Rekomendasi Makanan Khas Banyuwangi yang Lezat dan Wajib Dicoba

Nasi Tempong Banyuwangi

image via idntimes.com

Di Jawa Timur, Banyuwangi adalah salah satu kabupaten yang sangat terkenal sebagai destinasi wisata yang menarik.

Ya, kabupaten yang terletak di ujung timur Jawa Timur ini menawarkan cukup banyak tempat wisata, terutama wisata alam.

Dengan bentang alam yang memukau, ada banyak destinasi wisata alam yang wajib dikunjungi di tempat ini.

Dengan berkunjung ke Banyuwangi, Kamu akan mendapatkan menu liburan yang istimewa.

Nah, ternyata, selain terkenal dengan destinasi wisata alam yang sangat memukau, Banyuwangi juga terkenal dengan destinasi wisata kuliner yang pasti akan membuat Kamu merasa puas.

Ya, ada cukup banyak makanan khas Banyuwangi yang bisa Kamu temui.

Adanya beragam makanan khas Banyuwangi tentu akan memanjakan Kamu, terutama untuk Kamu yang memang suka berwisata kuliner.

Beragam makanan khas tadi memberikan cita rasa yang khas yang lezat dan pasti akan membuat Kamu ketagihan.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas mengenai apa saja makanan khas dari Banyuwangi untuk dicoba.

Penasaran? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Ragam Makanan Khas Banyuwangi yang Wajib Dicoba

Setelah Kamu puas berkeliling dan menikmati keindahan alam di Banyuwangi, ada baiknya jika Kamu menjajal aneka makanan khas yang ada di sana.

Ada cukup banyak sajian khas Banyuwangi yang akan memanjakan lidah dan membuat Kamu ketagihan. Beberapa makanan khas Banyuwangi yang cocok untuk dicoba adalah sebagai berikut:

1. Sego Tempong Banyuwangi

Salah satu makanan khas Banyuwangi yang sangat menggugah selera dan diburu oleh para wisatawan yang datang ke sini adalah sego tempong.

Pernahkah Kamu mendengar sajian yang satu ini? Jika belum, Kamu wajib mencobanya saat berkunjung ke Banyuwangi.

Apa yang menarik dari sajian kuliner ini adalah artinya. Ya, tempong memiliki arti menampar.

Nah, kata ini melekat pada nama makanan khas Banyuwangi ini karena rasanya yang super pedas sehingga siapa saja yang memakannya seolah berasa seperti ditampar.

Dalam penyajiannya, sego tempong adalah sajian berupa nasi panas yang dihidangkan dengan beragam sayuran rebus dan lauk seperti ayam, telur dan lainnya.

Menu tadi ditambahkan sambal mentah yang sangat pedas dan disebut dengan sambal tempong. Kamu yang suka pedas pasti akan sangat tertantang untuk mencicipinya!

2. Botok Tawon Banyuwangi

Botok tawon adalah makanan khas Banyuwangi yang bisa dikatakan sudah menjadi legenda dan merupakan makanan kuno yang masih ada hingga saat ini.

Nah, ini adalah salah satu menu sajian botok yang sangat unik dan mungkin tidak akan Kamu temukan di daerah lain.

Tawon adalah bahasa Jawa dari lebah. Nah, seperti namanya, makanan khas Banyuwangi ini dibuat dengan bahan dasar sarang lebah.

Sarang lebah tersebut diolah sedemikian rupa hingga menjadi sebuah panganan yang lezat.

Makanan ini sangat diburu oleh para pengunjung yang penasaran. Namun, sayangnya, botok tawon ini cukup sulit ditemukan di Banyuwangi saat ini.

Selain karena semakin tergusur dengan makanan lebih modern lainnya, bahan baku pembuatan makanan ini juga cukup sulit didapatkan.

3. Bagiak Banyuwangi

Makanan khas lain yang berasal dari Banyuwangi yang cocok untuk dicoba adalah bagiak. Ya, bagiak adalah salah satu sajian khas yang sangat menarik dan mungkin tidak ada di daerah lain.

Makanan ini dibuat dengan bahan dasar tepung sagu dan diproses dengan cara yang khusus. Nah, dalam penyajiannya, bagiak ini hadir dalam beberapa varian rasa.

Adapun beberapa rasa bagiak yang tersedia adalah vanilla, jahe, pandan, nangka, durian, kacang dan keju.

Bagiak adalah sejenis kue yang memiliki tekstur sangat lembut sehingga disukai pengunjung, termasuk diantaranya anak-anak.

Di Banyuwangi, Kamu bisa mendapatkan makanan ini dengan cukup mudah. Biasanya, bagiak tersedia di pusat oleh-oleh khas.

Makanan ini bisa bertahan hingga 3 bulan lamanya tanpa terkena sinar matahari secara langsung.

4. Manisan Banyuwangi

Manisan mungkin lebih dikenal berasal dari daerah Jawa Barat. Namun, ternyata, Banyuwangi juga memiliki jenis makanan ini dan masuk ke dalam list makanan khas Banyuwangi.

Ya, ada cukup banyak manisan Banyuwangi yang tersedia dan cocok untuk Kamu jadikan oleh-oleh. Manisan ini dibuat dari beberapa bahan diantaranya buah, cerme dan tomat.

Banyak pusat oleh-oleh yang menjajakan makanan khas yang satu ini. Nah, jika Kamu tertarik, tentu Kamu bisa membelinya dengan mudah.

5. Pecel Pitik Banyuwangi

Daerah Jawa Timur memang terkenal dengan sajian pecel yang sudah menjadi legenda. Namun, saat berada di Banyuwangi, Kamu akan menemukan menu pecel yang berbeda dan bisa dikatakan sangat unik.

Ya, nama pecel yang ada di Banyuwangi ini adalah pecel pitik Banyuwangi. Sebenarnya, menu ini adalah masakan khusus yang dulunya hanya dibuat di beragam acara selamatan.

Namun, karena semakin digemari dan dicari, akhirnya banyak tempat di Banyuwangi yang kini menjajakan menu ini sehingga bisa didapatkan dengan cukup mudah.

Nah, apa yang menarik dari makanan ini adalah bahan yang digunakan. Umumnya, pecel hanya dibuat dengan aneka sayuran saja dengan guyuran sambal kacang yang pedas.

Namun, pecel pitik Banyuwangi ini lain. Sesuai namanya, pecel menggunakan daging ayam sebagai salah satu bahan utama yang dicampur dengan bumbu parutan kelapa.

Nah, beberapa menu di atas adalah makanan khas Banyuwangi yang bisa Kamu coba saat berada di sana.

Tentu, makanan khas tersebut menawarkan cita rasa yang lezat dan kaya rempah yang pasti akan membuat Kamu ketagihan.

Selain itu, adanya banyak makanan khas di Banyuwangi sekali lagi membuktikan betapa kayanya Indonesia tentang kuliner.

Reply