Ragam Makanan Khas Bangkalan yang Nikmat dan Menggugah Selera

Sate Ayam Bangkalan Madura

image via aminahstore.com

Bangkalan adalah daerah yang berada di Madura dan terkenal sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup ramai dikunjungi.

Ada beberapa destinasi wisata di daerah ini yang membuatnya terkenal sebagai tujuan wisata untuk liburan.

Ya, setiap kali musim liburan tiba, banyak pengunjung yang datang ke Bangkalan untuk menikmati liburan mereka.

Selain terkenal karena destinasi wisata, apa yang membuat nama Bangkalan dikenal adalah sajian kuliner.

Madura memang menawarkan kuliner yang cukup kaya dan unik yang bisa menjadi surga bagi para pecinta sajian kuliner.

Makanan Khas Bangkalan

Nah, pada kesempatan ini, kita akan membahas aneka makanan khas dari daerah Bangkalan yang sangat nikmat dan menggugah selera.

Tentu saja, makanan-makanan dari Bangkalan ini bisa menjadi tujuan kenapa Kamu singgah di daerah ini saat liburan.

5 Rekomendasi Makanan Khas Bangkalan untuk Dicoba

Sebagaimana disinggung di awal, ada cukup banyak makanan khas Bangkalan yang akan Kamu temukan saat berada di daerah ini.

Makanan-makanan tersebut menawarkan cita rasa yang begitu lezat dan pasti akan membuat Kamu ketagihan dan puas.

Nah, adapun beberapa makanan khas Bangkalan yang bisa Kamu coba saat berkunjung ke tempat ini adalah sebagai berikut.

1. Sate Ayam, Ikon Kuliner Bangkalan

Salah satu menu kuliner yang sangat terkenal di Bangkalan adalah sate ayam. Ya, secara umum, kawasan Madura terkenal dengan sajian kuliner yang satu ini.

Bahkan, sate ayam telah menjadi ikon wisata kuliner daerah Bangkalan dan Madura. Seperti namanya, sate ini dibuat dengan bahan dasar ayam pilihan.

Ayam yang digunakan biasanya adalah jenis ayam potong yang dagingnya tidak terlalu keras sehingga waktu memasak tidak terlalu lama.

Nah, apa yang menarik dari sajian kuliner ini adalah sambal kacangnya yang khas.

Ya, sate ayam dari Bangkalan terkenal memiliki sambal kacang yang lezat dan cukup manis. Sambal kacang inilah yang membuat sate ayam Bangkalan begitu diburu oleh para pengunjung.

2. Bebek Songkem, Pilihan Pas Pecinta Sajian Bebek

Suka dengan sajian bebek? Ya, bebek memang menjadi salah satu menu kuliner andalan yang sangat disukai.

Rasa daging bebek yang khas membuat ide kuliner ini menjadi pilihan banyak orang untuk lauk makan.

Nah, buat para pecinta sajian bebek, Bangkalan memiliki makanan khas yang pasti akan membuat Kamu tergoda.

Ya, nama sajian kuliner bebek tersebut adalah Bebek Songkem. Pernahkah Kamu mendengar sajian kuliner yang satu ini?

Bebek Songkem adalah salah satu sajian khas Bangkalan yang menggunakan daging bebek pilihan sebagai bahan utama.

Bebek ini dimasak dengan bumbu rempah yang khas dan dibungkus menggunakan daun pisang kemudian dikukus.

Proses masak yang cukup lama membuat bumbu rempah merasuk sempurna pada daging bebek. Selain empuk, rasa daging bebek sajian ini sangat lezat dan pasti akan menggugah selera.

3. Lorjuk Bangkalan, Sajian Kerang yang Unik dan Lezat

Wilayah Bangkalan cukup terkenal dengan hasil laut yang melimpah. Tak jarang, di daerah tersebut sering ditemukan warung makan yang menjajakan menu hasil laut.

Nah, salah satu sajian kuliner yang menggunakan hasil laut adalah Lorjuk Bangkalan. Cukup unik bukan, nama sajian satu ini?

Lorjuk adalah salah satu makanan khas Bangkalan yang menawarkan cita rasa yang cukup kaya dan lezat. Lorjuk sendiri sebenarnya merupakan jenis kerang yang memiliki cangkang seperti bambu.

Di Bangkalan, lorjuk ini dimasak menjadi beberapa jenis masakan, seperti rengginang lorjuk, tumis lorjuk, lorjuk goreng dan lainnya.

4. Soto Bangkalan, Sajian Pas saat Sarapan

Jika Kamu datang ke Bangkalan di pagi hari dan mencari menu sarapan yang nikmat, maka soto Bangkalan adalah salah satu pilihan yang tepat.

Memang, setiap daerah di Indonesia seolah memiliki soto mereka masing-masing, termasuk daerah Madura ini.

Nah, lalu apa yang menarik dari soto khas Bangkalan ini? Secara umum, bahan soto yang digunakan sama dengan soto lainnya, yakni berupa mi, potongan daging dan beberapa lainnya.

Uniknya, soto Bangkalan ini ditambahkan irisan kentang rebus. Kentang tersebut digunakan sebagai bahan yang memiliki karbohidrat untuk menggantikan nasi.

Selain itu, soto khas Bangkalan juga memiliki kuah kaldu yang lebih kental. Kaldu yang kental ini akan membuat rasa soto menjadi lebih gurih dan tentu saja lebih lezat.

5. Topak Ladhe Bangkalan, Menu Spesial saat Idul Fitri

Sajian kuliner lain yang spesial di Bangkalan dan cocok untuk dicoba adalah Topak Ladhe Bangkalan.

Nama makanan ini cukup unik dan terasa aneh. Namun, sajian ini sangat spesial dan menawarkan cita rasa yang lezat dan lengkap.

Nah, apa yang dimaksud dengan Topak Ladhe adalah makanan khas Bangkalan yang terdiri dari irisan daging, jeroan sapi serta telur.

Bahan-bahan tersebut ditambahkan potongan kacang panjang, pepaya muda yang sudah dikukus dan potongan ketupat. Kemudian, menu ditambahkan sayur pedas dengan rasa kuah yang kaya akan rempah.

Sekilas, mungkin menu ini mirip dengan lontong sayur namun memiliki kombinasi bahan yang lebih lengkap dan rasa yang pedas.

Nah, di Bangkalan, menu ini menjadi sajian utama saat Idul Fitri tiba. Namun, beberapa warung makan di Bangkalan juga ada yang menyajikannya sebagai salah satu pilihan kuliner yang menggugah selera.

Nah, demikian beberapa ide kuliner yang menarik yang akan Kamu temukan di Bangkalan. Tentu, masih ada banyak ide kuliner lain yang bisa Kamu coba.

kelima sajian kuliner tadi menjadi rekomendasi yang wajib Kamu cicipi saat Kamu berkunjung ke Bangkalan. Semoga bermanfaat!

Reply