Ragam Makanan Khas Blora yang Lezat dan Bikin Ketagihan

Advertisement
Lontong Sayur dan Lontong Tahu Blora

image via https://sajiansedap.grid.id

Blora menjadi salah satu daerah di Jawa Tengah yang sangat terkenal. Kota yang disebut dengan nama Kota Sate ini memang memiliki bentang alam yang masih asri.

Ya, jika Kamu berkunjung ke Blora, maka Kamu akan menemukan sawah yang luas, hutan yang rindang dan tentu saja hawa yang sejuk. Hal ini dikarenakan letak Blora yang berada di dataran tinggi.

Tidak dimungkiri bahwa kondisi alam Blora sangat menarik untuk dijadikan tempat berlibur bersama keluarga.

Ada cukup banyak destinasi wisata yang menarik yang bisa dikunjungi di Blora, terutama untuk Kamu yang memang suka dengan wisata alam.

Di samping kondisi alam yang asri dan sejuk, hal menarik lain dari Blora adalah segmen wisata kuliner. Ya, ada cukup banyak makanan khas Blora yang akan Kamu temukan dalam kunjungan tersebut.

Kamu yang memang pecinta dunia kuliner pasti akan merasa senang dan puas dengan sajian kuliner khas di Blora.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas mengenai ragam makanan khas Blora dengan aneka menu spesial yang mungkin tidak Kamu temukan di tempat lainnya. Apa saja? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Rekomendasi Makanan Khas Blora untuk Dicoba

Ada cukup banyak makanan khas yang tersedia di Blora dan bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Kamu saat berkunjung ke lokasi ini.

Dengan adanya banyak pilihan makanan tersebut, tentu saja Kamu akan bebas memilih mana makanan khas yang cocok dengan selera dan menawarkan rasa yang nikmat.

Adapun beberapa rekomendasi sajian kuliner khas di Blora yang bisa Kamu nikmati adalah sebagai berikut.

1. Lontong Sayur dan Lontong Tahu

Suka dengan sajian lontong? Nah, Blora memiliki salah satu kuliner lontong yang wajib untuk Kamu coba. Nama sajian lontong khas Blora tersebut adalah lontong sayur dan lontong tahu.

Seperti namanya, menu ini menggunakan bahan utama lontong dan ditambahkan dengan tahu serta sayur di atasnya.

Setelah itu, menu lontong ditambahkan dengan topping bumbu kacang yang kental, irisan daun seledri, taoge serta bawang goreng.

Apa yang nikmat dan unik dari menu ini adalah sambal kacang yang digunakan. Sambal kacang ini diberi tambahan rempah yang lengkap sehingga rasanya lebih nikmat.

Selain itu, untuk topping terakhir, ditambahkan kacang goreng yang masih utuh. Adanya kacang goreng ini akan menambah cita rasa sajian ini menjadi lebih nikmat.

Advertisement

2. Aneka Sate Khas Blora

Telah disinggung di awal jika Blora disebut juga dengan nama Kota Sate. Penyebutan ini tentu saja bukan tanpa alasan.

Ya, di Blora, Kamu akan menemukan aneka sajian sate yang spesial dan istimewa dengan rasa yang begitu menggugah selera. Adapun beberapa jenis sate tersebut adalah sate ayam, sate sapi dan sate kambing.

Secara umum, sate yang dibuat di Blora sama saja dengan sate lainnya. Namun, khusus untuk sate ayam, di Blora, daging ayam yang digunakan umumnya daging ayam kampung.

Hal ini akan membuat cita rasa sate menjadi lebih nikmat.

Selain itu, apa yang menarik dari menu sate di Blora adalah cara penyajiannya. Ya, sate yang sudah dimasak akan disajikan dengan alas daun jati yang tampak sederhana dan lebih nikmat.

Lalu, sate akan ditambahkan dengan kuah lodeh bersantan yang akan memberikan sensasi rasa yang berbeda dibandingkan dengan sate bumbu kacang.

3. Soto Klethuk Khas Blora

Untuk Kamu yang suka dengan olahan soto, maka Soto Klethuk Khas Blora adalah sajian istimewa yang harus Kamu coba saat berkunjung ke daerah di Jawa Tengah ini.

Menu soto ini adalah salah satu yang paling laris dan sangat digemari oleh masyarakat. Nah, apa yang menarik dari sajian soto ini adalah adanya tambahan klethuk pada sajian soto ini.

Tambahan klethuk dibuat dengan bahan dasar singkong yang telah dikukus kemudian diolah dan digoreng hingga kering.

Selain itu, soto ini menarik dengan kuahnya yang cenderung bening.

Dengan tambahan mi, daging ayam atau daging kambing, jeruk nipis dan sambal, Kamu bisa mencicipi olahan khas yang sangat nikmat untuk menu makan siang.

4. Sego Kobong Khas Blora

Menu khas lain yang bisa Kamu cicipi di sini adalah Sego Kobong Khas Blora. Ini adalah salah satu makanan favorite di Blora yang banyak dicari.

Sebenarnya, menu ini adalah sajian nasi bakar. Tentu, Kamu sudah sangat familiar, bukan? Nah, nasi bakar ini dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan dilengkapi dengan sayur-sayuran.

Rasa nasi bakar yang disajikan cenderung gurih dan nikmat.

Ada beberapa jenis lauk yang ditambahkan ke sajian nasi ini, seperti daging ayam, jamur, cumi, opor, pindang dan beberapa lainnya yang bisa Kamu pilih dengan mudah.

5. Pecel Pincuk Khas Blora

Mungkin Kamu sudah familiar dengan menu pecel. Ya, pecel adalah salah satu sajian khas Indonesia yang kebanyakan berasal dari Jawa Timur.

Namun, saat Kamu berkunjung ke Kota Sate ini, Kamu akan menemukan sajian pecel yang khas. Menu pecel tersebut adalah Pecel Pincuk Khas Blora.

Secara umum, menu khas ini tidak berbeda jauh dari pecel lainnya.

Hanya saja, Pecel Pincuk Khas Blora menggunakan bumbu kacang yang lebih halus dan penyajian yang unik karena menggunakan daun jati sebagai alas bungkus.

Nah, demikian beberapa rekomendasi makanan khas Blora yang bisa Kamu coba jika berkunjung ke sini.

Advertisement

Dengan adanya banyak makanan khas yang menarik di Blora, tentu kunjungan Kamu bersama dengan keluarga pasti akan lebih menyenangkan.

Advertisement

Reply