Ragam Makanan Khas Banjarnegara untuk Disantap dari Pagi Hingga Petang

Soto Krandegan khas Banjarnegara

image via hipwee.com

Indonesia memang merupakan negara yang kaya akan sajian kuliner. Ya, di berbagai tempat di Indonesia, Kamu akan menemukan aneka makanan khas yang unik dan tentu saja menggugah selera.

Ragam cita rasa tersedia dengan aneka bahan berbeda yang digunakan. Untuk Kamu yang menyukai wisata kuliner, tentu hal ini adalah salah satu hal yang membahagiakan.

Nah, diantara daerah yang menawarkan aneka sajian kuliner unik dan menggugah selera tadi adalah Banjarnegara. Pernahkah Kamu mendengar wilayah yang satu ini?

Ya, Banjarnegara adalah salah satu wilayah yang berada di Jawa Tengah dan terkenal dengan suasana pedesaan yang sangat sejuk.

Banjarnegara juga menjadi salah satu destinasi wisata alternatif dengan adanya beberapa wisata alam yang menarik untuk dikunjungi.

Namun, tetap saja, Banjarnegara cenderung lebih terkenal karena sajian kuliner yang pasti akan membuat Kamu ketagihan!

Rekomendasi Makanan Khas Banjarnegara untuk Disantap

Sebagaimana disebutkan di atas bahwa Banjarnegara adalah salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki sajian kuliner khas yang tentu akan sangat menggugah selera.

Adanya ragam sajian kuliner di Banjarnegara tersebut tentu saja akan membuat Kamu leluasa memilih mana kuliner paling lezat untuk dicoba.

Nah, beberapa rekomendasi makanan khas Banjarnegara yang tersedia dan bisa menjadi pilihan tepat untuk Kamu cicipi adalah sebagai berikut:

1. Soto Krandegan khas Banjarnegara

Soto krandegan khas Banjarnegara adalah salah satu kuliner khas yang patut Kamu coba.

Ini adalah soto terkenal yang banyak digemari baik oleh masyarakat sekitar dan para pengunjung luar daerah yang datang.

Nah, menu soto ini sangat cocok untuk menjadi menu pembuka saat Kamu ingin sarapan.

Apa yang menarik dari Soto Krandegan khas Banjarnegara ini adalah beragam bahan yang digunakan.

Dalam soto ini, Kamu akan menemukan perpaduan dari kuah santan yang kental, potongan daging sapi yang empuk, taoge, lontong yang lembut dan beberapa lainnya.

Ditambah sambal dan jeruk nipis, soto ini akan sangat lezat untuk disantap.

Nah, jika Kamu ingin menyantap menu yang satu ini, Kamu tidak perlu repot dan bingung untuk mencarinya. Ada penjual Soto krandegan khas Banjarnegara ini di alun-alun.

2. Combro Kalipalet

Pernah mendengar sajian kuliner dengan nama Combro Kalipalet?

Ya, Combro Kalipalet adalah salah satu makanan khas Banjarnegara yang cukup terkenal dan termasuk salah satu makanan tradisional yang masih bertahan hingga saat ini.

Sajian kuliner ini masuk ke dalam jenis camilan. Artinya, Kamu bisa memakan makanan ini kapan saja.

Panganan khas Banjarnegara ini dibuat dengan bahan dasar singkong. Singkong tersebut akan diparut hingga halus dan dibentuk bulat-bulat.

Nah, kemudian di dalam singkong yang sudah diparut tersebut diberikan isi. Ada aneka isi yang ditambahkan, seperti daging ayam atau sambal.

Camilan ini sangat cocok disantap di siang hari saat coffee break. Ditemani dengan segelas kopi atau es teh, Kamu pasti akan merasakan nyaman saat menyantap sajian kuliner ini.

3. Bakso Ketupat

Suka dengan sajian bakso? Nah, di Banjarnegara, Kamu akan menemukan sajian bakso yang unik untuk disantap.

Menu bakso spesial di Banjarnegara ini adalah bakso ketupat. Seperti namanya, bakso akan disajikan dengan campuran ketupat.

Pasti terbayang bukan bagaimana kenyangnya setelah menyantap sajian kuliner ini? Nah, salah satu bakso ketupat yang terkenal di Banjarnegara ada di belakang kantor polisi Banjarnegara.

Di tempat ini, Kamu akan mendapatkan sajian bakso ketupat dengan porsi yang tidak terlalu besar. Selain itu, menu bakso sangat nikmat dengan daging yang terasa dan bumbu yang segar.

Tidak jarang, warung bakso ketupat ini diserbu oleh pelanggan. Terlebih, harga bakso ketupat per porsi yang disediakan hanya dijual dengan harga Rp 10.000 saja. Menu ini cocok untuk makan siang Kamu.

4. Es Dawet Ayu khas Banjarnegara

Es Dawet Ayu khas Banjarnegara adalah minuman khas yang harus Kamu coba saat berkunjung ke tempat ini.

Ya, saat panas melanda, Es Dawet Ayu akan membuat tenggorokan menjadi segar kembali dan tentu saja hawa panas akan bisa dihilangkan.

Ketenaran Es Dawet Ayu khas Banjarnegara bisa dikatakan sangat luas. Bahkan, di beberapa daerah lain juga muncul menu es dengan nama ini.

Namun, tentu saja rasa es dawet ini di Banjarnegara tetap lebih nikmat dibandingkan lainnya.

Es ini dibuat dengan beberapa campuran bahan yang cukup sederhana, seperti cendol, santan, air gula merah dan es batu.

Di Banjarnegara, es ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau, yakni hanya sekitar Rp 5.000an saja.

5. Mendoan Banjarnegara

Saat petang hampir menjelang, Mendoan Banjarnegara adalah camilan yang tepat untuk Kamu santap bersama dengan keluarga atau rekan.

Ya, makanan khas ini adalah salah satu camilan yang sangat disukai oleh masyarakat. Rasanya yang gurih dan hangat tentu sangat nikmat.

Terlebih, Mendoan Banjarnegara dibuat dengan tempe yang khusus.

Ya, di Banjarnegara, ada tempe yang secara khusus diproduksi hanya untuk membuat mendoan saja.

Dengan demikian, rasa mendoan khas Banjarnegara ini akan terasa lebih spesial dibandingkan dengan mendoan dari daerah lainnya.

Nah, apa yang menarik dari mendoan ini adalah balutan tepung dan tambahan irisan daun bawang yang membuat mendoan menjadi lebih lezat.

Selain itu, mendoan disajikan dengan sambal kecap super pedas yang akan menggugah selera.

Demikian beberapa ulasan dan rekomendasi makanan khas Banjarnegara yang bisa Kamu coba. Beragam makanan khas di atas bisa Kamu masukkan list untuk dicoba saat berkunjung ke Banjarnegara.

Semoga bermanfaat.

Reply