Ragam Makanan Khas Blitar yang Membuat Perut Selalu Pengen Makan

Geti Khas Blitar

image via viva.co.id

Blitar adalah salah satu daerah di Jawa Timur yang menjadi salah satu daerah wisata yang cukup terkenal.

Ada cukup banyak objek wisata di Blitar yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk menikmati liburan mereka bersama dengan keluarga.

Nah, dengan banyaknya pilihan tempat liburan, berlibur ke Blitar pasti akan sangat menyenangkan.

Tidak hanya terkenal dengan aneka tempat wisata yang elok dan pemandangan alam yang menakjubkan, ternyata Blitar juga menyimpan hal menarik lainnya.

Ya, hal tersebut adalah sajian kuliner. Kamu yang suka wisata kuliner pasti akan sangat dimanjakan di sini karena adanya banyak makanan khas Blitar yang menggoda.

Ya, makanan khas Blitar tersedia dengan variasi yang cukup lengkap. Aroma rempah dan bumbu yang lezat dari aneka makanan tersebut pasti akan membuat perut selalu kelaparan!

Nah, penasaran apa saja makanan khas dari Blitar yang cocok untuk dicoba? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Makanan Khas Blitar yang Lezat dan Menggugah Selera

Sebagaimana disinggung tadi, ada cukup banyak makanan khas Blitar yang tersedia dan bisa Kamu temukan di sudut-sudut kota. Makanan khas tadi hadir dengan bumbu yang khas pula dan rasa yang sangat lezat.

Beberapa rekomendasi tentang makanan khas dari Blitar yang patut dan wajib Kamu coba adalah sebagai berikut:

1. Geti Khas Blitar

Geti adalah salah satu makanan khas Blitar yang sangat banyak dicari. Makanan ini merupakan oleh-oleh manis yang bisa menjadi pilihan untuk dibawa pulang ke rumah.

Nah, geti sendiri merupakan kue tradisional. Kue ini dibuat dengan beberapa bahan, seperti kacang tanah, gula merah dan juga wijen.

Jajanan ini memiliki rasa gurih dari kacang dan manis dari gula merah yang sangat lezat. Biasanya, geti sering dijadikan oleh-oleh atau camilan saat liburan.

Nah, jika Kamu berlibur ke Blitar, Kamu bisa mencoba membeli kue satu ini dan menikmatinya dengan secangkir kopi hitam. Pasti Kamu akan merasakan kenikmatan yang hakiki!

2. Tahu Bumbu Lawu

Tahu bumbu lawu adalah salah satu makanan khas Blitar yang cukup banyak diburu. Seperti namanya, sajian khas ini dibuat dengan bahan dasar tahu.

Nah, tahu tersebut nantinya akan dicampur dengan beberapa bahan lainnya, seperti potongan lontong, taoge, bumbu, sambal dan kerupuk.

Jika dilihat sekilas, mungkin makanan ini mirip seperti tahu guling yang ada di Yogyakarta. Namun, salah satu makanan khas Blitar ini menawarkan bumbu yang lebih pekat dan rasa yang lebih pedas.

Selain itu, taburan kacang pada masakan ini membuat rasa gurih makanan semakin keluar.

3. Peyek Uceng

Makanan khas lain yang bisa Kamu temui adalah peyek uceng. Ini adalah oleh-oleh khas Blitar yang sangat terkenal dan sangat digemari oleh pengunjung yang datang ke sana.

Nah, sebenarnya, makanan ini berbahan dasar ikan. Karena ukurannya yang kecil, maka ikan tersebut disebut uceng atau seperti sumbu.

Selain digoreng kering dengan tepung, ikan kecil ini juga dibuat menjadi rempeyek dengan tambahan bahan seperti tepung beras, sagu, daun jeruk dan juga santan.

Rasanya? Tentu, makanan khas Blitar ini memiliki rasa yang sangat gurih dan cocok untuk camilan ataupun lauk pendamping. Kamu pasti akan sangat menyukainya.

4. Soto Daging Khas Blitar

Sepertinya, hampir setiap daerah di Indonesia memiliki soto khas mereka masing-masing. Hal ini juga bisa ditemukan di Blitar.

Ya, saat berkunjung ke daerah ini, Kamu pasti akan menemukan sajian soto khas Blitar yang unik dan tentu saja lezat.

Nah, di Blitar ada sajian soto daging yang sangat khas. Mungkin, Kamu menganggap bahwa soto ini sama saja dengan soto daging pada umumnya.

Namun, soto daging khas Blitar ini sangat menarik karena rasanya yang sangat lezat dengan kuah yang cenderung kental dan daging yang sangat banyak.

Selain itu, apa yang menarik dari soto khas Blitar ini adalah rasa rempahnya yang kaya. Kuah soto dibuat dengan campuran aneka rempah sehingga akan menghasilkan kuah yang menyegarkan.

Kamu bisa mendapatkan makanan khas ini di sudut-sudut kota Blitar dengan harga yang cukup terjangkau.

5. Es Pleret

Suka dengan sajian es? Nah, Kamu harus mencoba es Pleret jika berkunjung ke Blitar. Ini adalah salah satu jajanan es yang sangat terkenal dengan rasa manis yang sangat menyegarkan.

Es ini dibuat dengan bahan dasar tepung beras yang disajikan dengan sirup dan santan sebagai perasa manis dan gurih.

Dalam menu es ini juga terdapat beberapa tambahan bahan lainnya, seperti alpukat, serutan kelapa muda, serutan blewah, irisan pepaya dan anggur.

Nah, es ini menjadi menu andalan yang sangat nikmat untuk disantap di siang hari yang sangat terik. Selain itu, harga es ini juga cukup murah dan pastinya tidak akan membuat kantong jebol.

6. Wajik Kletik

Wajik Kletik adalah sajian lain yang khas dan bisa Kamu temukan di Blitar saat liburan. Panganan satu ini biasanya dibeli oleh wisatawan sebagai salah satu oleh-oleh yang khas untuk keluarga mereka.

Nah, makanan khas ini dibuat dengan bahan dasar beras ketan dan gula kelapa. Setelah itu, bahan tadi dibungkus dengan kulit jagung yang sudah dikeringkan untuk cita rasa yang sangat gurih.

Demikian beberapa ulasan mengenai beberapa makanan khas yang ada di Blitar. Tentu, masih ada banyak makanan khas lain yang bisa Kamu temukan di Blitar.

Namun, beberapa makanan di atas bisa menjadi rekomendasi saat Kamu berlibur bersama keluarga di Blitar.

Reply