Rekomendasi Oleh-Oleh dan Makanan khas Banyumas yang Menggugah Selera

Getuk Goreng Banyumas

image via http://harianresep.blogspot.com

Banyumas adalah salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki keindahan alam yang cukup indah.

Wilayahnya yang masih tergolong pedesaan, membuat suasana di daerah ini cenderung sejuk dan meskipun kemarau, tidak terlalu panas.

Selain itu, ada pula beberapa destinasi wisata yang ada di Banyumas dan menjadi tempat berlibur banyak masyarakat.

Namun, selain wilayah dan suasana yang menarik, apa yang bisa Kamu temukan di Banyumas adalah sajian kuliner khas yang sangat menggugah selera.

Ya, sebagaimana diketahui, hampir setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas masing-masing, termasuk Banyumas ini.

Ada cukup banyak sajian kuliner istimewa yang ada di Banyumas dan tentu saja akan menyenangkan hati para pecinta wisata kuliner.

Nah, apa saja makanan khas Banyumas yang cocok untuk disantap saat berkunjung ke sana? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Rekomendasi Sajian Khas Banyumas yang Lezat nan Nikmat

Sebagaimana disinggung di awal bahwa ada cukup banyak sajian khas Banyumas yang menarik untuk Kamu santap saat berada di sini.

Tentu saja, adanya banyak pilihan sajian kuliner khas tadi akan membuat Kamu merasa lebih gembira dalam kunjungan ke Banyumas bersama rekan dan keluarga tercinta.

Nah, adapun beberapa sajian khas di Banyumas yang cocok dan sebaiknya Kamu coba adalah sebagai berikut:

1. Getuk Goreng

Getuk goreng menjadi sajian khas Banyumas yang pertama dan bisa Kamu santap saat berada di Banyumas.

Umumnya, getuk dibuat dengan cara dikukus dan kemudian ditambahkan taburan kelapa parut serta gula pasir.

Namun, Banyumas memiliki cara berbeda untuk menghadirkan panganan yang satu ini. Ya, seperti namanya, getuk di Banyumas disajikan dengan cara digoreng.

Panganan ini menjadi primadona di Banyumas karena rasanya yang nikmat dan cenderung manis.

Sama seperti getuk pada umumnya, bahan dasar yang digunakan adalah singkong yang kemudian diparut dan diberikan isi gula merah.

Setelah itu, adonan tersebut digoreng hingga kering dan disajikan. Nah, sekarang, getuk goreng khas Banyumas ini juga memiliki variasi rasa lain, seperti nangka, durian dan strawberry.

2. Mendoan

Siapa yang tak kenal dengan makanan yang satu ini? Ya, mendoan adalah salah satu camilan yang sudah sangat terkenal dan tentu saja mudah untuk dibuat di rumah sendiri.

Namun, tidak lengkap rasanya jika ke Banyumas tanpa mencicipi camilan yang satu ini. Ya, hal ini dikarenakan mendoan Banyumas beda dengan mendoan lainnya.

Memang, mendoan Banyumas dibuat dengan bahan yang sama seperti tempe, tepung, daun bawang dan bumbu.

Hanya saja, tempe untuk membuat mendoan Banyumas dibuat dengan khusus.

Tidak hanya tingkat ketebalan yang berbeda, tempe untuk mendoan Banyumas memiliki ukuran jauh lebih besar daripada mendoan lainnya.

Kamu bisa melihat perbandingan mendoan Banyumas dan daerah lainnya. Selain itu, mendoan khas Banyumas akan digoreng setengah matang dan kemudian disajikan dengan sambal kecap yang pedas.

Terbayang bagaimana nikmatnya, bukan?

3. Jenang Jaket

Makanan khas Banyumas lain yang bisa Kamu coba dan beli untuk oleh-oleh keluarga di rumah adalah jenang jaket.

Nama panganan ini memang cukup unik namun panganan ini memiliki rasa khas yang manis dan gurih. Tentu, Kamu sudah bisa membayangkan bukan bagaimana wujud dari panganan ini?

Ya, jenang jaket bisa dibilang mirip dengan dodol. Panganan ini dibuat dengan bahan dasar beras ketan, santan kelapa dan gula merah.

Nah, apa yang berbeda dari jenang jaket dan beberapa jenis jenang lainnya adalah jenang jaket dibungkus menggunakan kertas kecil-kecil yang bisa dimakan sekali suap.

Nah, panganan ini cukup banyak tersedia di Banyumas. Kamu bisa membeli jenang jaket ini di berbagai toko oleh-oleh yang ada di Banyumas.

4. Nopia

Nopia adalah makanan khas lain yang bisa Kamu dapatkan selama kunjungan Kamu ke daerah yang masuk wilayah Jawa Tengah ini.

Ya, panganan ini adalah salah satu sajian khas dan tradisional yang masih bertahan hingga saat ini. Nopia adalah salah satu jenis kue kering dengan rasa yang gurih sekaligus manis.

Makanan khas ini dibuat dengan bahan tepung dan memiliki beberapa variasi rasa. Adapun beberapa variasi rasa yang tersedia untuk makanan ini adalah cokelat, durian hingga pandan.

Nah, nopia banyak tersedia di toko oleh-oleh maupun pasar tradisional dan dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

5. Soto Sokaraja

Sajian kuliner menarik lain yang bisa Kamu temukan di daerah ini adalah Soto Sokaraja.

Ya, menu soto ini termasuk yang sangat terkenal di Banyumas dan menjadi salah satu sajian khas yang disukai oleh para pengunjung yang datang ke Banyumas.

Nah, apa yang menarik dari makanan khas yang satu ini adalah bahan yang berbeda yang digunakan untuk membuat sajian soto.

Ya, soto ini dibuat dengan kuah kuning yang kaya akan rempah dan terasa sangat menyegarkan. Selain itu, soto ini dibuat dengan campuran ketupat serta sambal kacang.

Pernahkah Kamu mencoba soto dengan campuran sambal kacang? Nah, inilah salah satu alasan kenapa Kamu wajib untuk mencoba makanan khas Banyumas yang satu ini.

Biasanya, soto ini menjadi menu sarapan favorite masyarakat sekitar.

Nah, demikian beberapa ulasan mengenai makanan khas Banyumas yang bisa Kamu coba saat berkunjung ataupun dibeli untuk oleh-oleh.

Tentu, Banyumas masih memiliki cukup banyak variasi makanan khas lain yang sangat menarik.

Namun, beberapa makanan di atas bisa menjadi rekomendasi awal untuk berburu kuliner yang nikmat. Selamat menikmati.

Reply