5 Makanan Khas Batang yang Menggoda Selera dan Patut Dicoba

Lontong Lamprak Batang

image via https://www.inibaru.id

Batang adalah salah satu daerah yang ada di Jawa Tengah. Letak kabupaten ini berada di sepanjang jalur pantai utara Jawa.

Letaknya yang berada di kawasan pantai membuat Batang menjadi salah satu destinasi wisata menarik untuk dikunjungi.

Selain itu, dibandingkan dengan daerah lain, kondisi alam di Batang cenderung masih terjaga dan asri.

Selain sebagai salah satu destinasi wisata alternative yang cukup menyenangkan untuk dikunjungi, apa yang menarik dari Batang adalah sajian kuliner yang tersedia.

Ya, di tempat ini, ada cukup banyak makanan khas Batang yang bisa Kamu temukan dan cicipi. Tentu saja, dengan aneka makanan tersebut, Kamu akan puas sebagai pecinta wisata kuliner.

Nah, untuk mendapatkan rekomendasi tentang apa saja ide kuliner yang bisa dicoba di tempat ini, kita akan membahas beberapa rekomendasi makanan khas Batang yang menggoda selera, sekaligus patut dicoba.

Penasaran? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Rekomendasi Makanan Khas Batang yang Lezat

Ada cukup banyak makanan khas Batang yang tersedia dengan cita rasa yang khas, kaya rempah dan tentu saja menggoda selera.

Adanya banyak pilihan makanan khas ini tentu saja akan membuat Kamu merasa bebas memilih apa menu kuliner yang akan Kamu santap saat berada di Batang.

Nah, adapun beberapa rekomendasi makanan khas di Batang yang bisa Kamu coba untuk cicipi adalah sebagai berikut.

1. Lontong Lemprak

Lontong Lamprak adalah salah satu sajian kuliner khas Batang yang sangat diminati oleh banyak orang.

Jika Kamu memang merupakan penggemar sajian lontong, maka menu yang satu ini cocok untuk Kamu coba dan rasakan.

Ya, hampir semua sajian lontong memiliki rasa yang khas dan lezat. Termasuk salah satunya adalah Lontong Lamprak ini.

Perlu diketahui bahwa Lontong Lamprak adalah sajian khas Batang yang bisa dikatakan sudah ada sejak lama dan sudah turun temurun.

Dalam penyajiannya, menu ini menggunakan bahan dasar lontong yang kemudian ditambahkan dengan tahu rebus dan kuah dengan jumlah yang banyak.

Kuah Lontong Lamprak ini sangat segar dan kaya akan rempah. Selain itu, ada tambahan jeroan dan sambal yang akan membuat olahan ini menjadi lebih lezat.

2. Soto Kebo Khas Batang

Selain lontong, soto adalah salah satu sajian kuliner yang banyak tersedia di berbagai wilayah di Indonesia dan menjadi makanan yang juga digemari oleh masyarakat.

Nah, di Batang, Kamu akan menemukan variasi soto unik yang pasti akan menggugah selera. Ya, menu soto di Batang yang sangat terkenal adalah Soto Kebo Khas Batang.

Ini merupakan sajian kuliner soto yang istimewa yang mungkin hanya akan Kamu temukan di Batang saja.

Dari namanya, bisa dilihat bahwa keunikan pertama dari menu soto ini adalah penggunaan daging kerbau dalam menunya.

Umumnya, daging yang digunakan untuk membuat soto adalah daging ayam dan sapi.

Nah, sajian Soto Kebo Khas Batang dilengkapi dengan bahan lain seperti soto pada umumnya dan kuah bening yang segar. Menu soto tersedia dan cukup mudah ditemukan di Batang.

3. Soto Tauto Khas Batang

Masih berbincang tentang menu soto, ada variasi soto lain di Batang yang tentu akan menggugah selera untuk dirasakan.

Nah, variasi menu soto yang dimaksud adalah Soto Tauto Khas Batang. Ini merupakan sajian soto yang tentu akan membuat Kamu sebagai pecinta kuliner nusantara merasa puas bisa mencicipinya.

Apa yang menarik dari sajian Soto Tauto Khas Batang adalah kuah soto yang cenderung kental. Tidak hanya itu, isian dari menu soto ini juga berbeda daripada jenis soto lainnya.

Adapun beberapa bahan yang digunakan adalah mi, daun bawang, potongan kol dan kemudian disiram dengan kuah yang nikmat.

4. Surabi Kali Beluk

Selain makanan berat, Batang juga memiliki panganan atau camilan khas yang begitu menarik untuk dicoba. Camilan ini tentu saja cocok untuk menemani waktu bersantai sambil menikmati segelas kopi hitam di sore hari.

Nah, salah satu panganan khas Batang yang sangat menarik untuk dicoba adalah Surabi Kali Beluk. Panganan ini adalah salah satu sajian khas Batang sejak dulu kala yang masih bertahan hingga saat ini.

Mungkin, Kamu sudah mengenal dengan surabi karena panganan ini memang sudah cukup menyebar. Namun, ketika melihat panganan dari Kali Beluk ini, Kamu bisa saja kaget.

Ya, hal ini dikarenakan Surabi Kali Beluk memiliki ukuran yang jumbo, yakni bisa mencapai 30 sentimeter. Oleh karena itu, kue ini biasanya dibagi untuk beberapa orang.

5. Nasi Megono khas Batang

Menu khas lain yang ada di Batang dan bisa Kamu coba untuk pilihan kuliner yang menyenangkan adalah Nasi Megono khas Batang.

Ini adalah salah satu kuliner yang cukup terkenal di Batang karena rasanya yang khas dan kesederhanaan yang tergambar dari sajian menu satu ini. Meskipun, panganan ini bukan asli dari Batang.

Nah, Nasi Megono khas Batang adalah sajian kuliner nasi dengan tambahan cacahan nangka muda yang sebelumnya dicampur dengan kelapa dan bumbu lain.

Rasa sayur yang dibuat ini sangat gurih dan cenderung pedas. Selain itu, menu nasi ini kemudian dihidangkan dengan beberapa lauk tambahan, seperti mendoan setengah matang, sotong, ayam goreng dan lainnya.

Menu khas ini cocok untuk dimakan sebagai menu makan malam. Nah, demikian beberapa rekomendasi mengenai makanan khas Batang yang bisa Kamu cicipi.

Tentu, ada banyak pilihan makanan lain di Batang, namun beberapa menu di atas adalah menu yang patut Kamu coba jika Kamu berada di Batang. Selamat menikmati!

Reply