Waduk Indah, Embung Banjaroya Kulon Progo

Advertisement
Embung Banjaroya Kulon Progo

https://dinpar.kulonprogokab.go.id/

Kabupaten Kulon Progo di Yogyakarta banyak menyimpan keindahan tersebunyi. Salah satu keindahan alam yang ada adalah Embung Banjaroya Kulon Progo.

Embung Banjaroya adalah salah satu embung yang ada dari sekian banyaknya embung yang mulai ada di Yogyakarta.

Selain menikmati keindahan embung, sepanjang perjalan anda juga bisa menikmati pemandangan bukit Menoreh.

Untuk ukuran embung, Embung Banjaroya bisa dikatakan berukuran kecil, namun, walaupun berukuran kecil, Embung ini juga menawarkan keindahan alami yang bisa anda nikmati.

Waktu terbaik untuk mengunjungi embung adalah ketika pagi hari atau sore hari.

Lokasi Embung Banjaroya Kulon Progo

Embung Banjaroya Kulon Progo terletak di Jalan Kalibawang-Sendang Sono, Dusun Tonorogo, Desa Banjaroya, Kulon Progo. Tepatnya wisata ini terletak di perbukitan Menoreh.

Jika anda dari daerah pusat Kota Yogyakarta, anda bisa melewati Jalan Godean untuk menuju ke Rest Area Pasar Bendo di Dusun Petronalan, di sana anda bisa mengikuti panah petunjuk menuju ke daerah Embung Banjaroya.

Jangan lewatkan Eksotisme Tlogo Putri Wisata Lereng Merapi

Harga Tiket Masuk Embung Banjaroya

Embung Banjaroya ini belum dikelola secara besar-besar, oleh karena itu belum ada biaya untuk tiket masuk daerah embung.

Anda hanya cukup mengeluarkan biaya untuk parkir, jika anda menggunakan motor biaya parkirnya yaitu Rp. 2000, sementara untuk mobil akan dikenakan biaya parkir Rp. 5.000.

Tempat wisata ini bisa menjadi pilihan wisata yang menarik untuk dikunjungi bersama teman-teman.

Advertisement

Fasilitas dan Daya Tarik Embung Banjaroya

Fasilitas adalah hal yang harus ada di sebuah tempat wisata, fasilitas yang ada di Embung Banjaroya masih bisa dikatakan standar.

Fasilitas yang ada misalnya toilet, area parkir, mushola, dan warung jajan.

Fasilitas ini tentunya masih akan terus ditingkatkan untuk kenyamanan pengunjung. Namun, Embung Banjaroya juga memiliki banyak daya tarik yang menjadi alasan datang ke tempat ini.

1. Simbol patung durian raksasa

Di dekat daerah Embung Banjaroya terdapat patung durian raksasa yang menjadi simbol hasil pertanian dari daerah Menoreh.

Namun, tetap saja anda bisa menikmati buah durian hanya ketika musim buah durian tiba.

Patung durian raksasa ini sering dijadikan spot foto yang menarik bagi para pengunjung yang hadir ke daerah Menoreh.

Landamark buah durian ini dibuat dengan menggunakan semen dan ditujukan sebagai simbol yang ingin dilihat masyarakat sekitar kepada wisatawan yang datang.

Baca juga Inilah 5 Danau di Jogja dengan Pemandangan Menawan yang Wajib Anda Kunjungi

2. Waduk Mini Kalibawang

Embung Banjaroya juga dikenal dengan nama Waduk Mini Kalibawang, tempat ini termasuk tempat wisata alam yang berada di Kabupaten Kulon Progo.

Akses menuju tempat wisata ini sudah bisa dilalui oleh kendaraan beroda dua dan empat.

3. Spot melihat sunrise dan sunset

Bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat wisata Embung Banjaroya, disarankan untuk mengunjunginya ketika pagi hari atau sore hari.

Para wisatawan bisa menikmati indahnya sunrise dan sunset yang bisa dinikmati dengan orang tersayang, apalagi ketika cuacanya cerah dan mendukung.

Keindahan sunrise dan sunset ini dilengkapi dengan latar belakang kecantikan Gunung Merbabu dan Gunung Merapi yang membuatnya lebih menakjubkan.

Sebaiknya anda tidak berkunjung ketika siang hari dan panas terik, hal tersebut dikarenakan daerah embung yang cukup terbuka dan tidak ada banyak pepohonan yang akan membuat semakin panas.

Untuk akses yang lebih mudah, anda bisa mengunjungi Embung Banjaroya Kulon Progo dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Selain Embung Banjaroya, anda juga bisa mengunjungi tempat wisata lainnya yang ada di dekat sana, misalnya Gardu Pandang Puncak Suroloyo.

Jika anda berkunjung ke Yogyakarta, maka rasanya belum lengkap apabila belum mengunjungi wisata alam di Kulon Progo.

Advertisement

Kunjungi juga yuk, Keindahan Curug Pulosari Bantul Tiada Tanding

Advertisement

Reply