainkan bentuk tubuh manusia yang sangat kurus.

Namun, berbeda halnya dengan makanan yang satu ini, cungkring adalah salah satu kuliner yang khas di Bogor dengan bahan dasar kikil sapi bagian kepala yang diolah dengan berbagai rempah.

Makanan ini bentuknya seperti sate, sehingga sangat cocok dimakan dengan nasi, dan dicampur oleh sedikit parutan kelapa. Kamu tidak menyangka kan, ada makanan dengan nama yang terbilang aneh ini.

Namun demikian, cungkring ini memiliki rasa yang sangat enak loh. Ada banyak tempat yang menyediakan menu cungkring di daerah tempat wisata ataupun di tempat lainnya di kota Bogor.

Jadi, bagi Kamu yang penasaran dengan makanan yang satu ini, yuk buruan mampir ke resto yang menyediakan cungkring.

5. Bolu Lapis Sangkuriang

Makanan unik selanjutnya adalah bolu lapis sangkuriang. Diangkat dari nama salah satu legenda yang terkenal di indonesia yaitu sangkuriang.

Jika biasanya makanan khas merupakan makanan utama atau makanan berat, kuliner yang satu ini berupa makanan ringan yang bisa Kamu bawa saat jalan-jalan loh.

Uniknya dari makanan ringan yang satu ini adalah bolunya terbuat dari talas. Dari bahan dasar yang sederhana, bisa membuat makanan enak dan menarik seperti bolu sangkuriang.

Bolu ini bisa bertahan 7 hari setelah pembuatan, proses pembuatannya pun tidak menggunakan bahan pengawet sehingga sangat sehat untuk dikonsumsi.

Makanan ini sangat direkomendasikan untuk Kamu yang akan bepergian ke tempat wisata.

Setelah membaca mengenai makanan khas Bogor di atas, Kamu bisa memilih beberapa makanan yang bisa digunakan sebagai buah tangan untuk keluarga. Buruan beli makanan unik di Bogor sebelum kehabisan!

Reply