5 Makanan Khas Bekasi yang Selalu di Hati

Bandeng Rorod khas Bekasi

image via bukalapak.com

Sudah cukup sering mendengar nama Kota Bekasi bukan? Ya, kota Bekasi merupakan salah satu kota dengan berbagai pemandangan yang sangat menarik dan sejuk dipandang mata.

Masyarakat asli Bekasi merupakan masyarakat urban Betawi dan Sunda, sehingga tak heran jika makanan khas betawi kebanyakan ala Betawi dan Sunda pula.

Meskipun tidak sebesar kota jakarta ataupun kota bandung, kota yang terkenal panas ini tidak kalah seru loh untuk Kamu kunjungi.

Selain memiliki destinasi wisata alam yang indah, kota ini juga memiliki berbagai kuliner yang harus anda cicipi. Jika Kamu sedang Jalan-jalan ke Jawa Barat, tidak afdol kalau belum mampir ke Bekasi.

Makanan Khas Bekasi

Ya, kota dengan cuaca yang super panas ini memiliki segudang wisata kuliner yang wajib Kamu coba nih. Selain itu, makanan yang disajikan juga menarik dan bisa menggugah nafsu makan kita loh.

Jadi, bagi Kamu yang sedang berusaha diet, dijamin gagal diet deh kalo sudah mampir ke wisata kuliner kota ini. Berikut beberapa makanan khas Bekasi yang harus Kamu bawa pulang untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

1. Bandeng Rorod yang Enaknya Selangit

Salah satu makanan yang paling terkenal di kota panas ini adalah bandeng rorod. Bandeng ini, jika dilihat sekilas hampir sama seperti bandeng pada umumnya.

Namun, ciri khas dari bandeng ini adalah cita rasa yang unik disertai dengan penyajian yang menarik.

Oleh karenanya, tidak heran jika banyak dari para wisatawan yang suka mengkonsumsi makanan ini.

Selain itu, ada berbagai rasa yang bisa Kamu pilih untuk mencicipi bandeng rorod seperti rasa pedas dan rasa original. Bandeng rorod juga bisa digunakan sebagai oleh-oleh khas.

Biasanya, bandeng dijual dalam bentuk kemasan dengan jumlah setiap kemasan 2 bandeng atau 4 bandeng.

Harga bandeng per kemasan juga sangat terjangkau, sehingga Kamu tidak perlu khawatir jika ingin membeli bandeng rorod dalam jumlah banyak.

2. Bir Pletok, Minuman Segar untuk di Siang Hari

Pernahkah Kamu mendengar tentang bir pletok? Ya, bir pletok merupakan salah satu jenis minuman khas betawi yang sangat segar saat dikonsumsi.

Minuman ini bisa Kamu temui di berbagai daerah  tempat wisata maupun tempat lainnya di Bekasi.

Meski terdapat kata bir pada minuman yang satu ini, ternyata bir pletok tidak mengandung bahan berbahaya dan juga tidak mengandung alkohol yang memabukan kok.

Yuk, buruan beli sekarang juga sebelum kehabisan!

3. Kue Duit dengan Sejuta Rasa

Jika sudah lelah muter-muter dari tempat wisata satu ke tempat wisata lain yang keren abis tentunya.

Kamu bisa mencoba kuliner yang terkenal di Bekasi, salah satunya adalah kue duit. Kenapa dinamakan kue duit? Karena kue ini bentuknya seperti duit.

Kue unik yang satu ini, rasanya tidak kalah dengan makanan khas lainnya loh. Cara pembuatan kue duit sangat simpel dan sederhana. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat kue adalah tepung terigu.

Sama seperti kue pada umumnya, adonan kue inin juga dicampur dengan telur dan gula agar rasanya lebih nikmat.

Setelah menjadi adonan yang sempurna kue bisa dicetak dengan ukuran bulat tipis yang mirip seperti uang logam.

Setelah selesai di cetak, adonan bisa digoreng hingga matang. Tekstur kue ini sangat renyah dan memiliki rasa yang manis.

Kue duit sangat cocok dimakan saat kumpul keluarga atau sebagai oleh-oleh khas setelah pulang berwisata dari Bekasi.

4. Sayur Gabus Pucung

Siapa yang tidak kenal dengan sayur gabus pucung? Ya, kuliner yang satu ini merupakan salah satu makanan khas yang terbuat dari bahan dasar ikan gabus.

Sayur gabus pucung merupakan makanan ala Betawi yang dimasak dengan berbagai macam rempah khusus serta dicampur dengan kluwek.

Sehingga rasanya pun menjadi lebih nikmat. Kluwek lah yang menyebabkan kuah sayur gabus menjadi hitam seperti rawon.

Konon, kuah rawon yang hitam itu terinspirasi dari makanan khas betawi milik Indonesia loh.

Nah, hampir di semua tempat makan, menu spesialnya adalah kuah gabus pucung. Ibarat rumah makan padang, sayur gabus pucung sebagai rendangnya.

Tertarik kan untuk mencicipi makanan khas yang satu ini? buruan beli dan santap makanannya!

5. Kue Rangi

Karena sudah cukup umum, maka kue rangi sendiri bisa Kamu temui di berbagai tempat. Mulai dari restoran mewah sampai pedagang kaki lima pasti sangat banyak yang menjual kue rangi.

Selain rasanya yang enak, kue ini juga mengingatkan kita pada zaman dahulu, karena kue rangi adalah salah satu makanan legendaris.

Dari dulu, kue ini sudah sangat ramai diperbincangkan dan digemari banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Cara pembuatan kue rangi juga sangat mudah, bahan dasar dari kue rangi adalah tepung kanji. Campurkan tepung kanji dengan parutan kelapa serta beberapa bahan lainnya hingga tercampur rata.

Kemudian, cetak adonan dengan menggunakan cetakan khusus. Cetakan kue rangi mirip seperti cetakan kue pukis namun ukurannya lebih dangkal. Setelah itu, bakar adonan yang sudah dicetak.

Lalu, tunggu sampai matang. Jika sudah matang angkat kue ke tempat yang sudah disediakan kemudian siram kue dengan saos gula merah. Kebayang kan gimana rasanya? Lumer banget banget deh dimulut.

Dari beberapa makanan khas Bekasi di atas, mana nih yang Kamu pilih?

Enak bukan main-main sambil mencicipi kuliner khas dengan rasa unik dan tampilan  yang menarik. Untuk Kamu yang sedang program diet, dijamin ngiler deh melihat berbagai makanan yang menggiurkan ini.

Reply