Wisata Edukasi Seru di Baron Technopark Gunung Kidul

Baron Technopark Gunung Kidul

https://www.datawisata.com

Baron Technopark Gunung Kidul (BTP) adalah pusat penelitian cerdas dan pengembangan teknologi terbaru yang dibangun oleh BPPT pada 2009 lalu.

Selain sebagai objek wisata, tempat ini juga dibangun dengan tujuan sebagai sarana edukasi penyebaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Energi Terbarukan.

Wisata Baron Technopark diawasi langsung oleh koordinasi Divisi Layanan Teknologi B2TKE BPPT.

Baron Technopark menjadi salah satu program kebanggaan dan terkemuka Kota Jogja, dengan tujuan sebagai destinasi wisata edukatif sekaligus pengembangan daerah.

Wisata Baron Techno Park juga difungsikan sebagai pembangkit tenaga listrik menggunakan tenaga alam.

Lokasi Baron Technopark Gunung Kidul

Terletak di kawasan Pantai Baron, Baron Technopark berlokasi di Desa Planjan, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul.

Kawasan wisata ini dapat Anda tuju dengan 2 jam berkendara dari Jogja. Lokasinya cukup mudah untuk dijangkau, Anda hanya perlu mengikuti rute menuju Pantai Baron di GPS.

Kemudian belok kanan sebelum pintu masuk Pantai Baron, ada papan petunjuk dari sana.

Harga Tiket Masuk Baron Technopark Gunung Kidul

Jika ingin berkunjung ke wisata edukasi ini, Anda tidak perlu khawatir dengan harga tiket karena pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis.

Anda hanya perlu menyiapkan uang untuk karcis parkir kendaraan. Untuk pengunjung dengan motor, harga tiket adalah Rp 2.000.

Sementara wisatawan dengan kendaraan roda empat adalah Rp 5.000. Baron Techno Park buka dari Senin sampai Minggu mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Fasilitas dan Daya Tarik Baron Technopark Gunung Kidul

Hadir sebagai wisata edukasi yang berada di daerah istimewa Yogyakarta, Baron Technopark mempunyai beberapa fasilitas dan pelayanan seperti:

  1. Area parkir mobil dan motor
  2. Area solat
  3. Toilet / kamar mandi
  4. Tempat istirahat
  5. Warung makan sederhana

Beberapa hal yang menjadi daya Tarik destinasi ini adalah:

1. Jam Matahari Raksasa

Banyak hal yang bisa Anda pelajari saat berkunjung ke kawasan wisata ini, salah satunya adalah jam matahari atau jam raksasa.

Jam ini sering digunakan sebagai pembelajaran bagi siswa dan pengunjung lain yang datang.

Jam yang sumber utamanya adalah energi matahari ini merupakan alat penanda waktu dengan angka romawi dan jarum jam raksasa yang menjulang ke langit dan menghasilkan bayangan.

Jam matahari ini terletak di semenanjung, sehingga Anda dapat melihat menara mercusuar di Pantai Baron dan pantai-pantai yang terletak di sebelah timur Pantai Baron dari kejauhan.

Selain matahari terbenam dan matahari terbit, Anda juga dapat melihat hamparan laut lepas dari ketinggian karena jam matahari berada di atas tebing.

Jam matahari dengan latar belakang laut luas adalah spot foto favorit para wisatawan. Wisata Gunung Kidul memang memiliki pesona khas yang sangat menarik untuk Anda kunjungi.

2. Kebun Buah

Baron Technopark Gunung Kidul juga memiliki kebun buah dan lahan pembibitan, seperti jagung, buah naga, dan jarak pagar.

Semuanya ditanam dengan apik dan sengaja dikembangkan sebagai tanaman penghasil sumber energi.

Baca juga: Kampung Edukasi Watu Lumbung Bantul

3. Peralatan Canggih dan Modern

Selain  jam matahari dan kincir angin, tempat wisata terkenal di Gunung Kidul ini juga terdapat banyak peralatan modern dan tempat yang berhubungan dengan pengetahuan pembangkit tenaga listrik.

Diantaranya adalah wave turbin, solar panel, pengolahan minyak nabati, gedung kontrol, aula rumah kayu, stasiun cuaca, dan lain sebagianya.

Jika sedang berada di Jogja, Baron Technopark tidak boleh Anda lewatkan. Karena di sini Anda dapat berlibur sekaligus menambah ilmu pengetahuan.

Dari banyaknya objek wisata di Kabupaten Gunung Kidul, Baron Technopark adalah wisata yang unik dan mempunyai ciri khas tersendiri.

Baca juga: Wisata Karst Tubing Yogyakarta

Reply